6 Tips Mengetahui Seseorang Sedang Berbohong

Tips mendeteksi seseorang yang sedang berbohong -  Setiap orang pasti tidak mau dibohongi, termasuk anda juga bukan ? Menjadi hal yang sangat menyakitkan ketika anda dibohongi oleh orang- orang disekitar anda bahkan oleh seseorang yang anda sayangi.  Kali ini saya akan sedikit berbagi tips bagaimana cara mendeteksi seseorang yang sedang berbohong ketika berbicara dengan anda menurut situs psikologi terpopuler yaitu Psychology Today. Setiap orang yang sedang berbohong pasti menunjukkan perilaku yang sedikit aneh jika anda memperhatikannya dengan seksama, kecuali jika seseorang tersebut sudah sering berbohong atau pembohong profesional hehehhehehe..maka anda akan kesulitan untuk mendeteksi kebohongan yang sedang ia bicarakan.

Ok lanjut lagi ke tips bagaimana cara mendeteksi kebohongan seseorang yang sedang berbicara dengan anda, jika anda lebih seksama atau memperhatikan seseorang ketika mereka berbicara maka anda mungkin akan sedikit mengetahui kebenaran pembicaraan seseorang yang seang berbicara dengan anda. Seseorang yang sedang berbohong ketika berbicara maka akan menunjukkan perilaku atau keganjilan seperti berikut ini:

Tips Mengetahui Seseorang Sedang Berbohong

Tips Mengetahui Seseorang Sedang Berbohong

Perhatikan bahasa tubuh
Seseorang yang sedang berbohong ketika mereka berbicara dengan anda biasanya menyembunyikan telapak tangan mereka dan tidak duduk lurus atau mereka tidak berdiri tegak saat berbohong. Mereka juga menghindari kontak mata saat menceritakan hal hal yang mereka bicarakan hal ini menunjukkan bahwa mereka tidak ingin kebohongan mereka diketahui oleh orang lain. Ketika seseorang yang sedang bicara jujur mereka akan fokus dengan apa yang mereka bicarakan sedang orang yang sedang berbohong akan sering bergerak atau menggerakkan anggota badan mereka hal ini mereka lakukan karena mereka tidak nyaman dengan kebohongan yang mereka lakukan atau bicarakan.

Pandangan tidak fokus
Seseorang yang berbohong juga tidak akan fokus melakukan kontak mata dengan seseorang yang mereka ajak ngobrol, walaupun mereka seorang yang pemalu mereka tetap akan fokus kontak mata ketika mereka berbicara dengan jujur. Seseorang yang berbohong akan mengalihkan pandangan ketika anda menatap matanya atau memperhatikan kesana kemari ketika kontak bicara sedang berlangsung. Menurut Psychology Today Arah mata bergerak mencerminkan fungsi terjadi di dalam otak pada waktu pembicaraan sedang berlangsung. Misalnya, ketika mereka berbicara dengan kita tentang suatu hal namun mereka kelihatan tidak fokus atau tidak fokus menatap mata yang diajak berbicara atau memperhatikan hal lain ketika mereka berbicara ini adalah salah satu tanda yang menunjukkan bahwa ia mungkin sedang berbohong.

Inkonsistensi dalam pembicaraan
Pembicaraan yang tidak konsisten (sering berubah ubah) atau inkonsistensi dalam pembicaraan mungkin bisa anda jadikan salah satu tips untuk mengetahui seseorang sedang berbohong. Sebagai contoh saja ketika mereka setiap kali berbicara akan mengubah sedikit arah pembicaraan setiap kali membahas suatu hal. Pembohong akan akan lupa dengan setiap kata atau pembicaraan yang sebelumnya telah merka katakan, akan menambahkan kata kata agar cerita kelihatan lebih menarik, atau cerita yang pernah mereka bicarakan akan selalu berubah ubah atau tidak konsisten ketika mereka membicarakannya kembali. Inkonsistensi dalam pembicaraab merupakan salah satu tanda yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong.

Merasa cemas
Seseorang yang sedang berbohong pasti merasakan rasa tidak nyaman atau merasa cemas setiap kali mereka berbohong, kecuali mereka sering melakukan kebohongan. Mungkin rasa cemas atau ketakutan ini bisa dilihat dari alat yang disebut Lie Detector yang biasa digunakan oleh penyidik aparat berwenang dalam menginterogasi tersangka suatu kejahatan. alat ini bekerja dengan menunjukkan perubahan pada tubuh ketika mereka sedang berbohong seperti pupil mata membesar, detak jantung meningkat, aliran darah pada tubuh meningkat dll. Perubahan perubahan pada tubuh ini akan terjadi ketika mereka cemas, Intensitas kecemasan ini bervariasi tergantung pada bagaimana profesional seorang pembohong.

Ketika seseorang yang jarang atau tidak pernah berbohong maka kecemasan ini akan terlihat ketika mereka berbohong bahkan tanpa menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau Lie detector, kecuali jika mereka sering berbohong atau sudah menjadi kebiasaan mereka untuk berbohong maka tanda kecemasan ini tidak terlihat secara signifikan bahkan menggunakan alat pendeteksi kebohongan sekalipun.

Menghindari Subjek yang dibicarakan
Seseorang yang sedang berbohong atau menyembunyikan sesuatu hal yang mereka tidak ingin orang lain mendengar akan menghindari subyek yang dibicarakan. Mereka akan mengalihkan pembicaraan ketika anda menyakan suatu hal atau subyek pembicaraan.

Kurangnya Ketegasan
Seseorang yang berbohong dalam pembicaraan akan kelihatan plin plan atau tidak tegas dengan apa yang mereka bicarakan. Mereka akan kelihatan kurang percaya diri saat berbicara, pembicaraan yang sedang dilakukan akan dilakukan dengan nada yang pelan. Seseorang yang sedang berbohong akan terlihat pelan berbicara dan kelihatan lebih lambat atau berhenti berkali-kali saat berbicara dalam rangka untuk menemukan apa yang harus mereka dikatakan.

Nah itulah beberapa tips bagaimana cara mendeteksi kebohongan saat seseorang sedang berbicara dengan anda menurut situs psychologytoday.com. Nah jika anda memiliki pengalaman lain atau menambahkan silahkan berkomentar di kotak komentar yang telah disediakan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara