Tips Mengatasi Karat Pada Perabotan Rumah

Posted By : Posted on - 11:20:00 AM with 2 comments

Mengatasi karat perabotan rumah - Perabotan rumah yang terbuat dari logam seperti besi, baja seringkali berkarat. Bahkan logam yang sudah dilapisi krom (chrome) seringkali juga berkarat. Perabotan seperti sendok, pisau , gunting dan lainnya jika disimpan lama dan jarang dirawat juga dapat berkarat apalagi disimpan ditempat yang lembab. Lalu bagaimana karat bisa terjadi pada logam.

Karat muncul dari oksidasi besi. Penyebab yang paling umum adalah paparan terhadaptingkat kadar air (kelembapan) dalam waktu yang lama. Logam yang mengandung zat besi, termasuk baja, akan mengikat atom oksigen yang terkandung di dalam air untuk membentuk lapisan oksida besi, atau karat. Karat akan terus bertambah sehingga mempercepat proses korosi, oleh sebab itu sangat penting untuk melakukan perawatan yang teratur. Namun sebenarnya melakukan perawatan untuk mengatasi karat bukanlah pekerjaan sulit. Anda bisa menggunakan bahan-bahan disekitar rumah anda yang mudah anda dapatkan untuk mengatasi karat pada logam perabotan rumah tangga.

mengatasi karat pada perabotan rumah tangga

Untuk beberapa cara mengatasi karat pada besi biasanya digunakan cara atau peralatan sebagai berikut:

  • Menggunakan WD (rust remover) atau bahan kimia penghilang karat lainnya
  • Menggunakan metode elektrolisis
  • Menggunakan metode abrasi mekanik
  • Menggunakan zat asam klorida (hydrochloric acid)
  • Menggunakan Hydrogen Peroksida
  • Pengamplasan dan menggunakan cat pelindung untuk mencegah karat
  • Chrome (krom)

Nah cara cara diatas mampu dengan efektif menghilangkan karat maupun korosi pada logam seperti besi atau baja, namun tentunya membutuhkan biaya dan keahlian khusus. Lalu bagaimana jika anda hanya akan menghilangkan karat pada perabotan rumah tangga seperti sendok logam, gunting, pisau dan perabotan rumah tangga lain yang notabene hanya barang kecil dan anda menginginkan dengan cara yang mudah dan murah, nah kali ini saya akan share bagaimana cara melakukan perawatan dan mengatasi karat pada perabotan rumah yang terbuat dari logam:

Mengatasi Karat Pada Perabotan Rumah

Menggunakan cairan yang bersifat asam
Seperti yang telah saya jelaskan pada cara menghilangkan karat pada besi diatas bahwa zat asam (hydrochloric acid) dapat digunakan untuk mengatasi karat dan korosi. Namun anda juga bisa menggunakan bahan alami yang mengandung asam dengan biaya murah untuk mengatasi karat pada perabotan rumah anda seperti:

Rendam dalam cuka
cuka dapat digunakan untuk mengatasi karat pada perabotan rumah tangga anda, anda bisa menggunakan cuka putih maupun cuka sari apel (Apple Cedar Vinegar) dan cuka jenis ini lebih efektif daripada cuka putih. Rendam perabotan rumah tangga anda seperti sendok, pisau maupun gunting yang berkarat dalam cuka selama 24 jam. Angkat lalu gosok karat dengan aluminium foil ( atau anda bisa menggunakan kertas bagian dalam pembungkus rokok) dengan mudah.

Menggunakan jeruk nipis
Sifat asam pada jeruk nipis juga mampu mengatasi dan mengikis karat pada logam perabotan rumah anda, caranya pun sangat mudah. Taburkan garam pada karat dan gosok perlahan. Setelah itu masukan dalam air yang telah ditetesi dengan perasan jeruk nipis selama 12 jam. Lalu angkat dan gosok karat menggunakan aluminium foil atau kertas aluminium pembungkus produk rokok.

Menggunakan kentang
Kentang mengandung juga sifat asam atau sering disebut dengan asam oksalat. Cara mengatasi perabotan rumah tangga yang berkarat dengan kentang cukup mudah kok, iris kentang menjadi 2 bagian lalu gosokkan daging kentang yang basah dan berair di area karat perabotan rumah tangga anda. Gosok menggunakan sabut kelapa atau sabut baja (sering digunakan untuk mencuci piring atau gelas) dan cuci menggunakan air bersih lalu keringkan.

Alternatif menggunakan kentang ini adalah potong kentang menjadi 2 bagian lalu pada bagian yang basah dan berair oleskan atau taburkan soda kue (baking soda). Gunakan irisan ini untuk menggosok area karat pada perabotan rumah tangga anda yang terbuat dari logam.

Menggunakan baking soda
Baking soda atau soda kue juga dapat digunakan untuk mengatasi karat pada peralatan atau perabotan rumah anda, caranya ambil 2 sendok baking soda ( jumlah bisa disesuaikan dengan banyaknya karat) lalu tambahkan sedikit air sehingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini diatas karat dan diamkan sampai mengering. Setelah kering bersihkan dengan air lalu gosok menggunakan sikat cuci atau sabut kelapa sampai karat benar-benar hilang.

Menggunakan soda atau cola
Soda atau cola minuman penyegar yang biasa anda minum ketika habisa berolahraga ternyata juga dapat mengatasi karat pada perabotan rumah tangga lho, dan caranya pun cukup mudah. Celupkan peralatan rumah tangga anda ke dalam cola selama satu jam dan gosok menggunakan kertas aluminium foil, jika masih agak sulit rendam lagi selama satu jam sampai karat benar benar bersih.

2 comments:

  1. wah sangat bermanfaat tips yang diberikan,singkat,jelas,dan penuturan kata yg bagus,saya suka.
    Oh ya lihat juga cara perawatan dengan cat kami

    www.futanlux.com

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara