sponsored ads

Tips Blogging : Pakai Bahasa Indonesia Atau Inggris?

Posted By : Posted on - 10:11:00 AM with 1 comment

Bahasa indonesia vs Inggris - Blogging merupakan hal atau aktifitas yang sangat menyenangkan karena selain menyenangkan hal itu bisa juga untuk menghasilkan uang. Untuk menghasilkan uang banyak dari bog atau website tentu saja anda membutuhkan banyak pengunjung, sedang banyaknya pengunjung tergantung bagaimana anda mengelola blog atau web anda dengan baik dan penerapan SEO pada blog atau web anda. Nah kali ini kita akan membahas blogging menggunakan bahasa Indonesia atau Bahasa Internasional yaitu Inggris, mana yang lebih baik?

Banyak pendapat yang berbeda tentang versi ini tentang penggunaan bahasa Indonesia dan Inggris di blog atau web mereka. Dan saya hanya share sesuai dengan pendapat dan pengalaman saya sendiri tentang hal ini, karena saya juga mengelola beberapa blog dari blogger dan wordpress yang berbahasa Indonesia dan inggris untuk blog dan web saya. Dan menilik dari pengalaman saya tersebut berikut pembahasan mengenai penggunaan bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di blog atau web:

Pakai Bahasa Indonesia Atau Inggris?

Penggunaan blog berbahasa indonesia seperti kita ketahui akan menghasilkan pengunjung atau user juga dari orang-orang yang memiliki kemampuan berbahasa Indonesia, kalaupun ada pengunjung dari luar hal itu bisa juga menggunakan translate bahasa atau mungkin juga pengunjung nyasar. Beberapa visitor lebih mungkin datang mengunjungi blog atau web anda jika mereka memiliki kemampuan atau mengetahui bahasa Indonesia ataupun memiliki kesamaan Bahasa yang hampir mirip sebagai contoh saja bahasa melayu seperti Malaysia, Singapura, Brunei dll.

Tingkat keyword masih memungkinkan untuk melakukan upaya SEO karena persaingan untuk keyword berbahasa Indonesia umumnya lebih longgar daripada Keyword untuk berbahasa Internasional sepereti bahasa Inggris. Namun untuk menghasilkan uang blog berbahasa Indonesia masih kalah jauh dengan blog berbahasa Indonesia karena umumnya Advertiser (pemasang iklan) Indonesia lebih murah, berbeda dengan advertiser luar yang berani membayar mahal iklan atau promosi mereka.

Penggunaan bahasa Inggris diblog sebenarnya sangat baik untuk berbisnis online atau menghasilkan uang dari blog atau web sangat baik karena seperti yang saya sebutkan daiatas bahwa para advertiser dari luar berani membayar mahal atas promosi yang mereka lakukan, namun sulitnya adalah mendapatkan pengunjung karena keyword untuk bahasa Inggris memiliki persaingan sangat sengit karena maklum saja ratusan ribu bahkan jutaan web atau blog berbahasa Inggris diluar sana.

Pakai Bahasa Indonesia Atau Inggris?
Perbedaan bahasa konten bukan hanya berpengaruh pada jangkauan audience, tetapi juga akan menyisakan perbedaan pada sisi yang lain, dua diantaranya yaitu:

Tingkat Persaingan
Jika Anda ngeblog menggunakan bahasa Indonesia dimana visitor blog hanya datang dari beberapa negara sebagaimana dijelaskan diatas, maka tingkat persaingan untuk menduduki peringkat terbaik di hasil pencarian mesin pencari relatif mudah. Wacana ini dikarenakan tingkat persaingan relatif longgar. Berbeda dengan konten blog berbahasa Inggris yang notabene merupakan bahasa dunia, maka tingkat persaingan yang akan Anda hadapi menjadi lebih sulit. Terlepas dari faktor persaingan keyword, jika Anda hanya membutuhkan 3-4 bulan untuk mengoptimasi blog berbahasa Indonesia, maka tidak menutup kemungkinan Anda membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk proses optimasi blog berbahasa Inggris.

Monetisasi Blog
Apabila tujuan Anda blogging untuk mencari penghasilan online, maka terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara blog bahasa Indonesia dengan blog bahasa Inggris sebagai media penghasil uang secara online. Blog berbahasa Inggris lebih mudah di monetisasi. Blog berbahasa Inggris punya jangkauan pengunjung dari berbagai negara sehingga hal ini membuka lebih banyak ruang bagi blog tersebut untuk di monetisasi. Selain lebih mudah dimonetisasi, bagi Anda yang bermain di Pay Per Click (PPC), harga klik iklan blog bahasa Inggris juga jauh lebih mahal dibandingkan blog yang menggunakan bahasa Indonesia. Bahakan dari pengalaman saya sendiri saya pernah mendapatkan klik seharga 500 ribu jika dikurs rupiah untuk blog berbahasa Inggris, dan untuk blog berbahasa Indonesia saya pernah mendapatkan per klik harga paling tinggi yang pernah saya dapat 50 ribu rupiah.

Nah dilihat dari pengalaman saya diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa inggris akan sangat baik untuk monetize blog anda, namun anda harus pandai dalam membuat konten berbahasa Inggris yang baik dan benar sesuai Grammar, memilih keyword, penerapan SEO, peningkatan jumlah pengunjung untuk menghasilkan uang dari blog anda tidak peduli cara apapun untuk menghasilkan uang dari blog atau web anda, semakin besar jumlah pengunjung semakin besar peluang anda menghasilkan uang.

Namun anda juga tidak boleh menyepelekan blog berbahasa indonesia, banyak juga blog atau web yang sukses mendapatkan jutaan, puluhan juta bahkan ratusan juta tiap bulan dari blog berbahasa Indonesia. Yang terpenting anda mampu mengelola blog anda dengan lebih baik, hindari plagiat, copy paste, mencuri artikel sehingga kualitas artikel baik. Ditambah anda rajin update konten artikel maka tidak mustahil anda juga bisa sukses menghasilkan uang dari blog berbahasa Indonsesia.

1 comment:

  1. trimakasih gan informasinya, di harapkan kunjungan baliknya gan

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara