7 Tips Ampuh Membersihkan Karang Gigi

Cara mengatasi karang gigi - Karang gigi atau dalam dunia medis disebuta sebagai kalkulus gigi menumpuknya plak (sisa sisa makanan) yang tertinggal dimulut sehingga lama kelamaan akan menumpuk dan mengeras karena bantuan zat kapur dalam air liur (saliva) dan menyebabkan terbentuknya karang gigi. Palk sendiri akan menyebabkan timbulnya berbagai kuman karena seperti diketahui ada lebih dari 30 jenis kuman dalam rongga mulut. Karang gigi atau penumpukan plak di gigi ini akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut jika dibiarkan sebagai contoh gusi mudah tanggal, goyang, gigi berlubang, dan nafas menjadi bau atau lebih sering disebut bau mulut (halitosis).

Karang gigi bisa berwarna kuning, coklat maupun kehitaman biasanya dipengaruhi oleh apa yang kita konsumsi dan kebiasaan seperti merokok, kopi, minuman keras dll. Karang gigi biasanya akan sulit dihilangkan tidak seperti plak gigi yang mungkin akan hilang dengan cara menyikat gigi. Karena karaang gigi cukup keras dan merupakan tumpukan plak yang cukup lama terbnetuk di gigi jadi untuk menghilangkannya cukup sulit. Nah bagi anda yang merasa sangat jengkel karena sulitnya mengatasi karang gigi, berikut adalah beberapa cara yang mungkin bisa anda gunakan untuk mengatasi karang gigi anda:

tips membersihkan karang gigi

Tips Membersihkan Karang Gigi

Dengan Bantuan dokter Gigi
Jika anda kesulitan dalam mengatasi karang gigi anda, maka anda membutuhkan bantuan dari profesional dan dalam hal ini adalah dokter gigi. Dokter gigi akan membersihkan karang gigi anda dengan bantuan alat scaller, scaller merupakan alat medis yang biasa digunakan untuk membersihkan karang gigi sehingga gigi anda akan terbebas dari karang gigi dan kelihatan lebih putih bersih dan sehat.

Teratur dan rajin menjaga kebersihan mulut.
Menjaga kebersihan mulut dan gigi merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah plak dan karang gigi terbentuk. Menggosok gigi anda sehabis makan atau minimal 2 kali sehari akan membantu mengatasi karang gigi anda dengan baik. Gosok gigi selama kurang lebih 3 menit dan selalu berkumur setelah mengonsumsi sesuatu akan sangat baik untuk mencegah karang gigi timbul.

Menggunakan siwak
Bersiwak merupakan cara yang efektif digunakan dari zaman nenek moyang untuk membersihkan plak, karang gigi dan terbukti ampuh dalam memutihkan gigi. Siwak merupakan aktifitas menggosok gigi menggunakan bagian batang, akar maupun bagian lain dari tanaman siwak (Salvadora persica). Nah dengan cara bersiwak minimal 3 kali dalam seminggu akan sangat baik untuk mencegah dan mengatasi karang gigi timbul di gigi anda.

Banyak mengonsumsi air putih
Secara umum air putih sangat bermanfaat untuk berbagai kesehatan manusia. Air putih akan membantu membersihkan dan mengangkut racun, toksin, bahan kimia maupun material berbahaya lain dalam tubuh kita dan mengeluarkannya melalui keringat dan air seni. Dan dalam kaitannya dalam mencegah plak dan karang gigi adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih akan membantu mulut memproduksi saliva atau air liur. Sedang air liur akan membantu memecah plak yang akan membnetuk karang gigi. jadi penuhi kebutuhan air putih anda minimal 8-9 gelas perhari atau setara dengan 1,5 Liter.

Getah sukun
Membersihkan karang gigi juga bisa dilakukan dengan bantuan buah sukun, umumnya sukun biasa digunakan sebagai bahan dasar sayur atau bisa dikonsumsi sebagai gorengan. nah caranya gunakan getah buah sukun lalu oleskan pada karang gigi menggunakan bantuan sikat gigi, sikat dengan pelan dan lembut dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu sikat gigi anda dengan pasta gigi anda. penggunaan metode ini sangat efektif untuk membersihkan karang gigi anda.

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mempercepat pembentukan plak atau karang gigi
Beberapa makanan dan minuman yang mempercepaat pertumbuhan karang gigi adalah kopi, minuman keras, nikotin pada rokok dan beberapa bahan lain. Nah sebagai gantinya ada beberapa makanan yang sangat baik untuk membantu dalam mengatasi karang gigi seperti buah buahan segar dan sayuran, apel, bengkoang, kedondong, strawberry, tebu dll.

Menggunakan bahan herbal
Beberapa bahan herbal ini membantu membersihkan karang gigi yang menempel pada gigi anda dengan efektif, cukup gosokkan dan diamkan selama 5 menit lalu bersihkan dan anda dapa melihat perbedaannya secara langsung. Selain membantu mengatasi karang gigi bahan herbal ini juga membantu membuat gigi anda kelihatan lebih putih. Bahan herbal ini adalah cengkih, baking soda, tepung beras, asam biji kawak, dll.

nah itulah beberapa cara mengatasi karang gigi membandel di gigi anda. Jika anda memiliki pengalaman lain yang terbukti ampuh dalam membersihkan karang gigi silahkan tambahkan dikomentar dan share dengan ribuan pembaca blog ini. Terima kasih telah berkunjung.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara