8 Cara Efektif Agar Anda Selalu Terbiasa Bangun Pagi

Terbiasa bangun pagi - Bangun di pagi hari merupakan faktor kebiasaan, ada yang terbiasa bangun pagi tanpa bantuan alarm namun ada juga yang tidak bisa bangun di pagi hari walaupun sudah menyetel alarm di malam hari sebelum tidur. Mungkin bagi sebagian orang sudah menjadi suatu hal yang mudah dan menjadi kebiasaan untuk terbangun di pagi hari. Namun di sisi lain, masih banyak juga orang yang merasa kesulitan untuk bangun tepat waktu di pagi hari.  Waktu tidur yang kurang dan menjadi kebiasaan akan menyebabkan anda kehilangan fokus, tubuh lemah atau kurang fit, malas, mudah terserang penyakit dll.

8 Cara Efektif Agar Anda Selalu Terbiasa Bangun Pagi

Banyak faktor yang menyebabkan banyak orang tidak terbiasa bangun pagi selain kebiasaan seperti begadang, stres, kualitas tidur yang tidak baik dan gangguan masalahtidur atau insomnia (Baca juga artikel kami yang lain tentang cara alami mengatasi insomnia atau gangguan kesulitan tidur). nah kali ini saya akan sedikit share mengenai bagaimana cara agar anda selalu bisa terbangun di pagi hari tanpa mengganggu waktu tidur anda sehingga anda akan terbangun dalam keadaan fit dan bugar, berikut tipsnya:

Jangan merubah pola tidur
Pola tidur yang berubah akan sangat berpengaruh terhadap siklus anda bangun, sebagai contoh saja anda terbiasa tidur jam 9 malam namun anda mengubanhnya menjadi tidur diatas jam 9, hal ini juga akan merubah waktu bangun anda dipagi hari. Jangan tidur terlalu awal karena anda akan terbangun di malam hari atau jangan tidur terlalu larut karena anda akan terbangun kesiangan. Atur pola tidur anda dengan baik dan tepat waktu hal ini akan membantu anda mendapatkan kualitas tidur yang baik dan membuat anda terbangun di pagi hari.

Kurangi begadang
Mungkin anda terlalu sibuk atau banyak pekerjaan menumpuk yang harus anda selesaikan. tetapi jika sudah waktunya anda tidur maka akhiri pekerjaan anda dan bergegas untuk tidur atau istirahat. Nah jika anda terlalu sibuk mungkin anda bisa mnyelesaikannya lebih awal agar anda mendapatkan waktu tidur yang cukup atau lanjutkan keesokan harinya. Oleh karena itu, hendaknya anda paling tidak bisa mengurangi aktivitas malam yang anda rasa tidak terlalu penting, seperti begadang yang berlebihan, yang mana akan bisa menguras tenaga sehingga anda bisa telat untuk bangun di pagi hari. selain itu begadang juga tidak baik untuk kesehatan anda secara umum.

Hindari konsumsi berat ataupun stimulan
Mengonsumsi makanan berat seperti nasi yang terlalu banyak akan membuat anda kesulitan tidur, tentu hal ini akan membuat anda tidur larut dan pada akhirnya akan membuat anda bangun telat. Tetapi jangan pergi tidur dalam keadaan perut kosong karena hal ini bisa membuat anda terbangun dimalam hari karena rasa lapar. Konsumsi makanan biasa jangan berlebih dan hindari makanan atau minuman yang mengandung stimulan (membuat anda selalu terjaga) seperti kopi, minuman berkarbonasi, alkohol dll.

Minum air putih sebelum dan sesudah tidur
Untuk menyuplai agar anda bisa bangun pagi, maka dengan cara minum air sebelum tidur juga bisa anda terapkan. Hal demikian karena minum air sebelum tidur akan bisa mendorong anda untuk segera buang air kecil ke kamar mandi. Dengan cara yang seperti ini, maka mau tidak mau anda harus bangun dari tempat tidur, sehingga cara tersebut bisa anda terapkan agar bisa bangun di pagi hari. Dan fungsi dari minum air setelah bangun dari tidur itu sendiri, ialah untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang agar anda bisa beraktifitas dengan semangat, dan mengaktifkan kembali beberapa organ yang terdapat dalam tubuh anda. Sehingga setelah bangun tidur, anda tidak lagi merasa ngantuk dan bisa melakukan aktifitas yang ada.

Buat kenyamanan agar anda cepat tertidur
Kamar dan segala peralatan tidur yang bersih dan nyaman akan membantu anda cepat tertidur, jauhkan peralatan yang membuat anda terjaga seperti menyalakan komputer, Tv atau lainnya. Jika anda masih kesulitan untuk tidur pakai bantuan aroma terapi dan redupkan cahaya lampu kamar yang terlalu terang. Dengan begini anda mudah tertidur dan anda akan terbangun dipagi hari.

Letakkan alarm yang jauh dari tempat tidur
Nah ini dia yang tidur pakai alarm tapi tetep susah bangunya, maka solusi yang tepat adalah dengan menempatkan alarm yang jauh dari jangkauan tangan anda. Dengan cara ini maka secara tidak langsung ketika alarm berbunyi, anda akan tidak mudah untuk mengambil alarm tersebut untuk mematikannya kembali, anda harus bangun dari tempat tidur untuk mematikannya. Sehingga mau tidak mau anda harus segera bangun di pagi hari untuk segera melakukan aktifitas kembali.

Berolahraga dan aktifitas fisik
Olahraga terbukti mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga anda lebih sehat secara umum ini berarti anda juga terbebas dari gejala gangguan tidur atau insomnia. Dengan rajin berolahraga minimal 30 menit setiap hari akan membantu tubuh anda mendapatkan kesehatan. Aktifitas fisik lain juga akan membuat anda merasa lelah di malam hari dan kantuk akan datang dengan sendirinya.

Segera mandi setelah bangun pagi
Perlu anda ketahui, bahwa hal yang paling sulit ialah segera mandi setelah bangun pagi. Namun dari sinilah anda bisa mendapat kuncinya agar bisa terbiasa bangun pagi. Hal ini karena mandi di pagi hari dengan posisi air dalam keadaan masih dingin, maka akan bisa segera membangunkan sistem saraf dan menyadarkan anda. Sehingga seusai anda mandi di pagi hari, secara tidak langsung akan membuang rasa malas dan membuat tubuh menjadi segar dan bugar di pagi hari.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara