9 Tips Efektif Menghentikan Kebiasaaan Buruk

Tips Efektif menghentikan kebiasaan buruk - Kita semua pasti memiliki kebiasaan buruk dan hal yang paling miris adalah kita memiliki kebiasaan buruk namun kita tidak menyadari hal tersebut merupakan kebiasaan buruk.  Setiap kebiasaan buruk pasti memiliki pengaruh besar dalam hidup anda, walaupun tidak kelihatan efeknya waktu sekarang ini namun suatu saat anti anda akan melihat dan merasakan dari kebiasaan buruk yang anda lakukan. Sebagai contoh saja anda sekarang ini memiliki kebiasaan buruk merokok, mungkin efeknya tidak terlihat diwaktu sekarang ini namun anda bisa melihat efeknya di masa depan seperti gangguan kesehatan. Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang mempengaruhi banyak hal seperti faktor ekonomi (coba anda hitung berapa uang yang sudah anda keluarkan untuk aktifitas merokok sampai saat ini), faktor gangguan kesehatan (baik sendiri maupun orang orang disekitar anda) dan lain lain.

Kebiasaan buruk mungkin sangat sulit untuk kebanyakan orang namun bukan mustahil untuk bisa dilakukan apapun kebiasaan buruk yang anda lakukan. Kebanyakan orang akan gagal untuk menghentikan kebiasaan kebiasaan buruk karena hal yang paling umum yaitu punya keinginan namun belum cukup niat, menunda-nunda, overspending, berjanji namun tidak segera menepati (no action) dll. Banyak orang pasti menginginkan untuk menghentikan kebiasaan buruk mereka, nah berikut adalah beberapa tips untuk membebaskan dari pola perilaku negatif atau kebiasaan buruk seperti dikutip dari situs LifeHacker.

Tips Efektif Menghentikan Kebiasaaan Buruk

Tips Efektif Menghentikan Kebiasaaan Buruk

Niat
Ya siapapun yang ingin melakukan segala hal tentu bergantung kepada niat nya bukan? Jika anda sudah memiliki niat yang kuat, tekad yang bulat maka tidak ada hal yang mustahil dilakukan. Jika anda memiliki kemauan yang sungguh sungguh dan niat untuk menghentikan segala kebiasaan buruk anda maka bukan tidak mungkin anda akan berhasil.

Berjanji untuk tetap konsisten dengan niat anda
Bahkan dengan niat baik untuk merubah kebiasaan buruk anda hal itu belum cukup ketika kemauan kita memudar. Anda mungkin telah berjanji untuk tidak merokok atau hanya sekedar akan minum dua gelas minuman ketika akan keluar dengan teman-teman, misalnya, tapi saya yakin janji anda akan tidak ditepati setelah Anda melangkah ke bar atau berkumpul dengan teman anda yang merokok. Cobalah membuat pengingat di kalender Anda sendiri untuk mengingat saat-saat terlemah Anda untuk tergoda mengulangi kebiasaan buruk. Niat, janji yang kuat dan konsisten dengan niat anda akan membantu anda menghentikan kebiasaan buruk anda.

Hargai kebiasaan buruk anda dengan uang
Merubah kebiasaan buruk dan membuat kebiasaan baik tentu lebih sulit dan menyakitkan daripada anda melakukan kebiasaan buruk anda. Uang adalah motivator yang baik yang bisa anda gunakan untuk memotivasi diri anda untuk menghentikan kebiasaan buruk anda tentunya jika anda bersungguh sungguh untuk menghentikan kebiasaan buruk anda, sebagai contoh saja anda bersumpah atau berjanji akan memberikan uang anda sebagai contoh saja 50 ribu kepada teman anda jika anda mengulangi kebiasaan buruk yang anda lakukan. Hal ini akan memotivasi anda untuk tidak mengulangi kebiasaan buruk jika anda bersungguh - sungguh untuk melakukannya.

Atau anda bisa melakukannya dengan terbalik yaitu anda akan menerima uang yang seharusnya untuk kebiasaan buruk (membeli rokok, minuman keras, clubbing atau apa saja kebiasaan buruk yang anda lakukan) untuk rewards atau penghargaan atas usaha anda menghentikan kebiasaan buruk, tabung uang itu dan coba hitung satu minggu, 1 bulan, 1 tahun atau berapa tahun kemudian berapa uang yang anda tabung. Dengan begini anda telah merubah hidup anda ke arah kebiasaan lebih baik.

Memahami Apa Pemicu atau penyebab Kebiasaan Buruk Anda
Setiap kebiasaan buruk yang ingin anda rubah dengan sedikit lebih mudah maka anda harus mengetahui terlebih dahulu pemicu atau penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab atau pemicu anda berbuat kebiasaan buruk maka anda akan mengetahui cara efektif untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Sebagai contoh saja jika anda seorang pemboros uang maka ketahui penyebabnya mungkin karena anda memegang kartu kredit, memegang kartu Atm, memegang uang terlalu banyak di dompet anda ...dengan begini untuk menghentikan kebiasaan buruk anda memboroskan uang anda maka bawa uang secukupnya saja dalam dompet, hentikan membawa atau menggunakan kartu kredit atau ATM dll.

Perlahan dan buat Perubahan kecil
Membentuk kebiasaan baru yang lebih baik membutuhkan proses, waktu yang tidak sedikit dan usaha yang keras, jadi jangan pernah berpikir anda bisa membuat perubahan besar dalam sekejap, ingat banyak pepatah yang memotivasi anda bahwa segala hal yang ingin anda capai membutuhkan proses, waktu dan usaha. Sebagai contoh saja pepatah "Roma tidak dibangun dalam satu hari", "Berakit rakit kehulu berenang ketepian", "Perjalanan ribuan mil jauhnya akan dimulai dari satu langkah kecil" dsb. Hal itu memang benar adanya, apapun yang ingin anda rubah kebiasaan buruk dalam hidup anda maka buatlah secara perlahan namun berkesinambungan (continue) dan ubah dari hal hal kecil dalam hidup anda.

Jadi bersabarlah dengan diri sendiri dan bukannya membuat penyesuaian secara dramatis, cobalah berfokus pada satu kebiasaan dan langkah-langkah terkecil yang dapat Anda ambil untuk "membuat kebiasaan lebih baik". Sebagai contoh saja anda ingin menurunkan tubuh anda yang terlalu gemuk karena kebiasaan buruk dalam konsumsi makanan maka cobalah Dengan makanan dan diet kecil misalnya, perubahan kecil seperti mengurangi satu bungkus gula atau switch krim dalam kopi Anda dengan susu rendah lemak dapat membuat perbedaan besar dalam jangka panjang.

Berpikir apa akibat dari kebiasaan buruk anda
Kebiasaan buruk pasti memiliki efek yang tidak baik di kehidupan anda, jika tidak terlihat efeknya diwaktu sekarang mungkin dalam masa depan anda seperti yang saya sebutkan diatas, jadi berpikirlah baik baik apa akibat yang bisa ditimbulkan karena kebiasaan buruk anda. Dengan memahami dan mengerti dampak yang ditimbulkan akibat kebiasaan buruk anda hal ini akan membantu anda dalam menghentikan kebiasaan buruk anda.

Tulis dalam daftar
Anda mungkin gatal untuk menyingkirkan kebiasaan itu sekarang, tapi seperti yang disebutkan di atas, mengubah kebiasaan buruk itu butuh waktu. Sebelum Anda mulai mencoba untuk mengubah kebiasaan, pertimbangkan berpikir tentang hal itu benar-benar selama satu bulan pertama dengan menuliskannya dalam daftar catatan anda, daftar alasan Anda ingin berhenti, tulis setiap kali Anda mendapatkan diri Anda melakukannya, dan sebagainya. Anda bisa lebih siap untuk menaklukkan kebiasaan setelah persiapan ini.

Ubah Lingkungan Anda
Seiring waktu, jika Anda melakukan perilaku yang sama di tempat yang sama, lingkungan Anda dapat menjadi pemicu anda untuk kembali mengulang kebiasaan anda. Ubah lingkungan anda, jika anda bergaul dengan orang orang yang masih suka merokok atau minum minuman keras maka menjadi hal yang mungkin terjadi dan menggoda anda untuk mengulangi kebiasaan buruk anda.

Kembali ke jalur yang anda tetapkan
Kemungkinan Anda akan memiliki hari buruk, stres atau hari dimana anda "kambuh" untuk mengulang kebiasaan buruk anda. sadari hal itu dan kembali kejalur dimana anda ingin menghentikan kebiasaan anda, jika tidak maka anda akan kembali jauh kembali kebelakang untuk mengulang kebiasaan buruk anda secara terus menerus.

Nah itulah beberapa tips seperti dikutip dari situs LifeHacker tentang bagaimana tips efektif yang membantu anda menghentikan kebiasaan buruk anda, jika anda memiliki pengalaman tersendiri tentang bagaimana cara menghentikan kebiasaan buruk anda maka silahkan share pengalaman anda dengan ribuan pembaca blog ini dengan berkomentar di form komentar yang telah disediakan atau membagikannya di situs media sosial dibawah posting.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara