sponsored ads

Tips Mengatasi & Mengobati Terkilir (Keseleo)

Posted By : Posted on - 2:08:00 PM with No comments

Tips mengatasi keseleo - Bagi yang selalu aktif bergerak, pekerja keras, atau sering berolahraga pasti tak asing dengan yang namanya terkilir (keseleo). Lalu apa sih sebenarnya terkilir atau keseleo itu? Dalam dunia medis sering disebut dengan Sprain. Sparain, keseleo, terkilir, kecetit atau apalah anda sering menyebutnya merupakan cedera ligamen pada persendian. Nah ligamen ini adalah jaringat serat yang menghubungkan antar tulang pada sendi,

Terkilir atau keseleo adalah keadaan dimana terjadi pergerakan yang tiba tiba bisa karena terjatuh, terpelintir , atau menahan berat yang diluar kemampuan sehingga menyebabkan cedera pada ligamen persendian, cedera ini bisa berupa robek pada ligamen atau teregang terlalu jauh yang menyebabkan rasa sakit dan umumnya disertai dengan pembengkakan.

Umumnya sesorang yang keseleo atau terkilir akan melakukan pemijatan atau urut untuk menyembuhkannya. Namun dalam dunia medis atau kedokteran hal ini dilarang sebab, pemijatan  yang tidak tepat justru bisa memperparah cedera pada ligamen persendian. Yah entahlah namun saya sendiri jika keseleo pasti ke tukang pijat dan menggunakan tips yang akan saya share dibawah dan selama ini dapat teratasi dengan baik, saran saya pastikan tukang pijat memiliki kemampuan dalam memijat urat atau otot, dan yang terpenting adalah jika anda keseleo pada bagian yang yang memang tidak berbahaya seperti tangan atau kaki.

Mengatasi & Mengobati Terkilir (Keseleo)

Untuk cedera parah seperti pada leher, tulang belakang, pinggang maka segera hubungi dokter terkait bisa saja tidak hanya keseleo yang anda alami bisa saja patah tulang atau sprain kasus berat. Dengan mengunjungi dokter maka anda akan diperiksa menggunakan sinar X untuk melihat seberapa parah keseleo anda atau pemeriksaan lain terkait seperti fraktur atau patah tulang. Nah berikut adalah beberapa tips mengatasi keseleo atau terkilir ringan:

 Mengatasi & Mengobati Terkilir (Keseleo)

Beristirahat
ya keseleo dapat dikurangi rasa sakitnya dengan banyak beristirahat, jangan banyak bergerak atau memaksa tangan atau kaki yang keseleo untuk bergerak atau berjalan, hal ini bisa memperparah cedera.

Kompres Dengan Es
Kompres dengan es bisa berguna untuk mengempiskan pembengkakan, caranya es tempatkan dalam baskom dan biarkan mencair gunakan lap dingin masukkan dalam air es dan kompres bagian yang sakit, atau anda bisa membungkus es dengan kain bersih lalu gunakan untuk kompres. jangan mengkompres bagian yang sakit langsung dengan es. Lakukan ini selama 2-3 hari sampai bengkak mengempis, dengan frekuensi 10-20 menit dan juga tidak terlalu lama di kompres, cukup untuk ambang perlawanan kami terhadap es mencair, jangan dipaksa untuk berlama-lama, saat sebelum saat 10 menit suhu di tangan kita adalah normal dan rasa sakit mulai merasa tidak boleh dilakukan mengompresi lagi.

Balut Bagian Yang Keseleo (compression)
Gunakan pelindung atau pembungkus dengan perban elastis pada sendi yang sakit, hal ini berguna untuk meminimalisir rasa sakit dan mencegah peradangan yang lebih parah. Balut jangan terlalu kuat agar tidak mengganggu aliran darah.

Posisi jantung di bawah (Elevation)
Agar tidak keseleo terlalu parah, bagian terkilir diposisikan di atas jantung, hal ini bertujuan untuk meminimalkan denyut pembuluh darah saat jantung memompa sehingga meminimalisir pembengkakan pada area persendian yang sakit. Sebagai contoh jika anda berbaring maka ganjal kaki anda yang sakit agar lebih tinggi dari posisi jantung.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara