Tips Mengatasi Suasana Hati yang Buruk (Bad Mood)

Posted By : Posted on - 9:33:00 AM with No comments

Bad mood atau suasana hati yang buruk merupakan hal yang sering kita temui dalam kehidupan kita sehari hari. Bad mood biasanya ditandai seperti rasa emosi, rasa ingin marah marah, tidak ingin berbaur dengan teman-teman, pengen menyendiri dan rasa hati tidak enak lainnya. Pemicu utama bad mood adalah kondisi pikiran yang tertekan atau stres. Bad mood merupakan kondisi awal dari stres dan jika anda diamkan dan tidak anda atasi maka akan menjadi stres dan pada level tinggi bisa menyebabkan depresi.

Seperti anda ketahui bahwa stres bisa memicu berbagai macam masalah kesehatan mulai yang ringan sampai penyakit berbahaya atau kronis, jadi sangat penting untuk mengatasi atau meminimalkan tingkat stres pada level seminimal mungkin untuk mencegah masalah kesehatan karena faktor stres. Seperti yang kita bahas tadi bad mood merupakan indikasi awal anda berada dalam kondisi stres, nah untuk mengatasinya kali ini saya akan sedikit share tentang cara mengatasi bad mood dalam sekejap, berikut tips mengatasi bad mood anda seperti dikutip dari Lifehacker:

Mengatasi Suasana Hati yang Buruk (Bad Mood)

Mengatasi Suasana Hati yang Buruk (Bad Mood)

Makan & Berolahraga fisik
Rasa lapar menurut beberapa penelitian bisa mengubah mood anda, nah saat anda mulai merasakan suasana hati yang buruk coba konsumsilah makanan yang anda sukai. Alternatif lain adalah dengan bergerak atau olahraga secara teratur, bahkan menurut penelitian saat anda merasa suasana hati anda sedang buruk dengan olahraga sebentar hal itu dapat mengurangi bad mood, karena saat berolahraga aliran darah anda menjadi lancar, selain itu dengan berolahraga menurut beberapa penelitian menyebut, saat anda berolahraga otak akan menghasilkan atau lebih banyak memproduksi zat endhorpin. Zat kimia otak endhorpin adalah senyawa kimia dalam otak yang menghasilkan perasaan nyaman, bahagia, senang dan perasaan menyenangkan lainnya. Bahkan berjalan kaki selama 15 di luar ruangan terbukti bisa mengatasi bad mood anda.

Lakukan sesuatu yang kreatif
Mungkin anda berpikir bahwa dalam kondisi bad mood atau suasana hati yang buruk, melakukan pekerjaan atau sesuatu hanya akan menambah suasana menjadi buruk dan hasilnya tidak akan memuaskan. namun ternyata hal itu salah dan beberapa penelitian telah membuktikannya. Para peneliti telah menemukan bahwa ketika anda melakukan kegiatan atau suatu aktifitas yang kreatif hal itu bisa membuat emosi lebih positif. Jadi tidak hanya menyingkirkan suasana hati yang buruk, tetapi aktifitas yang kreatif tentu saja membantu pekerjaan Anda akan lebih baik juga!

Tersenyum
Anda mungkin pernah mendengar ini sebelumnya, bahwa senyuman selama 5 detik dapat membantu anda mengatasi stres dan bad mood, dan hal itu memang benar adanya. Penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan tersenyum hal itu akan membuat Anda merasa lebih baik dan akan membantu suasana hati anda menjadi lebih positif. cobalah untuk tersenyum disaat anda mengalami bad mood atau suasana hati yang tidak baik.

Membantu Orang Lain
Melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain bisa membuat dan memantu Anda merasa lebih baik, bahkan jika Anda berada dalam suasana hati yang buruk. Jadi jika anda sudah mencoba untuk membuat diri Anda bahagia dan hal itu tidak bekerja, cobalah membuat orang lain bahagia. Menurut beberapa penelitian ketika seseorang bisa membantu orang lain hal itu akan menjadi kepuasaan tersendiri dan membantu mereka menyingkirkan suasan hati yang buruk dan hal itu efektif bekerja.

Mendengarkan Musik
Musik adalah sesuatu hal yang ajaib. Salah satu studi menemukan bahwa 10 menit mendengarkan musik klasik membantu meminimalkan suasana hati negatif atau buruk. Sesuaikan musik dengan selera atau kesukaan anda. Mungkin itu musik semangat, atau mungkin itu adalah sesuatu energik untuk membantu memompa darah dan membuat semangat Anda kembali bangkit.

Memotivasi diri
Saat anda berada dalam mood yang buruk coba pejamkan mata anda dan katakan dalam hati anda tentang sesuatu yang memotivasi anda. Sebagai contoh "saya semangat dan saya bisa" , atau "Saya termotivasi untuk melakukan hal dengan lebih baik." Memotivasi diri terbukti ampuh meningkatkan semangat anda.

Tarik napas ... dan hembuskan perlahan
Hal ini mungkin terdengar klise, tetapi mengambil napas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan benar-benar dapat membantu Anda menenangkan diri. Jadi, bahkan jika tampaknya konyol, menemukan ruang yang tenang, bernapas, dan membersihkan pikiran Anda selama dua menit. Anda akan terkejut betapa jauh lebih baik Anda merasa sesudahnya.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara