sponsored ads

Tips SEO Sederhana & Efektif Untuk Blogspot

Posted By : Posted on - 12:15:00 PM with No comments

Tips sederhanda dan efektif Optimasi Blog - Search Engine Optimization (SEO) adalah hal yang paling penting untuk belajar untuk pengalaman blogging terbaik. Tanpa adanya optimasi yang tepat untuk blog maka sangat mustahil untuk mendapatkan lalu lintas yang ramai menuju ke blog kita. Namun bagi kita yang masih pemula atau awam tentu menjadi hal yang sangat sulit untuk mempelajari teknik-teknik SEO yang diperlukan untuk optimasi blog yang kita miliki. Belum lagi alogaritma mesin pencari selalu berubah atau update sehingga mungkin teknik SEO yang tepat untuk blog kita bulan lalu belum tentu tepat untuk blog kita untuk 2 atau 3 bulan kedepan.

Salah satu teknik yang menurut saya SEO paling ampuh untuk blog yang tak akan pernah habis dimakan waktu yaitu konten artikel yang unik dan berkualitas, sama seperti visi dan misi Google yang menyebut "Kami melayani semua pengguna kami dan berharap ke depan menjadi lebih baik". Nah jika kita semua mampu menelaah dari visi dan misi Google tersebut tentu kita bisa berpikir hanya blog dan web yang berkualitas dan unik lah yang akan tetap eksis dan akan menempati urutan teratas hasil SERP. Namun lagi lagi kita terkendala dengan bagaimana kita bisa menulis konten artikel yang unik dan berkualitas sedang banyak ribuan bahkan jutaan blog diluar sana yang menjadi pesaing kita? Nah kembali lagi jangan patah semangat dan tetap komitmen untuk menulis artikle yang menarik, unik dan berkualitas.

Jikapun anda harus menggunakan referensi dari blog atau web lain selalu lakukan perubahan minimal sepertiga konten dan jangan mengcopy paste mentah-mentah tulisan orang lain. Selain karena mesin pencari "sangat membenci" blog plagiat, pencurian artikel, melanggar hak cipta dll, selalu pikirkan bahwa menghargai karya orang lain sama halnya menghargai diri anda sendiri. Ok kembali lagi ke tips sederhana optimasi SEO untuk blogger, setelah anda mampu menciptakan tulisan yang unik, berkualitas dan berguna bagi pembaca selanjutnya lanjutkan dengan membaca optimasi SEO sederhana untuk blog anda.

Tips SEO Sederhana & Efektif Untuk Blog

Tanpa optimasi blog yang tepat, kita bahkan tidak bisa bermimpi untuk mendapatkan lalu lintas yang mengesankan dari mesin pencari. Jadi, mari kita lihat SEO Tips on page untuk Blogspot Blog dan jika Anda telah membaca mereka sebelum itu jangan mengabaikan posting ini. Mungkin Anda belajar sesuatu yang baru yang Anda tidak terjawab sebelumnya karena alasan apapun.

Tips SEO Sederhana & Efektif Untuk Blog

Custom Robot Header Tag
Ada beberapa pengaturan untuk blogger bahwa mereka secara pribadi dapat lakukan untuk blog mereka untuk membuat blog mereka untuk SEO friendly. ini berarti menjelaskan kepada mesin pencari apa blog anda, berisi tentang apa dan menjelaskan blog anda secara ringkas. Ini akan bermanfaat bagi Anda untuk menggunakan robot kustom header tag dengan benar. Sangat mudah untuk mengelola pengaturan ini. Header tags umumnya memiliki susunan Seperti H1, H2, H3...H6.

Kustom Robots.txt
Mesin pencari bots seperti Googlebot (Web Crawling Robot dari Google) membutuhkan beberapa panduan tentang bagaimana mereka harus merayapi dan mengindeks blog kita. Kita dapat mencegah beberapa halaman non-penting label halaman dari pengindeksan di Google untuk melindungi blog kita dari masalah duplikat konten. namun selalu gunakan layanan ini dengan benar dan hati hati, jika anda salah menggunakannya maka kemungkinan blog anda akan terabaikan dan tidak terbaca (dirayapi) oleh mesin pencari.

Optimalkan Judul Blog Post
Jika Anda baru saja mulai blog Anda pada template default blogger, maka pasti Anda akan tidak menyadari dengan fakta ini bahwa judul posting Anda tidak benar dioptimalkan untuk mesin pencari. Umumnya di hasil SERP maka akan keluar nama blog anda kemudian dilanjutkan dengan judul blog post anda, tentu ini tidak baik untuk optimasi SEO blog anda. Anda perlu melakukan beberapa editing pada template blog Anda untuk membuat judul posting Anda benar dioptimalkan. Anda akan melihat perubahan nyata dalam lalu lintas organik dari blog Anda setelah melakukan perubahan ini. Caranya buka Template/Edit HTML lalu edit <title>...</title>

Optimasi gambar
Anda pasti bisa melihat gambar yang relevan antara posting di banyak blog. Gambar tidak hanya meningkatkan tampilan dari konten blog, mempercantik, tetapi juga memainkan peran penting untuk mengoptimalkan posting gambar blog kita. Jika kita membuat penggunaan efektif dari gambar di posting blog kita, maka kita bisa mencapai lalu lintas tambahan dari mesin pencari. Selalu masukan title gambar dan deskripsi dari gambar anda.

Internal Linking
Banyak blogger gagal untuk mengoptimalkan link internal mereka atau bahkan mereka tidak link posting mereka satu sama lain secara internal. Ini benar-benar kesalahan besar yang harus kita hindari. Internal linking tidak hanya meningkatkan tampilan halaman blog kita tetapi juga membantu postingan kita untuk peringkat yang baik di mesin pencari. Jika Anda juga melakukan kesalahan yang sama, maka Anda harus perlu beberapa tips untuk mengoptimalkan link internal Anda. Internal link akan menghubungkan 1 link dalam blog kita dengan link lain yang juga dalam blog kita, dengan kata lain link akan saling berhubungan dan pastikan untuk link yang relevan dengan konten. Dan membuat link internal ini juga ada tata cara dan teknik tersendiri untuk optimasi yang lebih baik.

Search Engine Submission
Ketika kita siap dengan optimasi blog kita, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah mendaftarkan blog kita di mesin pencari, tidak usah semua mesin pencari..... yang paling populer saja seperti Google search, Yahoo, Bing dll. Karena umumnya setelah beberapa raksasa internet ini mengindeks blog anda dalam hasil pencarian mereka maka mesin pencaroi lain juga akan mengindeks blog anda kedlam hasil pencarian mereka.

Sebagai contoh saja untuk Google daftarkan blog anda di Google add URL. Selain kita harus mengirimkan blog kami di alat webmaster Google. Memverifikasi dan mengirimkan blog kita di alat webmaster Google membantu untuk mendapatkan pengindeksan di Google dengan lebih cepat. Ia juga memberitahu tentang isu-isu blog kita seperti link rusak, perbaikan HTML dll yang harus kita mencoba untuk menyelesaikan. Kita hanya perlu memverifikasi kepemilikan blog kita dan menyerahkan sitemap. Sitemap adalah peta situs blog anda yang akan memandu mesin pencari menemukan dan merayapi keseluruhan dari isi blog anda.

 Meningkatkan loading Blog Anda
Jika blog Anda membutuhkan banyak waktu untuk meloadnya, mungkin karena kebanyakan script, banner loading, pops up windows dll maka pengunjung akan pergi dan tidak akan pernah kembali lagi. Ini akan meningkatkan tingkat bouncing blog Anda dan Anda akan kehilangan lalu lintas yang berharga di blog Anda. Search engine memberikan nilai lebih baik untuk memberikan penilaian baik untuk menaikkan rank mereka di mata mesin pencari kepada blog yang memuat konten blog secara cepat karena mereka ingin membangun pengalaman pengguna yang terbaik. Itulah mengapa sangat penting untuk mengoptimalkan waktu loading blog anda. Beberapa waktu lalu saya telah share mengenai bagaimana cara meningkatkan kecepatan loading blog Anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara