Pengertian & Cara Daftar Program PUPNS 2015

Posted By : Posted on - 1:08:00 PM with No comments

Pengertian & Cara Daftar Program PUPNS 2015 - PUPNS sperti disebutkan dalam website resmi BKN merupakan Aplikasi penunjang administrasi berbasis teknologi internet untuk memperoleh data yang akurat, terpercaya dan terintegrasi, sebagai dasar kebutuhan dalam mengembangkan sistem informasi kepegawaian ASN yang mendukung pengelolaan manajemen ASN yang rasional sebagai sumber daya aparatur negara. Pupns atau Pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil (PNS) nasional merupakan kegiatan pemutakhiran data PNS yang dilakukan secara online dan dilaksanakan sejak bulan Juli dan berakhir pada Desember 2015. Untuk proses pemutakhiran data ini setiap PNS memulai dengan melakukan pemeriksaan data yang tersedia dalam database kepegawaian BKN dan selanjutnya PNS, melakukan perbaikan data yang tidak sesuai serta menambahkan/melengkapi data yang belum lengkap/tersedia di database BKN.

Sampai informasi ini ditulis aplikasi pendataan ulang pegawai negeri sipil atau Pupns ini masih dalam tahap beta atau ujicoba jadi jika anda menemukan sedikit kesulitan dalam registrasi atau ditemukan error dalam sistem pendataan ulang online ini adalah wajar karena aplikasi masih dalam tahap uji coba. Ok lanjut lagi sistem olline pups atau pendataan ulang pegawai negeri sipil ini memudahkan akses bagi para pegawai negeri sipil untuk melengkapi registrasi dengan mudah secara oline untuk memperoleh data yang akurat, terpercaya, sebagai dasar kebutuhan dalam mengembangkan sistem informasi kepegawaian ASN yang mendukung pengelolaan manajemen ASN yang rasional sebagai sumber daya aparatur negara tanpa harus register langsung di instansi terkait.
   
Ditambahkan dalam website resmi BKN bahwa Dasar Hukum PUPNS 2015 yang mengatur segala hal tentang pendataan ulang sistem kepegawaian ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan juga tercatat dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 19 Tahun 2015 Tanggal:22 Mei 2015, Tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015 (e-PUPNS 2015)

Nah lanjut lagi tentang tata cara registrasi program PUPNS, Berikut cara pendaftaran PUPNS (silahkan klik pada gambar untuk memperbesar)

 1   Kunjungi links website resmi BKN di alamat http://pupns.bkn.go.id dan Klik bagian pojok kanan atas (Registrasi) (Jika tidak bisa buka link maka ada perbaikan Server ataupun seperti yang telah saya jelaskan diatas tadi bahwa aplikasi ini masih dalam tahap beta atau uji coba) Lihat gambar dibawah ini:

pupns1


 2   Silahkan klik pada icon “Daftar”. Lihat seperti gambar dibawah ini:

pupns1

 3   Setelah anda klik daftar maka anda akan dibawa ke halaman untuk memasukkan NIP Anda lalu klik “Cari”, jika benar maka akan muncul nama lengkap Anda dan instansi daerah di mana Anda bertugas. Lihat gambar dibawah ini:

pupns2

 Jika anda merasa data tersebut memang data anda dan sudah benar adanya maka lanjutkan dengan masukkan email aktif Anda pada kolom isian “Email”. Lalu pilih “Lanjut”. Jika anda belum mempunyai email silahkan baca tutorial kami tentang cara membuat email.

 4   Masukkan password yang akan Anda gunakan untuk login pada aplikasi PUPNS 2015 nantinya, kemudian input kembali di bawahnya dengan kode password yang sama seperti sebelumnya. Isi kolom isian Nama Ibu Anda. Pada kolom “Pertanyaan Pengaman”, harap hati-hati untuk mengisinya dengan pertanyaan yang benar dan diharapkan suatu hari nanti anda tidak lupa untuk menjawabnya, pastikan Anda benar-benar tidak akan lupa, ini penting karena pada bagian inilah yang akan dapat digunakan sebagai kata kunci jika Anda lupa atau kehilangan “Kode Registrasi” ataupun untuk cetak ulang tanda bukti registrasi PUPNS 2015 di lain waktu. Selanjutnya, input kode chapta (kode unik bisa berupa gambar maupun tulisan sebagai verifikasi bahwa anda bukan robot) yang terlihat dengan benar kemudian klik “Registrasi”. Seperi terlihat seperti gambar dibawah ini:

pupns4


 5   Jika pendaftaran berhasil, maka akan muncul halaman baru “Registrasi Sukses”, silahkan klik “Cetak” untuk mengeprintnya sebagai pengingat data anda. Dalam lembar contoh Tanda Bukti Pendaftaran PUPNS 2015 terdapat 2 (dua) bagian, satu untuk untuk diserahkan kepada verifikator dan satunya lagi dipegang oleh PNS bersangkutan.Hasil print out akan seperti gambar dibawah ini:

pupns5


Inilah gambar skema alur Pendaftaran PUPNS 2015 (Klik pada gambar untuk memperbesar)

pupns6

pupns7
Nah itulah beberapa langkah dalam registrasi PUPNS, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi web blog ini.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara