sponsored ads

Tips Alami Merawat & Mengobati Diare

Posted By : Posted on - 2:18:00 PM with 1 comment

Diare atau diarrhea merupakan jenis penyakit yang menyebabkan tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Sehingga penderita diare setidaknya minimal akan buang air besar 3 kali dalam sehari bahkan bisa sampai puluhan kali dan tinja atau feses berupa cairan atau lembek. Di negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.

Penyebab diare bisa disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhi, dan yang paling umum adalah mikrograf elektron dari rotavirus, penyebab hampir 40% dari diare pada anak di bawah umur 5 tahun. Penyebab lain diare beberapa diantaranya adalah luka pada usus, penyakit, alergi (fructose, lactose), kelebihan vitamin C, dan mengonsumsi Buah-buahan tertentu. Biasanya disertai sakit perut dan seringkali mual dan muntah. Memakan makanan yang asam, pedas, atau bersantan sekaligus secara berlebihan dapat menyebabkan diare juga karena membuat usus kaget.

Tips alami mengatasi diare

Bila usus besar rusak / radang, penyerapan tidak terjadi dan hasilnya adalah kotoran yang berair. Diare kebanyakan juga bisa disebabkan oleh beberapa infeksi virus tetapi juga seringkali akibat dari racun bakteria. Dalam kondisi normal pasien yang sehat biasanya sembuh dari infeksi virus umum dalam beberapa hari dan paling lama satu minggu. Namun untuk individu yang sakit atau kurang gizi, diare dapat menyebabkan dehidrasi yang parah dan dapat mengancam-jiwa bila tanpa perawatan.

Diare dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius, seperti disentri, kolera atau botulisme, dan juga dapat menjadi indikasi sindrom kronis seperti penyakit Crohn. Meskipun penderita apendisitis umumnya tidak mengalami diare, diare menjadi gejala umum radang usus buntu. Nah berikut adalah beberapa cara mengatasi diare dan perawatannya:

  • Sangat penting untuk menjaga menggantikan pasokan tubuh Anda air dan elektrolit, yang meliputi natrium, kalium dan klorida. Mencampur minuman elektrolit yang sempurna dengan mengaduk setengah sendok teh garam dan empat sendok teh gula ke dalam satu liter air. Tambahkan sedikit jus jeruk, jus lemon atau pengganti garam kalium. Pada siang hari, minum dalam jumlah penuh.
  • Mulailah dengan hanya makan makanan yang halus, seperti kaldu ayam dan Jell. Kaldu adalah pilihan yang sangat baik, karena memasok tubuh Anda dengan air serta elektrolit dari garam.
  • Hindari jus buah. Sejumlah besar fruktosa dalam buah dapat sulit untuk dicerna.
  • Konsumsi pisang, nasi, cuka apel dan roti panggang. Pisang dan saus apel mengandung pektin, sejenis serat larut yang menyerap kelebihan cairan dalam usus Anda dan memperlambat berjalannya tinja. (Hindari jus apel, karena  dapat membuat diare lebih buruk.)
  • Wortel adalah sumber lain pektin. Masak beberapa wortel sampai mereka lembut, kemudian haluskan menggunakan blender dengan sedikit air. Makan seperempat hingga setengah gelas setiap jam.
  • Hindari makanan yang kaya serat, yang dapat sulit untuk dicerna seperti kacang, kol atau kubis Brussel.
  • Perbanyak makan yoghurt karena mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium. Ini membantu untuk mengembalikan tingkat sehat bakteri bermanfaat dalam usus Anda.
  • Minum teh hitam manis dengan gula. Air panas membantu dengan rehidrasi dan teh mengandung tanin zat yang membantu mengurangi peradangan usus.
  • Blackberry kaya akan tanin telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional. Membuat teh blackberry dengan merebus satu atau dua sendok makan blackberry atau daun blackberry kering dalam 1 1/2 gelas air selama 10 menit, lalu saring. Minum secangkir beberapa kali sehari. Teh raspberry juga dikatakan efektif.

Selain perawatan diatas anda bisa menggunakan bahan bahan alami tradisional untuk mengobati diare, dan beberapa diantaranya adalah:

Akar bunga teratai
Sediakan 50 gram rimpang atau akar teratai dan 10 gram jahe. Kemudian dicuci bersih lalu diparut dan diambil airnya. Minum ramuan tersebut tiga kali sehari setiap pagi, siang dan sore.

Beras ketan
Goreng beras ketan hingga hangus, caranya digoreng sangrai (beras ketan yang digoreng tanpa menggunakan minyak), tambahkan kunyit yang juga dibakar hingga hangus. Seduh beras ketan dan kunyit yang sudah dilumatkan dengan air hangat, konsumsi dengan takaran 3 kali dalam sehari.

Apel cuka
Pembuatan cuka apel sebagai bahan untuk meredakan penyakit diare dibuat dengan cara yang mudah yaitu dengan memberikan beberapa tetes cuka apel pada air putih.

Perlu diperhatikan jika perawatan atau pengobatan diatas tidak segera membuahkan hasil dalam 3 hari, segera konsultasikan dengan dokter terkait karena bisa saja anda menderita diare kronis yang disebabkan oleh faktor lain dan anda segera mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara