sponsored ads

Tips Membawakan Materi Presentasi (Pembicara) Profesional

Posted By : Posted on - 8:38:00 AM with 1 comment

Tips memberikan presentasi (pembicara) profesional - Membawakan presentasi aau seminar tidaklah semudah seperti yang dibayangkan. Terkadang kita sangat percaya diri dengan tema yang akan kita berikan di depan audien namun nyatanya saat di depan mimbar atau panggung perasaan percaya diri itu luntur dan terkadang kita merasa gugup apalagi didepan banyak orang. Sehingga bahan atau materi yang telah sempurna kita susun sebelumnya menjadi buyar.

Menjadi pembicara profesional tidak hanya sekedar memiliki kecerdasan berbicara tapi menurut situs pengembangan diri Entrepeneur.com ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi pembicara profesional yaitu beberapa hal yang dalam kendali Anda, seperti ketepatan waktu, intensitas dan volume. Nah jika anda ingin menjadi pembicara yang handal, profesional atau setidaknya melatih anda dalam membawakan sebuah materi untuk presentasi maupun seminar agar pesan yang anda bicarakan tersampaikan kepada pemirsa, berikut adalah  poin yang harus anda perhatikan seperti dikutip dari situs Entrepeneur.com :

Tips Membawakan Materi Presentasi (Pembicara) Profesional

Tips Membawakan Materi Presentasi (Pembicara) Profesional

Mengambil waktu sebelum berbicara
Kebanyakan saat seseorang akan membawakan presentasi didepan pemirsa kebanyakan karena memiliki kepercayaan diri tinggi mereka tidak berpikir sebelum mereka berdiri berbicara didepan pemirsa. Hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk memberikan materi atau pembicara dalam suatu seminar adalah dengan menyusun dan merencanakan bahan atau tema presentasi atau seminar sebelum anda membawakan pembicaraan anda didepan umum. Hal ini memberikan anda waktu untuk menyusun bahan yang akan diberikan, memproses pikiran anda dan mengembangkan tema presentasi yang anda ambil.

Berpikir dan berbicara dari sudut pandang pemirsa
Menempatkan diri pada posisi orang lain ketika membentuk strategi Anda dalam membawakan materi. Hal ini memastikan pendekatan yang seimbang dan akan mempersiapkan Anda untuk tidak hanya mendukung posisi Anda, tetapi juga untuk menjawab setiap sanggahan potensial atau pertanyaan dari pemirsa anda.

Bersiaplah untuk respon yang berbeda
Tidak ada yang bisa memprediksi dengan 100 persen kepastian bagaimana orang akan merespon pembicaraan anda. Ada pemirsa yang akan merespon pembicaraan anda dengan baik, dengan keraguan bahkan ada yang mempertanyakan kebenaran dari materi yang anda berikan. Jadi pastikan untuk mempersiapkan berbagai sumber yang akurat untuk menjawab berbagai sanggahan maupun pertanyaan yang muncul daripara pemirsa anda sesuai sumber yang kredibel dan akurat. Jadi pastikan sesi tanya jawab dalam anda membawakan presentasi atau seminar berjalan dengan baik dengan mengantisipasi segala hal yang diluar dugaan anda, sehingga anda tidak gugup dan gemetar ketika anda tidak bisa menjawab pertanyaan atau sanggahan dari pemirsa anda.

Pendekatan dengan alasan dan logika.
Setiap pembicaraan yang baik akan selalu didukung dengan penalaran yang masuk akal (logika) serta alasan yang kuat baik bersumber dari data atau fakta. Sehingga akan sangat baik dan pesan yang anda sampaikan dalam presentasi atau seminar akan sampai di hati dan pikiran pemirsa anda (pesan dapat tersampaikan dengan baik) jika pembicaraan anda memiliki penalaran yang logis, alasan yang kuat bersumber dari data maupun fakta yang telah anda susun sebelumnya.

Jangan lupa sisi emosional.
Pembicara yang handal dan profesional bisa mengelola tingkat emosinya dalam keadaan stabil. Sementara pentingnya menekankan perlunya tujuan pembicaraan karena seringkali emosi sering melupakan logika. Seringkali ketika anda sedang membawakan materi presentasi dengan semangat berapi api maka sering pembicaraan akan keluar dari jalur atau sering kali kita akan memiliki emosi yang meningkat manakala pemirsa mengajukan pertanyaan yang membuat kita jengkel atau mencoba memberi jawaban dengan jelas namun pemirsa masih kesulitan untuk memahaminya. Jadi menjadi pembicara yang handal adalah mereka yang mampu memanage emosi dengan baik, sabar dan mampu memberikan pendekatan yang baik bagi pemirsanya. Menjadi pembicara yang baik dan profesional  selalu berusaha untuk menjadi tidak hanya komunikator yang efektif, tetapi yang brilian.

1 comment:

  1. Ketika kita mulai bingung menentukan arah hidup dan butuh motivasi dari orang-orang hebat

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara