sponsored ads

Cara Mengatasi Virus Shortcut (Ramnit) Di Komputer & Flashdisk

Posted By : Posted on - 5:36:00 PM with 1 comment

Virus shortcut atau virus (win32/ramnit) ini adalah salah satu virus yang sangat mengganggu dan berbahaya karena dapat mengkloning, menduplikat dan memperbanyak dirinya dalam sekejap hanya dalam beberapa jam saja, bahkan dalam sehari virus ini bisa mengkloning menjadi ribuan dan akibatnya komputer biasanya akan lemot dan terasa berat. 

Jika dibiarkan umumnya akan mengakibatkan hard drive pada komputer akan rusak karena performa memori pada hardrive tidak lagi kuat menampung besarnya performa kapasitas pembacaan data. 

Dan yang paling menjengkelkan adalah virus ini umumnya terbaca hanya 4-5 shortcut saja yang terlihat padahal jika ditelusuri lebih lanjut jumlahnya bisa lebih banyak bahkan sampai ratusan atau ribuan namun tersembunyi. 

Virus ini mulai ditemukan dan paling banyak menginfeksi pada awal tahun 2011 . Virus shortcut ini jelas merugikan karena mampu mengkloning atau menduplikat folder maupun data serta menyembunyikan data" penting kita dengan membuat shortcut .

Virus Shortcut ini biasanya menyerang komputer dengan sistem windows XP, maupun windows 7 walaupun tidak menutup kemungkinan bisa menginfeksi pada windows 8 dan diatasnya lebih sering menginfeksi pada hardrive maupun flask disk atau eksternal data. 

Virus Shorcut adalah salah satu virus paling sukses karna mampu menginfeksi jutaan komputer mulai tahun 2011 sampai dengan sekarang, karna virus ini mampu menginfeksi file berformat DLL dan EXE yang merupakan program atau berupa file system pada windows. 

Untuk itu pastikan anda menggunakan antivirus terbaik untuk menangkal berbagai macam virus atau program yang merugikan pada komputer anda, silahkan baca bebrabgai program dan virus yang dapat menginfeksi komputer anda, dan baca juga berbagai antivirus terbaik yang bisa anda unduh secara gratis maupun berbayar.

Berikut cara mengatasi atau menghapus virus shortcut atau virus ramnit baik pada sistem komputer anda maupun pada flashdisk.
  • Buka Run dengan klik star>allprogram>accessoris>pilih RUN atau anda juga bisa juga menggunakan kombinasi keyboard WINDOWS + R dan akan mucul fitur seperti gambar di bawah ini.

    Virus Ramnit
  • Ketikkan cmd lalu enter ok, lalu akan keluar command prompt seperti gambar dibawah ini:

    Virus ramnit
  • Selanjutnya anda harus Masuk pada drive Flashdisk atau komputer yang terinfeksi virus shortcut misalnya kita terinfeksi pada drive E dengan cara ketik E, Pilih secara manual Di mana Virus shortcut itu berada (contoh virus berada di Data(F) , Tulis " F: " ) lalu enter seperti gambar dibawah ini:

    Virus Ramnit
  • Lalu Ketikan setelah F: " attrib -s -r -h /s /d " (tanpa tada kutip) lalu tekan enter. ( S=show r=Read h=Hidden )  Lihat seperti gambar dibawah ini:

    Cara Mengatasi Virus Shortcut (Ramnit) Di Komputer & Flashdisk 4
  • Setelah itu akan ada proses sebentar , dan virus shortcut tersebut akan berubah menjadi Folder dan data asli yang kalian simpan , namun virus berupa shortcut masih tertinggal di dalam folder tersebut , hapus shortcut tersebut secara keseluruhan bisa secara manual atau melalui command prompt. Namun dengan cara menghapus virus shortcut secara manual maka file yang terhidden oleh virus Shortcut akan muncul kembali dan dengan cara tersebut maka anda bisa mendelete folder Shortcut melalui Command Prompt.
  • Selesai komputer atau flashdisk anda kembali normal dan virus shorct cut telah terhapus.
Nah itulah beberapa tutorial untuk menghapus virus shortcut atau ramnit di komputer anda, untuk mencegah virus menginfeksi perangkat komputer maupun laptop anda silahkan kunjungi artikel kami yang lain tentang mencegah virus memasuki komputer.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara