Tips Mengatasi Gejala Flu, Demam, Batuk & Pilek

Cuaca yang tidak menentu serta perubahan cuaca ekstrim sering menyebabkan penyakit yang biasa terjadi saat pancaroba atau pergantian musim seperti demam, batuk, pilek dan flu. Walaupun hal tersebut tidak berbahaya jika bukan disebabkan oleh penyakit lain tetap saja yang namanya sakit pasti tidak mengenakkan, aktifitas menjadi terganggu dan hasilnya pekerjaan maupun kegiataan anda menjadi kacau. Selain karena faktor pergantian musim penyakit seperti demam, batuk, pilek dan flu bisa disebabkan oleh faktor lain dan umumnya berhubungan dengan daya tahan tubuh yang tidak fit atau menurun seperti:

  • Kurangnya aktifitas fisik atau olahraga secara teratur
  • Kecapekan, keletihan atau tubuh yang lemah
  • Terlalu banyak begadang
  • Kurang istirahat atau kurang mendapatkan kualitas tidur yang baik
  • Pola makanan yang tidak sehat dan seimbang

Gejala-gejala badan meriang, tenggorokan gatal dan hidung mulai tersumbat merupakan gejala awal anda menderita flu seperti demam, batuk, pilek dan masuk angin.. faktor flu ini memang paling umum disebabkan karena cuaca dan biasanya ternjadi karena peralihan musim dari musim panas ke musim hujan atau pun sebaliknya. Nah jika anda menderita gejala awal penyakit flu segera obati dan gejala tersebut akan hilang tanpa mengganggu aktifitas atau kegiatan anda:

mengatasi gejala flu

Mengatasi Gejala Flu, Demam, Batuk & Pilek

Konsumsi zinc
Saat anda menderita gejala-gejala awal flu dan anda ingin mengatasinya dengan segera maka konsumsilah zinc. Zinc, atau seng, termasuk mineral penting yang dibutuhkan agar fungsi tubuh berjalan sempurna meningktakan metabolisme tubuh. Zinc merupakan mineral penting yang juga membantu meningkatkan sistem kekebalan, sehingga saat kekebalan tubuh anda meningkat maka tubuh anda akan memiliki cukup kekuatan untuk menangkal bibit penyakit, virus atau kuman yang menginfeksi flu dan membuat penyakit flu anda seperti demam, batuk, pilek dan masuk anganin anda menjadi parah.

Para peneliti telah menguji beberapa sampel obat batuk yang mengandung zinc dalam mengatasi penyakit batuk yang disebabkan oleh virus dan hal itu efektif, obat batuk yang mengandung zinc atau seng bisa membantu menghentikan replikasi virus hingga separuhnya. Karena tubuh kita tidak dapat memproduksi mineral ini secara alami, kita perlu mengonsumsi banyak makanan yang mengandung zinc, dan mineral zinc ini banyak ditemukan pada jenis produk olahan dari laut seperti tiram, kepiting, tenderloin, udang (dikukus atau direbus) dan bisa juga dari jamur, atau bayam.

Studi menunjukkan bahwa seng hanya bekerja bila dikonsumsi secepatnya begitu gejala flu muncul. Jadi, begitu anda mengalami gejala gejala flu awal dan ingin segera teratasi sebelum menjadi parah maka segera konsumsi makanan-makanan tersebut.

Beristirahat
Beristirahat akan mengembalikan tenaga dan memulihkan kondisi tubuh yang lemah dan membantu proses penyembuhan dengan cepat. Jadi sekarang anda menjadi tahu kenapa kebanyakan obat flu akan menimbulkan rasa kantuk begitu dikonsumsi, ya karena pemulihan dan proses penyembuhan yang terdapat pada obat akan efektif saat anda beristirahat. Ketika Anda merasakan tanda-tanda flu bakal menyerang, maka segeralah beristirahat dan kurangi aktifitas untuk sementara waktu agar proses pemulihan berjalan efektif.

Perbanyak cairan tubuh
Tubuh yang kekurangan cairan dan dibarengi dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun akan sangat mudah sekali tertular penyakit, jadi pastikan penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik yaitu perbanyak minum air putih, hal itu akan sangat berguna untuk membantu mengatasi infeksi atau peradangan di salruna pernafasan yang bisa menyebabkan penyakit flu seperti demam, batuk, pilek dan masuk angin. Dan untuk membuat efek relaksan atau menyamankan area yang sakit anda juga bisa minum teh hangat atau panas, tanpa gula. Pilih jenis teh yang baik untuk mengatasi dan melawan batuk, seperti teh jahe atau teh hijau.
   
Berkumur dengan air garam
Cara ini tidak hanya mampu meringankan gejala flu, tetapi juga membantu mencegahnya. "Larutan garam bisa menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan, sehingga membuatnya tidak begitu sakit," papar Dr Philip T. Hagen, pemimpin redaksi Mayo Clinic Book of Home Remedies, seperti dikutip harian The New York Times. Berkumur juga akan mengencerkan lendir yang kental, yang bisa menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri, dan jamur, dari tenggorokan. tau anda juga bisa menggunakan cara lain terkait dengan air garam yaitu dengan terapi merendam kaki dengan air hangat dan garam. Cara ini banyak di gunakan orang dan memang terbukti ampuh untuk mengurangi bahkan menyembuhkan meriang, demam dan flu.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara