Tips & Cara Tidak Hamil (Menunda Kehamilan)

Posted By : Posted on - 10:54:00 AM with No comments

Cara menunda kehamilan - Idealnya setiap pasangan yang baru saja menikah tentu menginginkan segera mendapatkan kehamilan, namun mungkin karena faktor tertentu menyebabkan banyak pasangan menunda kehamilan mereka seperti faktor ekonomi, kesehatan, tempo kelahiran (jarak kelahiran) dll menyebabkan banyak pasangan menunda kehamilan mereka. Terlepas dari itu semua tim blog ini tidak mengajarkan anda atau merekomendasikan anda yang belum menikah untuk share cara tidak hamil ketika melakukan hubungan intim, tips dan cara ini hanya sebagai info referensi bagi pasangan yang sudah menikah namun menginginkan menunda kehamilan karena faktor yang telah disebutkan diatas.

Ok kembali ke topik pembahasan menunda kehamilan sebenarnya intinya menggunakan metode atau cara agar sel sperma laki laki atau pria dewasa tidak bertemu atau membuahi sel telur pada wanita. Nah dari cara ini maka tidak akan terjadi pembuahan (pembuahan hanya akan terjadi jika sel sperma dan sel telur matang pada wanita bertemu dan sel sperma mampu membuahi sel telur). Berikut adalah cara agar tidak hamil (menunda kehamilan) :

Cara Tidak Hamil (Menunda Kehamilan)

Cara Tidak Hamil (Menunda Kehamilan)

Menggunakan alat kontrasepsi
Alat kontrasepsi merupakan alat atau metode pendukung untuk memutus sel sperma untuk membuahi sel telur pada wanita. Sebelum menggunakan kontrasepsi sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter terkait untuk mendapatkan informasi yang tepat untuk menunda kehamilan anda. Karena setiap alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan keurangan sehingga anda mendapatkan informasi yang benar-benar akurat untuk menunda kehamilan anda, nah berikut beberapa cara atau metode kontrasepsi yang biasa digunakan:

Kondom
Kondom merupakan selubung tipis yang biasanya terbuat dari silikon, karet atau lateks dan memiliki elastisitas untuk memutus sel sperma bertemu dengan sel telur pada wanita. Kondom ini biasa digunakan untuk menunda kehamilan dan digunakan oleh pria.

Pil kontrasepsi oral
Pil kontrasepsi oral atau kita lebih sering menyebutnya dengan pil KB juga bisa digunakan untuk menunda kehamilan. Kontrasepsi ini mudah digunakan dan mencegah kehamilan yang tidak diinginkan secara efektif. Pil ini cukup mengandung kadar hormon yang membantu untuk menunda proses melahirkan secara alami dengan bertindak pada tingkat tertentu. Konsumsi secara teratur pil KB mencegah pelepasan sel telur dari indung telur maka mencegah kehamilan. Beberapa pil kontrasepsi juga mengeluarkan lendir serviks tebal yang bertindak sebagai penghalang untuk mencegah sperma mereka masuk ke dalam rahim.

Bolus intra-vaginal
Bolus adalah tablet besar yang dimasukkan ke dalam vagina secara manual. Bolus intra-vaginal adalah metode kontrasepsi yang efektif, mudah dan nyaman bagi perempuan. Bolus atau tablet terdiri dari spermisida aktif secara lokal disebut Nonoxynol. Untuk menggunakannya dengan cara yang benar bolus perlu dimasukkan ke dalam vagina setidaknya 20 sampai 30 menit sebelum berhubungan seks. Setelah penyisipan bolus mencair dan membentuk sekresi krim yang mengandung spermisida. Selama hubungan seksual, lapisan krim ini mengandung spermisida membunuh sperma yang masuk dalam vagina.

Suntikan DMPA
Depot Medroksiprogesteron Asetat atau suntikan DMPA adalah kontrasepsi suntik yang mengandung hormon progesteron dan diberikan setiap tiga bulan untuk wanita intramuskular. Injeksi biasanya diberikan pada lengan atas dan dianggap sebagai bentuk kontrasepsi yang aman.

Copper T
Copper T adalah salah satu bentuk kontrasepsi yang paling efektif bagi perempuan yang membantu dalam pengendalian kelahiran tanpa merugikan efek samping yang harus diperhatikan. Alat kontrasepsi intrauterine atau IUCDs itu ditempatkan di dalam rahim wanita untuk membantunya mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Masih banyak lagi jenis kontrasepsi yang bisa anda gunakan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan atau menunda kehamilan, namun sekali lagi hal tersebut harus anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait.

Dengan cara alami
Hal ini memiliki metode yang sama yang membedakan adalah jika cara menunda kehamilan diatas menggunakan metode atau alat pendukung, sedang cara alami ini tidak. Yaitu dengan mengeluarkan sel sperma diluar sebelum anda ejakulasi. Hal ini mencegah sel sperma bertemu dengan sel telur pada wanita.

Nah mungkin itu dulu yang dapat saya sampaikan jika ada pertanyaan, masukan dan saran tentang cara tidak hamil untuk menunda kehamilan silahkan berkomentar di kotak komentar yang telah disediakan, tim kami akan menjawabnya untuk anda sesuai sumber yang kredibel. Semoga artikel diatas bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara