Tips Mengatasi Bekas Luka Membandel Akibat Knalpot

Posted By : Posted on - 1:10:00 PM with 2 comments

Mengatasi bekas luka knalpot - Ini nih bagi anda yang sering menggunakan kendaraan motor pasti pernah kan mengalami luka bakar karena bersentuhan dengan knalpot panas motor. Rasanya sangat perih dan kemudian kulit menggelembung berisi air dan biasanya akan terasa nyeri atau sakitnya antara 3-6 hari. Nah paling menjengkelkan adalah ketika permukaan kulit sudah sembuh namun akan meninggalkan bekas luka bakar akibat knalpot. Perubahan warna kulit ini biasanya disebabkan karena jaringan kulit bagian luar terjadi kerusakan sehingga menimbulkan hiperpigmentasi kulit (perubahan warna kulit yang disebabkan produksi pigmen melanin kulit berlebihan untuk menghentikan luka).

Ada beberapa tips bagiamana agar luka bakar akibat knalpot tidak meninggalkan bekas luka yang membandel namun harus anda lakukan sesaat setelah kulit anda terkena knalpot (sebelum terjadi kerusakan jaringan luar kulit). Caranya mudah sesaat setelah anda terkena panas knalpot segera oleskan bahan berikut untuk menutupi luka bakar akibat knalpot seperti pasta gigi, parutan kentang, parutan mentimun, irisan tomat, bawang putih (pilih salah satu saja) lalu oleskan pada kulit. Beberapa bahan tersebut mendinginkan kulit dan membuat kulit nyaman dan mencegah kerusakan jaringan luar kulit. Diamkan sampai benar-benar mengering lalu bersihkan dengan air, oleskan alkohol atau disenfektan untuk mencegah luka bakar terjadi infeksi.

Mengatasi Bekas Luka Membandel Akibat Knalpot

Mengatasi Bekas Luka Membandel Akibat Knalpot

Namun jika anda mengalami luka bakar akibat knalpot yang cukup parah maka harus segera mendapatkan perawatan dari dokter terkait untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan segera. Nah bagi anda yang sudah terlanjur mengalami luka bakar akibat knalpot dan meninggalkan bekas luka yang membandel atau sulit dihilangkan maka berikut adalah beberapa tips alami untuk mengatasi bekas luka membandel akibat knalpot panas:

Menggunakan Minyak zaitun
Minyak zaitun berguna untuk menghilangkan bekas luka yang diakibatkan terkena knalpot, minyak ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati akibat luka knalpot kemudian dapat merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Cara penggunaannya cukup mudah, oleskan minyak zaitun pada kulit yang terdapat bekas luka knalpot, lakukan setiap hari agar hasilnya bisa maksimal.

Menggunakan Bawang putih
Bawang putih terkenal karena kandungan antioksidan, antibakteri (mencegah infeksi lebih lanjut) dan anti peradangan. Sehingga sangat baik untuk menghilangkan atau menyamarkan luka bakar akibat knalpot. Cara menggunakannya cukup mudah, tumbuk bawang putih dan oleskan pada bagian kulit yang terdapat bekas luka knalpot, cara ini cukup efektif menghilangkan bekas luka knalpot yang membandel.

Menggunakan Tomat
Buah tomat kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah tomat mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas (antioksidan), vitamin E yang dibutuhkan untuk kecantikan dan kesehatan kulit salah satunya mempercepat pertumbuhan sel kulit baru, dan lycopene suatu nutrisi yang sangat berguna salah satunya sebagai agen antikanker. Caranya mudah untuk membantu mencerahkan bekas luka akibat knalpot yaitu , iris tipis buah tomat, tempelkan pada kulit yang ada bekas luka knalpotnya, lakukan sehari 2-3 kali secara rutin, dalam seminggu bekas lukanya akan semakin memudar.

Menggunakan rendaman Teh
Teh hijau seperti kita ketahui mengandung kaya akan antioksidan yang tinggi, teh ini juga sangat baik untuk mencerahkan kembali dan menyamarkan bekas luka akiat knalpot. Gunakan teh yang direndam seharian (akan sangat efektif teh hijau) untuk meluluri bagian kulit yang ada luka bekas knalpotnya, lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Nah mungkin itu dulu yang dapat saya sampaikan tentang bagaimana mengatasi bekas luka membandel akibat knalpot dengan cara alami, jika ada tambahan, masukan maupun saran silahkan berkomentar di form komentar yang telah disediakan dibawah posting. Semoga artikel diatas bermanfaat dan berguna bagi anda, terima kasih.

2 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara