sponsored ads

Tips Merawat & Menjaga Kesehatan Mata Anda

Posted By : Posted on - 8:24:00 AM with 1 comment

Mata merupakan salah satu organ pada tubuh yang vital. Mata yang sehat akan mendukung segala aktifitas kita sehari-hari dengan lebih baik. Namun terkadang banyak orang yang mengabaikan kesehatan mata mereka, sehingga banyak dari mereka yang mengalami masalah kesehatan mata seperti mata kabur, penyakit mata hingga kasus yang lebih berat yaitu kebutaan. Kali ini kita akan membahas sedikit cara bagaimana cara merawat kesehatan mata, sehingga mata kita tetap sehat sampai kita tua nanti, berikut adalah beberapa cara alami merawat kesehatan mata:

Merawat & Menjaga Kesehatan Mata Anda

Merawat & Menjaga Kesehatan Mata Anda

Pola makan yang sehat dan seimbang
Apa yang kita makan berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh kita secara umum, hal itu juga berlaku untuk kesehatan mata kita. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat akan memberikan nutrisi yang tepat untuk kesehatan mata kita. Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, zinc, dan vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah kesehatan mata yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula dan katarak, dan banyak penelitian yang membuktikan hal ini. Beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk menutrisi mata adalah sebagai berikut:

  • Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi dan sayuran berdaun hijau lainnya yang mengandung zinc
  • Salmon, tuna, dan ikan berminyak lainnya karena mengandung asam lemak omega 3
  • Telur, kacang-kacangan, dan sumber protein non-daging lainnya
  • Jeruk dan buah lain yang banyak mengandung Vitamin C

Makan sehat dan seimbang juga membantu Anda menjaga berat badan yang sehat, yang membuat Anda kurang kemungkinan untuk mendapatkan penyakit terkait obesitas seperti diabetes tipe 2. Diabetes adalah penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

Berhenti Merokok
Banyak penelitian membuktikan bahwa merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan pada mata seperti katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Jadi hentikan kebiasaan anda merokok mulai dari sekarang untuk mendapatkan kesehatan mata dan tubuh secara umum.

Kaca mata pelindung
Kacamata akan membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet matahari (UV) yang memiliki efek buruk terhadap kesehatan mata anda. Penelitian menyatakan bahwa terlalu banyak paparan UV membuat Anda lebih mungkin untuk mendapatkan katarak dan degenerasi makula. Pilih kacamata yang membantu mengurangi ketajaman sinar 99% sampai 100% UVA dan UVB. Lensa sampul membantu melindungi mata Anda dari samping.

Lensa terpolarisasi mengurangi silau saat berkendara. Pastikan anda memakai kacamata pelindung terhadap sinar atau cahaya tajam saat anda bekerja atau beraktifitas seperti cahaya las, terik matahari, atau cahaya yang tajam lainnya. Jika Anda bekerja dengan bahan-bahan berbahaya atau udara pada pekerjaan atau di rumah, memakai kacamata keselamatan atau kacamata pelindung setiap kali.

Jarak aman monitor tv /Layar Komputer
Jika anda memiliki aktifitas atau ekerjaan yang berhubungan dengan komputer maka selalu pastikan jarak aman dari monitor komputer. Menatap layar komputer atau TV terlalu lama bisa menyebabkan:

  • Ketegangan pada Mata
  • Pandangan kabur
  • Kesulitan fokus pada jarak
  • Mata kering
  • Sakit kepala
  • Leher, punggung, dan nyeri bahu

Beberapa cara menjaga dan melindungi mata Anda dari pengaruh layar komputer

  • Pastikan memakai kacamata atau lensa kontak yang menyerap cahaya atau melindungi mata anda dari layar komputer.
  • Kacamata untuk membantu dengan kontras, silau, dan ketegangan mata saat menggunakan komputer.
  • Posisi komputer Anda sehingga mata Anda sejajar dengan bagian atas monitor. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat sedikit turun di layar.
  • Cobalah untuk menghindari silau pada komputer Anda dari jendela atau cahaya lampu. Gunakan layar anti-silau jika diperlukan.
  • Gunakan tempat duduk atau kursi yang nyaman sehingga posisi kaki Anda rata di lantai.
  • Jika mata Anda kering, berkedip lebih.
  • Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat suasana ruangan selama 20 detik. Setidaknya setiap 2 jam, bangun dan 15 menit istirahat.

Cek Dokter Mata teratur
Semua orang mulai dari anak-anak, remaja dan orang dewasa harus mendapatkan pemeriksaan mata secara teratur untuk memastikan kesehatan mata mereka tetap terjaga. Ini membantu Anda merawat mata anda dengan lebih baik dan mendapatkan perawatan mata yang cepat dan tepat jika ditemukan masalah kesehatan pada mata anda. Pemeriksaan mata juga bisa menemukan beberapa penyakit mata, seperti glaukoma, yang tidak memiliki gejala. Sangat penting untuk menemukan penyakit ini sejak awal, karena pada gejala awal akan lebih mudah untuk diobati.

Baca juga:
Cara mengatasi mata merah berair
Cara mengatasi mata panda
Tips mengatasi mata lelah
Tips mengatasi mata bintitan
 

1 comment:

  1. makasih tips nya, saat ini mata saya sedang alergen :D gatal tapi ga merah -_-

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara