Tips Mengatasi Bad Mood Dengan Makanan

Seperti dikutip dari Everydayhealth menyebut bahwa rasa lapar dan makanan berpengaruh besar terhadap suasana hati. "Melewatkan makan sehat dan seimbang dan mengonsumsi makanan ringan cepat saji dapat menyebabkan kemerosotan suasana hati karena otak Anda membutuhkan sumber 'bahan bakar', secara berkelanjutan" kata Kari Kooi, MS, RD, LD, ahli diet spesialis klinis di Rumah Sakit Methodist di Houston. Ya memuaskan rasa lapar dengan makanan yang sehat dan seimbang dapat juga membantu anda mengatasi bad mood atau suasana hati buruk.

Namun untuk makanan junk foods, siap saji, berpengawet justru akan memperburuk suasana hati. Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Psychiatry menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi makanan junk foods (seperti makanan olahan, keripik, pizza, dan bir) benar-benar memiliki risiko lebih tinggi untuk suasana hati yang rendah dan depresi daripada mereka yang mengikuti diet sehat. "Kualitas makanan yang Anda konsumsi jelas membuat semua perbedaan," kata Kooi.

Mengatasi Bad Mood Dengan Makanan

Mengatasi Bad Mood Dengan Makanan

Setelah kemarin saya posting tentang bagaimana cara mengatasi bad mood, nah kali ini saya akan share mengenai beberapa jenis makanan yang membantu mengatasi bad mood atau suasana hati yang buruk. Berikut adalah tips mengatasi bad mood dengan makanan sehat seperti dikutip EverydayHealth:

Makanan berkarbohidrat
Salah satu pemicu suasana hati yang buruk adalah rasa lapar, ketika anda merasa lapar kadar gula darah Anda turun, bagian otak yang mengendalikan suasana hati mungkin akan terpengaruh, karena turunnya kadar gula dalam darah. "Studi menunjukkan bahwa karbohidrat padat dapat memecahkan masalah ini karena mereka meningkatkan serotonin kimia otak, yang merupakan pendorong mood," kata Kristin Kirkpatrick, RD, ahli gizi dan manajer kesehatan di Klinik Cleveland. Konsumsilah makanan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi seperti gandum atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah. Beras merah dan kacang membuat kombinasi serotonin-meningkat.

Makanan yang mengandung folat
Makanan yang mengandung vitamin B folat dapat membantu menangkal lesu dan depresi. "Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kadar folat pada orang yang mengalami stres atau depresi akan lebih rendah dibandingkan orang yang tidak depresi," jelas Kooi. Para peneliti percaya bahwa vitamin B membantu memecah asam amino homocysteine, yang terkait depresi, sumber yang sangat baik dari folat termasuk sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, buah jeruk, dan produk biji-bijian, bayam merupakan jenis makanan yang membantu meningkatkan kembali mood anda.

Daging kalkun
Daging kalkun memiliki efek stimulan sama halnya seperti kopi dan cokelat (penenang alami). Daging kalkun memiliki kadar tinggi tryptophan, asam amino yang memiliki efek positif pada stres karena membantu menghasilkan zat kimia otak. "Tryptophan penting untuk meningkatkan serotonin, norepinefrin, dan dopamin pada otak," kata Kirkpatrick. "Kimia otak ini, yang disebut neurotransmitter, dapat membantu Anda merasa tenang dan lebih waspada." Sumber lain dari triptofan termasuk ayam, telur, keju, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Yogurt
"Lekas marah dan kecemasan sering dapat dikaitkan dengan penurunan gula darah," jelas Kooi. "Dan cara terbaik untuk mencegah penurunan gula darah secara konsisten makan sesuatu setiap tiga sampai empat jam."
Yogurt merupakan makanan rendah lemak, Makanan ringan ini akan memberikan energi yang berkelanjutan dan mencegah perubahan suasana hati yang buruk," katanya.

Teh Hitam
Teh merupakan jenis maminuman yang baik untuk mengalahkan stres. "Dalam sebuah penelitian sesorang yang minum teh hitam selama enam minggu, para peneliti mampu menunjukkan penurunan yang signifikan dalam hormon stres kortisol," kata Kirkpatrick. Teh hitam juga terbukti meningkatkan memori dan bahkan dapat membantu menyingkirkan sakit kepala.

Coklat hitam
Untuk beberapa wanita, perubahan suasana hati dan mudah tersinggung datang sebulan sekali ketika mereka menjelang siklus masa menstruasi dan hal itu merupakan kewajaran. Sangat direkomendasikan mengonsumsi coklat akan lebih efektif coklat hitam, yang dapat membantu merangsang aktivitas saraf di daerah otak yang berhubungan dengan kesenangan dan kebahagiaan, menurut penelitian terbaru. "Studi juga menunjukkan bahwa makan 1,5 ons cokelat hitam setiap hari selama dua bulan dapat mengurangi hormon stres," kata Kirkpatrick. "Manfaat coklat gelap berasal dari antioksidan yang disebut flavonoid, tetapi Anda harus pastikan bahwa cokelat yang Anda konsumsi terdiri setidaknya 75 persen kakao."

Ikan laut
Ikan laut kaya akan asam lemak omega-3. "Lemak Omega-3 membuat membran sel lebih cair, meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak, sehingga suasana hati akan meningkat dan neurotransmitter seperti serotonin bisa bekerja llancar," jelasnya. Jika Anda mengalami bad mood, cobalah ikan berlemak seperti salmon, trout, sarden , herring, dan ikan asin.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara