Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja

Tips mengatasi kantuk saat kerja - Rasa kantuk muncul sebagai indikator bagi tubuh anda bahwa saatnya untuk beristirahat. Istirahat malam merupakan cara terbaik untuk memulihkan tenaga yang anda hilang setelah seharian bekerja dan mempercepat pemulihan saat tubuh anda mengalami masalah kesehatan. Mudah mengantuk saat menjelang tidur malam itu bagus untuk kesehatan berarti tubuh anda dalam keadaan normal, namun masalahnya adalah ketika anda mudah atau sering merasa mengantuk kapan saja bahkan saat anda bekerja.

Selain mempengaruhi kinerja anda, mengantuk saat bekerja tentu sangat berbahaya apalagi anda bekerja dengan mesin, driver dan jenis pekerjaan lain yang membutuhkan kefokusan. Tidak hanya berbahaya bagi anda sendiri tapi bisa membahayakan orang lain juga. Kecuali jika kerjaan anda sebagai staff kantor itupun anda pasti diomelin oleh atasan anda hehehehehe....

Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja

Sering mengantuk yang disebabkan bukan oleh keadaan tubuh normal beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tubuh kurang beristirahat (begadang, insomnia, kesibukan)
  • Kurangnya nutrisi asupan makanan bagi tubuh yang diperlukan seperti melupakan sarapan
  • Gejala anemia atau gejala kurang darah
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh
  • Kecapekan atau masa pemulihan sehabis sakit
  • Pola tidur yang tidak teratur atau sering berubah

Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja

Nah setelah anda mengetahui beberapa yang menyebabkan sering mudah mengantuk bahkan saat bekerja, kali ini kita akan melanjutkan kembali mengenai tips bagaimana mengatasi kantuk atau menghilangkan kantuk saat anda bekerja:

Jangan lupakan sarapan
Sarapan merupakan cara bagi anda untuk menyediakan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi atau tenaga yang akan anda gunakan. Jadi saat tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi saat tubuh membutuhkan tenaga atau energi yang besar maka anda akan mudah untuk mengantuk, jadi pastikan jangan lupakan sarapan anda.

Cukup istirahat
Idealnya tubuh memerlukan waktu istirahat antara 7-8 jam perhari dan hal itu akan sangat efektif jika anda beristirahat dimalam hari. Tidur merupkan cara bagi tubuh anda memulihkan tenaga yang hilang saat anda gunakan untuk beraktifitas seharian, mempercepat pemulihan tubuh saat anda sedang mengalami masalah kesehatan serta banyak manfaat lain ketika anda cukup mendapatkan kualitas tidur. Jika tubuh anda kurang istirahat maka anda akan mudah sekali mengantuk, malas, tidak bersemangat, tidak fokus dll. Jika tubuh anda sedang sakit atau kurang fit maka perbanyaklah istirahat, dan sejenak berhenti dari rutinitas anda sehari-hari.

Jangan mengubah pola tidur, jika anda terbiasa tidur dimalam hari selama waktu tertentu jangan ubah kebiasaan itu. Jadi jangan ubah tidur anda menjadi malam begadang , siang untuk tidur dalam jangka waktu yang terus berubah.

Cukup minum air putih
Saat anda dehidrasi tubuh akan menjadi lemas, malas, tidak fokus dan mudah mengantuk. Jadi pastikan penuhi kebutuhan cairan tubuh anda dengan banyak minum air putih antara 8-9 gelas (1,5L)/ hari.

Mengonsumsi stimulan
Stimulan merupakan zat yang menstimulasi otak anda sehingga anda tetap terjaga atau fokus, beberapa jenis minuman stimulan adalah teh, kopi,minuman berenergi, dll. namun perlu diperhatikan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsinya sebagai contoh saja kopi yang diminum lebih dari 2 gelas per hari bisa menimbulkan gangguan tidur, masalah lambung dan gangguan kesehatan secara umum.

Teratur berolahraga
Saat anda berolahraga secara teratur minimal 30 menit tiap hari maka metabolisme anda akan meningkat, dan saat metabolisme tubuh meningkat maka anda akan semakin menjadi sehat, fokus, fit, tidak mudah sakit dan tentu saja juga tidak mudah mengantuk selain jadwal yang dibutuhkan untuk beristirahat.

Cari udara segar
Ruang terbuka dan menghirup udara dalam dalam seketika dapat mengatasi rasa kantuk anda. Nah jika anda merasa ngantuk saat anda bekerja maka bangkit dari tempat duduk, keluarlah dengan jalan sebentar, lihat ruangan terang atau terbuka dan ambil nafas dalam dalam, maka dijamin ngantuk anda segera hilang.

Mencuci muka
Saat anda mulai merasa mengantuk saat bekerja maka pergilah ke toilet basuh atau cuci wajah anda dan rambut anda maka kantuk anda akan hilang dan kondisi anda akan kembali fokus.

Cek ke dokter
Nah jika anda sudah mencoba berbagai cara agar anda tidak mengantuk saat bekerja dan hal itu belum berhasil maka kunjungi dokter dan mengonsultasikannya, barangkali ada masalah kesehatan yang serius yang menyebabkan anda mudah mengantuk seperti gejala anemia dll. Dengan demikian anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat jika ditemukan penyakit yang terkait dengan anda sering mengantuk.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara