Tips Menulis & Membuat Buku Resensi

Tips menulis buku resensi - Seperti dikutip dari situs Wikipedia resensi berasal dari bahasa Belanda resentie dan bahasa Latin recensio, recensere atau juga revidere yang artinya mengulas kembali. Resensi adalah suatu penilaian atau mengulas sebuah karya. Karya yang dinilai atau diulas dapat berupa buku dan karya seni film dan drama. Menulis resensi terdiri dari kelebihan, kekurangan dan informasi yang diperoleh dari buku dan disampaikan kepada masyarakat.

Jadi untuk menulis buku resensi yang baik akan memberikan informasi yang jelas, padat dan bermanfaat bagi orang yang mungkin akan membaca atau membeli buku yang bersangkutan. Jika dilihat dari manfaatnya berikut adalah beberapa manfaat resensi buku:

Manfaat Resensi

Sebagai bahan pertimbangan
Resensi memberikan gambaran dan informasi tentang suatu karya yang diulas atau dinilai. Dengan memberikan ulasan atau penilaian tentang suatu karya maka bisa dijadikan perbandingan dan memberikan pengaruh penilaian kepada para pembaca tentang suatu karya dan mempengaruhi mereka atas karya tersebut.

Nilai ekonomis
Memiliki bakat dan kemampuan dalam menulis resensi bisa saja menghasilkan uang, baik dari penerbitan buku atau loyalti dari media yang membeli lisensi buku resensi anda. Mendapatkan uang atau imbalan serta buku-buku yang diresensikan secara gratis dari penerbit buku apabila resensinya dimuat di koran atau majalah.

Sarana promosi buku
Buku yang diresensikan adalah buku baru yang belum pernah diresensi. Dengan demikian, resensi merupakan media untuk mempromosikan buku baru tersebut.

Mengembangkan bakat & Kreativitas
Semakin sering menulis, maka semakin terasah kebiasaan menulis untuk setiap individu. Dengan rajin dan mengasah kemampuan anda menulis maka akan meningkatkan bakat dan keterampilan anda dalam menulis buku. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kreativitas menulis.

Untuk menulis sebuah resensi yang baik, tentunya tidaklah asal-asalan. Beberapa langkah berikut dapat anda lakukan saat menulis sebuah resensi buku. Mari kita simak.

Tips Menulis & Membuat Buku Resensi

Bacalah Buku Secara Keseluruhan
Resensi yang objektif dibuat pertama kali dengan terlebih dahulu membaca seluruh isi buku. Jangan sekali-kali menulis sebuah resensi ketika sedang membaca dan anda belum menyelesaikannya hingga halaman yang terakhir. Sebuah buku itu memuat banyak hal. Ibarat seekor gajah, anda harus mengenalinya mulai dari kepala, telinga, badan, kaki, hingga ekornya. Selesaikan membaca buku tersebut agar anda dapat membuat resensi yang adil dan komprehensif.

Buat Catatan
Pada saat membaca, anda dapat membuat catatan-catatan singkat tentang bagian-bagian tertentu yang menarik untuk diulas dalam resensi anda nantinya. Sertakan pula nomor halaman, di mana bagian menarik itu anda temukan. Catat bagaimana pemikiran anda terhadap bagian-bagian itu. Atau, jika anda menulis resensi buku fiksi seperti novel, anda dapat mencatat bagaimana perasaan anda tentang bagian itu.

Tentukan Genre
Setiap buku memiliki genrenya masing-masing. Tentukan genre buku tersebut dari kesimpulan anda setelah membacanya. Berikan tanggapan terhadap isi buku terkait genre ini. Kemudian catat pula perwajahan (sampul buku), jumlah halaman, jenis kertas, tahun terbit, nama penerbit, dan identitas lainnya.

Perhatikan Gaya Penulisan
Setiap penulis mempunyai gaya kepenulisan yang berbeda. Buku itu seperti sebuah lagu, kita bisa mencermati dan merasakan bahwa suara-suara penyanyi yang mendendangkan lagu itu memiliki ciri khas tersendiri, demikian juga dengan sebuah buku.

Temukan Bagian-Bagian Terbaik
Sebuah resensi seharusnya memuat nilai-nilai plus yang ada dalam sebuah buku (tentunya juga nilai minusnya). Karena itu, cermati bagian-bagian yang pembahasannya begitu mendalam dan mencerahkan pembaca. Berikan ulasan dan pujian mengapa menurut anda demikian. Lalu temukan pula bagian-bagian minusnya untuk memberikan kritikan atau saran kepada penulis. Ini sangat penting untuk menunjukkan bahwa anda menulis sebuah resensi yang fair.

Mulailah Menulis
Setelah semua bahan dan informasi mengenai buku yang anda akan tulis resensinya itu cukup lengkap, mulailah menuliskannya. Tulislah terlebih dahulu pokok-pokok pikiran anda. Untuk memudahkan langkah ini anda dapat memilah-milah informasi tentang buku yang telah terkumpul itu ke dalam beberapa kategori. Selanjutnya kembangkan pokok-pokok pikiran itu untuk menjadi sebuah resensi buku.

Judul yang Menarik
Buatlah judul yang dapat menjerat perhatian pembaca. Jika buku itu telah dibuat resensinya oleh orang lain (banyak orang), anda dapat mempertimbangkan judul yang berbeda dan benar-benar unik. Selain judul yang menarik, buatlah pula kalimat pertama yang bagus. Tidak bertele-tele dan langsung ke bagian yang menjadi sentral resensi anda. Sertakan identitas buku di bawah judul. Jika perlu tambahkan foto kecil sampul buku tersebut agar pembaca memudahkan mengenali buku yang anda tulis resensinya itu.

Baca Ulang Resensi
Setelah selesai menulis, tinggalkan tulisan resensi ini selama beberapa hari, lalu baca ulang. Ini penting untuk melihat bagaimana tulisan resensi yang telah anda buat dalam suasana yang berbeda. Biasanya, dengan mudah anda akan menemukan bagian-bagian yang mungkin perlu mendapat polesan atau perbaikan. Jika dirasa perlu, mintalah orang lain untuk membaca resensi itu, untuk mendapatkan masukan dan diskusi.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara