Cara Mengatasi Rasa Cemas, Was Was & Pikiran Negatif

Posted By : Posted on - 11:06:00 AM with No comments

Sangat wajar jika seseorang merasakan rasa cemas, was was dan pikiran negatif dan itu merupakan hal yang wajar bagi setiap orang, namun perlu anda tahu jika anda membiarkan ras itu berlarut larut tentunya akan menimbulkan kondisi emosional yang tidak baik seperti mudah menyerah,pesimis dalam hidup, depressi dan pada kasus yang berat dan berkelanjutan bisa mengakibatkan gangguan kejiwaan. Ketika hal-hal tidak sesuai rencana, kita dengan mudah merasa depresi dan tidak bisa melihat sisi baik dari kejadian tersebut. perasaan akan menjadi mudah cemas, was was untuk melakukan langkah kedepan dan menimbulkan berbagai pikiran negatif dalam pikiran kita.

Pola pikir kita berpengaruh terhadap tindakan dan karakter hidup kita, saat kita optimis maka segala hal yang kita lakukan akan disertai dengan penuh rasa percaya diri dan hasilnya akan memuaskan dan kalaupun apa yang anda upayakan mengalami kegagalan hal itu justru semakin memotivasi diri kita kedepannya. Sangat berbanding terbalik jika kita pesimis dan berpikiran negatif, belum melakukan sesuatu sudah pesimis duluan maka hasilnya pun tidak akan memuaskan, dan jika anda gagal justru akan menimbulkan stres, depresi dan gangguan masalah emosional lainnya. Berpikiran negatif tidak membawa kemana-mana, kecuali membuat perasaan tambah buruk, yang lalu akan berakibat performa kita mengecewakan. Hal ini bisa menjadi lingkaran yang tidak berujung.

Mengatasi Rasa Cemas, Was Was & Pikiran Negatif

kali ini saya akan sedikit berbgai tips seperti dikuti dari Jessica Padykula yang merekomendasikan tips dan menyarankan beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi pikiran negatif yang adalah sebagai berikut:

Mengatasi Rasa Cemas, Was Was & Pikiran Negatif

Berpikirlah anda berada dalam Hidup di saat ini bukan diwaktu lampau atau di waktu yang akan datang
Cobalah untuk berpikir untuk saat ini, anda tidak bisa mengubah hidup dimasa lampau tetapi anda bisa melakukan dan berpikir hari ini untuk masa depan anda, dengan pola pikir ini anda akan terbebas dari penyesalan atas kesalahan anda dimasa lampau dan bisa memotivasi diri anda untuk terbebas dari bayangan kecemasan, rasa was was, pesimis dan pikiran negatif di masa mendatang yang akan kita lewati. Apa yang anda lakukan di hari ini akan menentukan apa dan siapa anda dimasa mendatang, jadi fokuslah pada hari ini untuk menyongsong kehidupan dimasa mendatang dan jadikan kehidupan dimasa lalu sebagi "spion" saja, dimana anda sesekali bisa menengok kebelakang hanya untuk memastikan bahwa anda berada dijalur yang benar.

Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang sering membuat kita cemas. Jarang sekali kita panik karena kejadian masa sekarang. Jika Anda menemukan pikiran anda terkukung dalam apa yang telah terjadi atau apa yang belum terjadi, ingatlah bahwa hanya masa kini yang dapat kita kontrol.

Katakan hal positif pada diri sendiri setiap hari
Katakan pada diri Anda bahwa Anda kuat, Anda mampu. Ucapkan hal tersebut terus-menerus, kapanpun. jika anda kesulitan berpikir halpositif apa yang bisa anda lakukan sekarang dibalik apa hal negatif yang sering anda lakukan dan katakan kebalikan atau lawan kata dari itu. sebagai contoh jika anda takut katakan pada diri anda bahwa "Saya bisa dan saya berani", jika anda saat ini malas maka katakan pada diri anda bahwa "saya semangat". Terutama, mulailah hari dengan mengatakan hal positif tentang diri sendiri dan hari itu, tidak peduli jika hari itu Anda harus mengambil keputusan sulit ataupun Anda tidak mempercayai apa yang telah Anda katakan pada diri sendiri.

Mengatakan kepada diri anda sendiri akan hal hal positif yang bisa anda lakukan akan mensugesti pikiran dan alam bawah sadar anda untuk melakukanhal hal positif, dimulai dari hal positif terkecil yang anda bisa lakukan, dengan motivasi dan sugesti yang terus menerus akan mengubah cara pola pikir anda untuk melakukan hal hal yang positif, dan jika anda setiap hari melakukan hal hal baik dan positif maka tidak ada lagi rasa cemas, was was maupun pikiran negatif. Jika anda sudah berada di jalur positif apalagi yang anda cemaskan, apalagi yang anda khawatirkan?

lihat dan buktikan kekuatan pikiran positif
Semua hal didunia ini akan berjalan sesuai dengan hukum universal atau hukum alami yang semestinya terjadi, sebagi contoh jika anda menanam pohon pisang maka pohon itu tetap akan berbuah pisang bukan tomat atau semangka, jika anda menanam ubi tidak mungkin anda akan memanen cabai dst. Sama seperti halnya dengan pola pikir anda, jika anda selalu berpikir positif maka hasil hasil positifpun akan anda dapat begitu juga sebaliknya.

Jika Anda berpikir positif, hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya, jika Anda berpikiran negatif, hal-hal negatif akan menimpa Anda. Hal ini adalah hukum universal, seperti layaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. Tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir Anda, namun usahanya sebanding dengan hasil yang bisa Anda petik. Seberapa besar usaha yang anda upayakan akan mempengaruhi seberapa besar hasil yang akan anda dapatkan.

Cari tahu dan Jangan berdiam diri
Telusuri apa yang membuat Anda berpikiran negatif, perbaiki, dan kembali maju. Anda tidak akan mengetahui segala sesuatu yang menyebabkan anda berpikiran negatif jika anda tidak mencari tahu hal tersebut. Cari apa yang menyebabkan anda berpikir negatif dan revisi atau perbaiki hal itu agar anda tidak lagi berpikiran negatif. Jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, berhenti mengeluh dan menyesal karena hal itu hanya akan menghabiskan waktu dan energi Anda, juga membuat Anda merasa tambah buruk.

Jika anda berpikir negatif tentang akibat masa lalu yang pernah anda lakukan, hal itu tidak bisa anda ubah dan anda putar kembali namun berpikirlah bahwa anda tidak ingin kejadian dimasa lalu terjadi lagi dimasa mendatang. Terimalah apa yang telah terjadi, petik hikmah/pelajaran dari hal tersebut, dan kembali maju. Dengan motivasi dan melihat apa yang telah terjadi dimasa lalu akan menjadi pelajaran berharga anda untuk tidak mengulangi lagi keslahan yang sama di waktu ini atau masa mendatang.

Bersyukurlah yang anda miliki sekarang
Ketika kita sedang sedang berpikiran negatif, seringkali kita lupa akan apa yang kita miliki dan lebih berfokus pada apa yang tidak kita miliki. Ya salah satu yang membuat rasa was was, cemas dan pikiran negatif adalah ras kurang bersyukur atas apa yang kita miliki sekarang. Buatlah sebuah jurnal rasa syukur. Tidak masalah waktunya, tiap hari tulislah lima enam hal positif yang terjadi pada hari tersebut. Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekadar hal-hal kecil seperti 'hari ini cerah' atau 'makan sore hari ini menakjubkan'. Selama Anda tetap konsisten melakukan kegiatan ini, hal ini mampu mengubah pemikiran negatif Anda menjadi suatu pemikiran positif. Dan ketika Anda mulai merasa berpikiran negatif, baca kembali jurnal tersebut.

Hal itu akan melatih anda untuk bersyukur tentang apa yang anda miliki, dan rasa syukur membuat anda akan selalu berpikir positif atas apa yang Tuhan berikan kepada anda baik hal yang positif yang anda terima ataupun hal buruk. dengan mensyukuri tiap hal anda akan menjadi pribadi yang lebih baik, bayangkan jika anda tidak bersyukur anda akan terus merasa kurang walaupun apapun yang anda inginkan tercapai, dan anda akan menyesal tiada henti dan mengeluh setiap hari jika anda gagal mendapatkan apa yang anda inginkan.

Lebih aktiflah
Seseorang yang aktif bergerak, beraktifitas dan berolahraga akan memiliki kondisi emosional yang lebih stabil. Berolahraga membantu melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaaan Anda menjadi lebih baik. Endorphin adalah senyawa kimia di otak yang menghasilkan perasaan nyaman, rileks, bahagia, penuh cinta dan kondisi menyenangkan lainnya. Jadi dengan rajin beraktifitas atau berolahraga akan meningkatkan produksi endorphin di otak anda dan hasilnya anda akan lebih bahagia dan sejahtera. Aktifitas fisik telah terbukti nyata akan membuat diri kita merasa lebih baik. Ketika Anda merasa down, aktifitas olahraga lima belas menit dapat membuat Anda merasa lebih baik. Cobalah!

Hadapi rasa takut
Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut Anda akan hidup, makin banyak pikiran negatif dalam diri Anda. Coba anda bayangkan ketika anda takut akan tempat gelap yang akan anda lewati semakin banyak pikiran negatif yang muncul dipikiran anda seperti "jangan-jangan ada hantu", "jangan jangan ada rampok yang mengintai", "jangan jangan banyak batu karena gelap" dst....Jika Anda takut akan sesuatu, lakukan sesuatu itu. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan kita. Jangan samapai hanya ketakutan anda terhadap sesuatu hal yang belum tentu benar dan tentu terjadi menjadikan anda menghentikan langkah anda untuk maju, terus akan sampai kapan anda sampai ke tujuan anda?

Coba hal-hal baru
Mencoba hal-hal baru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengatakan ya pada kehidupan Anda membuka lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh. Jauhi pikiran 'ya, tapi...'. Pengalaman baru, kecil atau besar, membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan berguna.

Ubah cara pandang
Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara