sponsored ads

Tips Untuk Melatih Bersabar Menghadapi Cobaan

Posted By : Posted on - 10:45:00 AM with No comments

Melatih kesabaran - Kesabaran akan melatih kita menjadi pribadi yang tangguh dalam menghadapi setiap ujian atau cobaan dalam hidup kita dan melatih seseorang untuk hidup lebih sukses baik dalam membangun karakter diri maupun dalam berkarir. Kesabaran adalah salah satu kunci menuju kebahagiaan dan kesuksesan.  Dengan bersabar seseorang tidak mudah untuk menyerah, down, stres, depresi maupun bentuk tekanan lain akibat permasalahan dalam hidup ini, sedang kita ketahui bahwa dalam setiap kehidupan masalah atau cobaan dalam hidup ibarat sebagai "teman setia".

Disisi lain terkadang kesabaran juga diperlukan untuk menggapai kesuksesan dan berbagai target dalam hidup.  Kesabaran diperlukan untuk sukses yang akan melatih kita untuk menyadarkan kita bahwa dalam dunia usaha selalu ada kegagalan, mengajarkan kita bahwa kita tidak mudah berputus asa dan selalu bersemangat mencoba dan bangkit, mengajarkan kita bahwa segala sesuatu membutuhkan proses untuk menggapai keberhasilan dll. Namun jangan salah, untuk menjadi sabar tidaklah semudah yang kita perkirakan.  melatih kesabaran membutuhkan proses dan usaha yang keras tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Kesabaran adalah kemampuan untuk menanggung penundaan, masalah, ujian, cobaan, pertentangan, atau penderitaan tanpa menjadi marah, frustrasi, cemas atau tertekan. Kita akan memulai dengan belajar untuk menjadi sabar dalam hal-hal kecil, kita mempersiapkan diri kita sendiri untuk menghadapi pencobaan yang lebih besar dengan kesabaran. Berikut adalah beberapa tips cara melatih kesabaran dalam menghadapi ujian atau cobaan:

cara melatih kesabaran

Tips Melatih Kesabaran

Menyadari & Berpikir positif
Selalu berpikir positif dan menyadari bahwa segala takdir (sesuatu yang pasti terjadi) adalah rahasia Tuhan dan kita harus sadar akan hal itu. Kita adalah manusia biasa yang tidak bisa mengendalikan segala hal dalam hidup kita seperti yang kita mau atau inginkan. Ketika ujian, masalah atau cobaan datang dalam hidup kita maka dekatkan diri anda dengan Tuhan dengan berdoa dan memohonlah kepada Tuhan untuk bisa lebih kuat menjalani cobaan dan ujian. Melalui banyak cobaan dan ujian akan ada banyak hikmah dan pelajaran jika kita mau berpikir akan hal ini.

Jangan banyak mengeluh & menyalahkan
Terlalu banyak mengeluh hanya akan membuat anda semakin tertekan dan pada akhirnya hanya akan menyalahkan kondisi maupun orang lain atas kegagalan yang sebenarnya kita buat sendiri.

Banyak mendengar dan kurangi banyak bicara
Ya dengan banyak mendengar dan memahami orang lain akan melatih diri kita untuk tidak terburu buru dan egois. Hal ini akan mengajari kita untuk bersabar mendengarkan orang lain dan mengontrol emosi kita. Bicaralah saat anda dimita atau mendapat bagian untuk berbicara sehingga anda berbicara dengan lebih hati hati, ketika anda terlalu banyak bicara daripada mendengar biasanya anda akan lebih egois dan tidak memberikan kesempatan orang lain berbicara karena anda terlalu asyik dengan apa yang anda bicarakan.

Melatih kesabaran diri dalam menyikapi keadaan atau orang lain
Seperti anda ketahui bahwa segala kondisi atau keadaan anda tidak harus seperti yang apa anda mau atau anda inginkan, atau setiap karakter orang akan berbeda antara satu dengan yang lain. Dengan menyadari kondisi tersebut, menghargai, menghormati setiap perbedaan maka anda akan menjadi lebih bersabar.

Pola hidup sehat dan seimbang
Pola hidup yang sehat dan mengonsumsi makanan yang seimbang jelas akan berpengaruh terhadap keshatan mental dan fisik anda secara umum. Tubuh yang sehat akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh, dengan demikian anda bisa memanage kondisi emosional anda lebih baik hal itu berarti anda bisa lebih efektif untuk melatih kesabaran karena kondisi fisik dan emosional anda dalam keadaan stabil dan sehat.Paling penting penuhi kebutuhan istirahat dan tidur karena kurang tidur dan istirahat ditengarai sebagai masalah umum yang menyebabkan kondisi suasana hati dan mental yang sering berubah ubah atau tidak stabil.

Hindari hal-hal yang bisa membuat bosan
Rasa tidak sabar biasanya datang saat anda melakukan sesuatu yang membosankan, misalkan saat menunggu antrian.  Oleh karena itu, biasakanlah untuk membuat diri anda selalu sibuk sehingga pikiran anda tidak termakan oleh rasa bosan, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan rasa tidak sabar dan juga perasaan bad mood.

Bedakan antara sabar dengan menunda nunda
Bersabar dan menunda nunda adalah hal yang sangat berbeda, "Sabar" tidak selalu berarti "menunda".  Jangan gunakan kesabaran sebagai dalih untuk melarikan diri dari hal-hal yang seharusnya anda selesaikan.  Jika anda bersabar, maka selalu ada unsur positif di balik tindakan menunda yang anda lakukan.  Namun jika anda menunda hanya karena rasa malas, dan tidak ada hal positif yang didapatkan di balik penundaan tersebut, maka hal itu sama sekali bukan merupakan tindakan yang sabar, dan justru harus dijauhi karena sangat tidak produktif.

Nah mungkin itu dulu yang dapat saya sampaikan, tentang bagaimana melatih kesabaran secara umum maupun bersabar dalam menghadapi ujian dan cobaan. Jika anda memiliki pengalaman atau pandangan lain berkaitan dengan cara melatih kesabaran silahkan komentar di kotak komentar yang disediakan dan share pengalaman anda dengan ribuan pembaca blog ini, terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara