Tips Mengatasi Noda Kuning / Kecoklatan Pada Gigi

Posted By : Posted on - 12:25:00 PM with No comments

Memutihkan gigi secara alami - Noda kuning atau kecoklatan pada gigi banyak disebabkan oleh faktor yang mempengaruhi. Mulai dari faktor kebersihan, faktor gaya hidup, makanan dan lain-lainnya. Noda kuning dan kecoklatan pada gigi yang dibiarkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan pada gigi seperti timbulnya plak dan karang gigi. Selain itu noda kuning atau kecoklatan pada gigi tentu saja menyebabkan rasa kepercayaan diri seseorang akan menurun. Nah berikut beberapa faktor paling umum yang menyebabkan noda kekuningan atau kecoklatan pada gigi:

  • Faktor genetik atau keturunan
  • Faktor kesehatan
  • Kondisi cuaca 
  • Penggunaan obat-obatan kimia dosis tinggi
  • Konsumsi teh, kopi, rokok
  • Kebersihan gigi yang kurang terawat (jarang membersihkan gigi)
  • Infeksi
  • dll

Nah dari beberapa faktor diatas yang paling sering kita alami adalah karena konsumsi makanan atau minuman yang menyebabkan discolouring (perubahan warna) seperti teh, kopi,dan aktifitas merokok. Perubahan warna gigi yang terus menerus menguning atau kecoklatan lama lama akan sulit untuk dihilangkan. Jadi pastikan untuk teratur menjaga kebersihan dan kesehatan gigi anda secara teratur seperti menyikat gigi anda secara teratur minimal 2 kali sehari, sebelum tidur dan sehabis bangun tidur. Discolouring gigi akan sangat efektif bekerja saat anda tertidur jadi jangan sampai lupa untuk menyikat gigi anda sebelum anda pergi ke tempat tidur.

Mengatasi Noda Kuning / Kecoklatan Pada Gigi

Mengatasi Noda Kuning / Kecoklatan Pada Gigi

Jika gigi anda sudah terlanjur menguning atau kecoklatan akibat terlalu banyak minum teh, kopi maupun merokok kali ini saya akan sedikit berbagi tips bagaimana cara memutihkan gigi secara alami untuk mengatasi noda kekuningan atau kecoklatan pada gigi seperti dikutip dari Top Home Remedies:

Menggunakan baking soda
Soda kue atau baking soda bisa anda gunakan untuk memutihkan gigi dan mengatasi noda kuning atau kecoklatan pada gigi secara efektif, namun penting untuk diperhatikan bahwa jangan terlalu sering menggunakan baking soda untuk pemutih gigi karena penggunaan yang terlalu sering dan terus menerus bisa menyebabkan enamel gigi terkelupas (penipisan permukaan pelindung gigi). Jadi gunakan hanya jika gigi anda terlihat kekuningan atau kecoklatan saja atau maksimal 1 kali dalam 2 minggu.

Caranya encerkan setengah sendok baking soda dengan beberapa tetes perasan air lemon, gunakan untuk menyikat gigi anda seperti biasa dan berkumur dengan air bersih.

Menggunakan kulit jeruk
Jeruk merupakan buah yang kaya akan antioksidan, antibakteri dan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini tidak hanya terdapat pada daging buahnya saja namun juga pada kulit luarnya. Selain hal itu kulit jeruk juga sangat bermanfaat untuk memutihkan gigi dan mengatasi noda kuning atau kecoklatan membandel di gigi anda. Caranya gosok gigi anda menggunakan kulit jeruk sebelum anda tidur, atau bisa menyikat gigi anda dengan bubuk kulit jeruk yaitu kulit jeruk yang sudah benar benar kering lalu digiling halus sehingga membentuk powder atau bubuk. Penggunaan 3-5 kali maka anda akan dapat merasakan perbedaanyya.

Menggunakan garam
Garam mengandung banyak jenis mineral yang sangat baik untuk memutihkan gigi dan mengatasi noda kekuningan atau kecoklatan pada gigi, bahkan garam yang dicampur dengan bubuk arang sudah digunakan dari zaman nenek moyang untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Kandungan mineral pada garam juga membantu melapisi lapisan enamel yang menipis. Caranya gunakan garam untuk menyikat gigi anda (tanpa pasta gigi) sebelum anda mandi. Penggunaan 2 kali dalam seminggu maka anda dapat melihat perbedaannya dalam 1 bulan.

Arang
Pernahkah anda membaca atau mungkin mendengar bahwa orang orang dizaman dahulu memiliki gigi putih dan kuat sampai mereka tua, apa rahasia mereka. Menurut beberapa penilitian membuktikan gigi mereka kuat, putih dan terbebas dari noda kuning atau kecoklatan karena mereka rajin menggosok gigi mereka menggunakan arang dan bubuk batu bata.

Makanan pembersih gigi
Nah bagi anda nih yang suka buah dan sayur segar beberapa bahan makanan berikut ini memiliki manfaat sebagai pembersih alami pada gigi sekaligus memutihkan dan mengatasi noda kuning dan kecoklatan pada gigi. Beberapa jenis makanan itu seperti jeruk, strawberry, segala jenis berry, kedondong, apel, pir sayuran segar (salad) dll.

Nah demikian cara dan tips memutihkan dan mengatasi noda kekuningan atau kecoklatan pada gigi secara alami, jika anda ada masukan silahkan tambahkan pada komentar dibawah posting. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara