7 Tips Menjaga Kelanggengan Hubungan Pernikahan

Menjaga pernikahan agar awet dan langgeng - Tak ada yang benar benar abadi didunia ini, karena memang keabadian hanya milik Tuhan, begitu juga dalam suatu hubungan pernikahan. Namun yang dimaksud disini adalah hubungan pernikahan yang langgeng yang terbina sampai kakek nenek. Memiliki keluarga baru yang dilandaskan pernikahan mungkin terdengar mudah namun akan jauh lebih sulit untuk membina keluarga dan mempertahankan pernikahan yang harmonis menjadi keluarga yang bahagia.

7 Tips Menjaga Kelanggengan Hubungan Pernikahan

Banyak kasus perceraian yang dipicu masalah masalah dalam keluarga yang tidak dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga dalam mempertahankan hubungan pernikahan agar tetap bisa berjalan langgeng, dibutuhkan upaya yang keras dalam memperjuangkannya, dan hal itu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Nah kali ini Tips & Cara akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara mempertahankan hubungan yang harmonis dalam pernikahan agar tetap terjalin dengan baik.

Menghargai dan menghormati pasangan
Manusia diciptakan dalam keadaan yang berbeda, mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri - sendiri. Untuk itulah kenapa tujuan pernikahan adalah untuk menyatukan perbedaan dan saling melengkapi kelebihan dan kekurangan antar pasangan. Menghormati, menghargai dan saling menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing merupakan cara yang efektif dalam membina hubungan pernikahan yang langgeng. Hal ini membantu untuk memperkuat ikatan dalam menjalani hubungan pernikahan.

Bersikap dewasa
Setelah anda menikah anda dituntut untuk menjadi berpikiran dan bersikap dewasa dalam mengarungi kehidupan pernikahan. Berpikiran dewasa seperti bertanggung jawab dalam masalah keuangan untuk menjalankan roda pernikahan, menyikapi dengan positif setiap gesekan dan masalah dalam keluarga, mampu membangun hubungan dengan lebih baik, dan menyelesaikan setiap konflik yang timbul dalam pernikahan sebelum masalah itu membesar. Baca juga tips menjaga keharmonisan dalam keluarga.

Komunikasi
Komunikasi merupakan hal yang utama dalam membawa pernikahan yang langgeng dan bahagia. Komunikasi adalah kunci. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan pernikahan gesekan, kebosanan, masalah, kesulitan itu selalu mewarnai kehidupan pernikahan. Nah dengan komunikasi yang intens maka segala hal dapat anda komunikasikan dengan baik bersama pasangan anda serta dapat menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan setiap masalah yang timbul.

Keterbukaan
Tidak ada lagi yang perlu disembunyikan dari pasangan anda tidak seperti zaman anda pacaran dulu. Pernikahan adalah menyatukan 2 hati, jadi masalah apa yang anda tahu maka pasangan juga berhak mengetahuinya begitu juga sebaliknya. nah keterbukaan dalam menjbina hubungan akan membuat hubungan pernikahan anda berjalan awet dan langgeng. Keterbukaan dalam hubungan pernikahan merupakan pilar kokohnya hubungan rumah tangga tersebut. Dimana seringnya masalah miss komunikasi dan ketidak terbukaan dalam menjalani hubungan pernikahan yang telah dijalin, memang bisa meruntuhkan dan merusak akan hubungan pernikahan seseorang. Dan akhirnya jika hal ini didiamkan tanpa ada solusi sering berujung dengan perceraian. Baca juga tips menghindari perceraian dalam pernikahan.

Jangan redupkan keharmonisan
Diawal pernikahan perhatian, kasih sayang, kejujuran, bahkan sampai hubungan intim akan terjalin dengan baik, namun seiring berjalannya waktu maka hal hal tersebut akan meredup. nah jangan biarkan keharmonisan dalam pernikahan semakin meredup seiring berjalannya waktu. Berikanlah apresiasi, perhatian, dan waktu yang berkualitas dengan pasangan dan buatlah pasangan anda tetap menjadi istimewa. Oleh karena itu, Menjaga bara api cinta dan keromantisan antar sepasang suami istri, merupakan hal yang sangat penting.

Adanya kedekatan ikatan dengan orang tua
Tidak dipungkiri bahwa orang tua dan mertua merupakan sosok yang juga ikut andil dalam kelanggengan hubungan pernikahan. Mereka telah berpengalaman dalam mengarungi kehidupan pernikahan. Setidaknya anda bisa bersikap ramah, baik, sopan dengan mertua anda walaupun banyak gesekan atau beda pendapat dengan mereka, apalagi disaat anda sedang bertemu dengan mereka. Hal demikian karena mertua anda juga bisa menjadi sumber dan lambang akan terdukungnya hubungan anda berdua. Bahkan mereka (orang tua dan mertua) bisa menjadi tim support bila suatu ketika hubungan anda berdua sedang diambang permasalahan yang cukup berat. Karena setiap mertua dan orang tua manapun tidak menginginkan menantu atau anak mereka tidak bahagia dalam pernikahannya.

Transparasi finansial
Selain komunikasi, keterbukaan, keharmonisan, kedewasaan, kedekatan, masalah finansial juga berpengaruh besar terhadap kelangsungan kehidupan pernikahan. Komunikasikan dengan baik setiap kebutuhan finansial dalam keluarga anda sebagai contoh ayah memang bertanggung jawab dengan baik soal mencari nafkah demi tercukupinya kebutuhan keluarga namun istri juga harus pandai dalam memanage atau menjalankan rencana keuangan keluarga agar hubungan pernikahan berjalan baik, awet dan langgeng.

1 comment:

  1. Menghargai dan menghormati pasangan. yes i agree :)

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara