Tips Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja

Negosiasi gaji wawancara kerja - Saat tes wawancara kerja anda akan diajukan beberapa pertanyaan oleh bagian personalia untuk mengetahui data detail terkait dengan anda. Selain pengalaman, ketrampilan, pendidikan dan pertanyaan terkait dengan pekerjaan, negosiasi gaji juga merupakan salah satu hal yang digunakan sebagai bahan pertimbangan perusahaan dimana anda melamar pekerjaan untuk menerima anda bergabung menjadi karyawan perusahaan tersebut. Jangan sampai hanya karena negosiasi gaji anda gagal diterima perusahaan dimana anda melamar pekerjaan.

Jika ditanya berapa gaji yang diinginkan kebanyakan orang akan bingung atau kikuk, takut menyebut nominal gaji yang diinginkan. Kebanyakan orang akan berpikir gaji yang sesuai dengan standar hidup namun takut menyebut nominal karena takut dianggap meminta gaji yang terlalu besar. Nah berikut adalah beberapa tips bagaimana cara menjawab negosiasi gaji yang ditanyakan perusahaan saat wawancara kerja:

Tips Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja

Tips Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja

Menunggu tawaran pihak perusahaan
Pihak perusahaan pasti memiliki daftar standar gaji yang ditetapkan dalam perusahaan tersebut untuk menggaji karyawan sesuai pengalaman kerja dan posisi pekerjaan tersebut. Nah tunggulah tawaran yang diberikan oleh perusahaan tersebut, pihak perusahaan akan memberi rentang gaji yang diinginkan. Pada situasi ini anda dapat meminta gaji sesuai bakat, pengalaman maupun pendidikan anda. Jika anda sudah memiliki keahlian profesional anda boleh menyebut rentang gaji tertinggi namun jika anda masih minim pengalaman maka lebih baik meminta standar gaji yang ditetapkan oleh perusahaan seperti contoh " Saya meminta gaji sesuai dengan standar gaji karyawan di perusahaan ini pak".

Bersifat Fleksibel
Anda tidak bisa memaksa pihak perusahaan untuk membayar gaji sesuai dengan keinginan anda, karena mereka tentunya memiliki standar tersendiri untuk membayar gaji karyawannya sesuai dengan pengalaman kerja, kualitas kerja dan posisi atau jabatan mereka, jadi bersikaplah fleksibel. Anda boleh saja menawar gaji tentunya dilihat dari pengalaman kerja anda, prestasi kerja dan kelebihan yang lain yang anda miliki namun tetap tidak boleh memaksakan keinginan anda harus terpenuhi.

Mintalah gaji sesuai kualitas anda
Seperti yang saya sebutkan pada poin diatas bahwa perusahaan akan menimbang dan memberikan gaji tentunya sesuai dengan kualitas kerja anda. Jadi pastikan meminta gaji sesuai dengan kualitas diri anda. Kualitas bisa dilihat dari pengalaman kerja anda, prestasi kerja anda, bidang pekerjaan yang anda tekuni, keprofesionalan anda dan kelebihan lain dalam diri anda.Jika anda kesulitan berapa gaji yang ingin anda minta maka tentunya anda sebelumnya bisa melihat referensi atau info mengenai berapa gaji yang pantas untuk jabatan tertentu, masa kerja maupun prestasi kerja dari mungkin teman anda yang telah bekerja di perusahaan tersebut atau informasi dari luar.

Bersikap ramah dan sopan
Siapapun orang yang anda ajak ngobrol dengan ramah, sopan dan bersikap baik tentu juga akan bersikap sama dengan anda. Mereka juga akan mempertimbangkan sikap anda menjadi bahan pertimbangan untuk memenuhi gaji yang anda minta.

nah itulah sedikit tips bagaimana cara menegosiasi atau meminta tawaran gaji dari perusahaan saat anda sedang wawancara kerja. Jika anda memiliki pengalaman lain silahkan share dengan pembaca lainnya dengan menambahkannya di kotak komentar, terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara