Cara Mengunci (Proteksi) Aplikasi & Folder Di Android

Mengunci aplikasi dan folder di android - Bagi anda yang suka dengan smartphone android kali ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana mengunci aplikasi SMS, BBM, Foto maupun folder lain yang anda anggap privasi dan tidak ingin orang lain membuka aplikasi anda tersebut. Mungkin anda menyimpan folder dewasa, anda anggap rahasia maupun hal lain yang hanya anda yang bisa membukanya saja. Pada android bawaan aplikasi kunci atau lock otomatis memang sudah disediakan, namun kekurangannya adalah jika anda lupa password untuk membukanya maka mungkin saja kehilangan data karena belum ada cara untuk membuka atau merestorenya. Anda juga akan seringkali mengubah pengatuiran kunci karena anda takut mungkin seseorang akan bisa membukanya jika anda tidak mengganti kode passwordnya. Atau pengunci bawaan ini akan mengunci seluruh aplikasi yang ada didalam smartphone android anda.

Nah kali ini saya akan berbagi cara mengenai bagaimana memasang atau mengunci aplikasi folder di Android dan kelebihannya adalah anda bisa mengunci hanya folder atau aplikasi yang memang ingin anda rahasiakan dan hanya anda sendiri yang bisa membukanya, jadi tidak semua aplikasi akan terkunci. Kelebihan lain anda hanya perlu menghapus aplikasi pengaman ini jika anda benar benar lupa passwordnya dan aplikasi yang sebelumnya anda kunci akan terbuka tanpa perlu merestorenya. Aplikasi yang ringan ini (hanya 4 mb) merupakan salah satu aplikasi kunci pengaman yang populer atau banyak didownload oleh pengguna Android dan sampai saat ini lebih dari 10 juta user menggunakan aplikasi ini.

Nah berikut adalah langkah langkah bagaimana cara menginstal aplikasi kunci tambahan pada android untuk melindungi folder-folder dalam android yang anda pilih agar orang lain tidak bisa membukannya selain anda, sebelumnya pastikan anda telah mendownload aplikasi Leo Privacy Guard ini di Google play store.

 1   Buka dan download aplikasi Leo Privacy Guard di Ponsel Android anda dan menginstalnya, berikut adalah tampilan layar icon aplikasi tersebut di Google play store.

Cara Mengunci (Proteksi) Aplikasi & Folder Di Android

 2   Setelah aplikasi terdownload dan terinstal di Android anda, buatlah kombinasi password yang anda inginkan, jika yang terbuka bukan seperti gambar dibawah ini klik Skip. Buatlah minimal 4 kombinasi password itu artinya password menggunakan atau harus melewati 4 titik (agar lebih aman anda bisa menggunakan kombinasi password lebih dari 4 titik seperti gambar dibawah ini) Lakukan sebanyak 2 kali untuk memastikan password yang anda buat sudah benar.

Cara Mengunci (Proteksi) Aplikasi & Folder Di Android1

 3   Selanjutnya buka aplikasi dan anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini. Tombol biru dengan angka nol artinya belum ada satu pun aplikasi yang anda kunci. Untuk mulai mengunci aplikasi yang anda inginkan, Anda harus memilih aplikasi apa saja yang anda inginkan dengan password yang anda buat diatas dengan cara klik pada area biru dengan angka nol ditengahnya.

Cara Mengunci (Proteksi) Aplikasi & Folder Di Android2

 4   Lalu akan muncul tampilan seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Pada langkah ini anda hanya erlu memilih aplikasi apa saja yang inginkan dengan mengklik/ tap satukali pada aplikasi yang dimaksud sehingga muncul icon centang berwarna biru. Jika aplikasi yang anda maksud tidak ada maka geser ke arah kiri hingga ketemu.

Cara Mengunci (Proteksi) Aplikasi & Folder Di Android3

 5   Langkah terakhir setelah anda mencentang semua aplikasi yang anda maksud dengan cara menekan tombol Lock. Anda langsung bisa menutup Aplikasi Leo Privacy Guard tanpa perlu settingan lebih lanjut. Ingat setiap kali anda ingin membuka aplikasi yang anda ingin orang lain tidak bisa membukanya maka anda harus memasukkan kombinasi password untuk membukanya. INgat juga sekali lagi jika anda benar benar lupa password untuk membuka aplikasi atau folder yang anda ingin kunci maka anda tidak perlu khawatir, anda cukup uninstall Leo Privacy Guard tanpa perlu takut kehilangan data aplikasi atau folder yang anda proteksi.

Nah mudah kan bagaimana cara mengunci aplikasi atau folder didalam Android yang ingin anda proteksi dan tidak ingin orang lain membuka isi dari aplikasi atau folder android yang anda maksud. Semoga berguna dan terima kasih sudah berkunjung ke situs web blog Tips & Cara ini.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara