9 Tips Sederhana Agar Anda Lebih Bahagia

Tips bahagia - Setiap orang berhak untuk bahagia dan semua orang pasti menginginkan hidup yang lebih bahagia. Namun kebahagian tiap individu bisa saja berbeda antara satu dengan yang lain, ada yang merasa bahagia dengan gaji kecil yang hanya cukup untuk makan sekeluarga namun ada yang berpenghasilan miliaran rupiah namun sering tidak merasa bahagia. Lalu apa sih kebahagian sejati itu?

Kebahagian dapat didefiniskan secara berbeda juga oleh tiap individu, namun secara umum kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens. Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi, dan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan kebahagiaan dan menentukan sumbernya.

Tips Sederhana Agar Anda Lebih Bahagia

Tips Sederhana Agar Anda Lebih Bahagia

Lalu bagaimana kebahagiaan itu bisa kita terapkan atau kita dapatkan? Nah kali ini Tips dan cara akan membahas tips sederhana bagaimana meningkatkan kebahagiaan dalam hidup, agar hidup kita merasa lebih bahagia:

Bersyukur
Rasa syukur adalah faktor utama yang anda perlukan untuk menemukan kebahagiaan. Kita semua mengetahui bahwa manusia adalah mahluk yang tidak pernah bisa merasa puas, apapun yang mereka peroleh selalu dirasa kurang, jika mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan, mereka selalu ingin lebih...dan ketika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan mereka akan bersedih dan menyalahkan diri sendiri, orang lain bahkan Tuhan. Untuk hidup lebih bahagia syukuri setiap apa yang anda dapatkan dan anda punyai. Seperti yang saya bahas pada poin diatas kenapa ada orang yang miskin tapi merasakan kebahagiaan padahal tiap hari ia hanya mampu mencari nafkah hanya cukup untuk makan satu keluarga setiap harinya, sedang banyak dari kita yang berpenghasilan jutaan, puluhan juta bahkan miliaran kadang tidak pernah merasa puas atau bahagia? Hal ini disebabkan karena karena tidak pernah bisa belajar dari rasa syukur kita.

Hargai hal kecil
Masih terkait dengan rasa bersyukur anda juga memerlukan untuk menghargai setiap hal kecil yang anda temui. Jangan pernah melongok untuk sesuatu yang besar atau membandingkan kemampuan anda dengan yang lain seperti "Dia punya istri yang cantik dan kaya", "dia punya banyak uang dan mobil" dll hal ini akan membuat anda tidak akan pernah merasakan kebahagiaan, untuk meningkatkan rasa syukur dan menghargai setiap hal kecil lihatlah orang orang bahagia disekitar anda yang kondisinya lebih dibawah anda atau memiliki keterbatasan, namun mereka tetap bahagia.

Kebahagiaan tidak selalu diukur dari materi atau uang yang anda punya, coba bayangkan bahwa apakah anda tidak bahagia bisa menghirup udara segar setiap hari, apakah anda tidak bahagia memiliki badan yang sehat dan kuat, apakah anda tidak bahagia bisa mencicipi makanan lezat tiap hari? Sekarang dibalik apakah anda akan merasa bahagia jika memiliki triliunan rupiah namun anda tidak bisa bernafas, tidak memiliki tubuh yang sehat atau tidak bisa memakan sesuatu yang lezat dari mulut anda. Hargailah setiap hal kecil sebelum anda membayangkan sesuatu yang besar.

Temukan kepuasan
Rasa puas bisa meningkatkan kebahagian anda dan memberi pelajaran kepada kita untuk bersyukur. Bukan berarti anda harus berpuas diri atas apa yang anda dapatkan dan menghentikan langkah anda kedepan. Rasa puas bisa memicu anda dan memberi penghargaan atas usaha yang anda buat dan etap melanjutkan langkah untuk hal lebih baik. Coba anda bayangkan kepuasan ketika anda bisa membantu banyak orang, kepuasaan ketika bisa membuat orang lain bahagia, kepuasan ketika usaha anda sukses, kepuasaan ketika nilai ujian anda bagus dll. Hal itu akan membuat anda bahagia, dan ketika anda down coba ingt lagi keberhasilan lain yang pernah anda lalui hal itu akan meningkatkan selalu rasa bahagia anda.

Berpikir positif
Selalu berpikir positif akan membuat hidup anda bahagia, jika anda selalu berpikir positif atas sesuatu hal, positif menghadapi kegagalan, positif melangkah menjalani hari, positif masa depan dll lalu apa lagi yang anda khawatirkan, khawatir akan suatu hal yang terjadi atau akan terjadi (walaupun belum tentu terjadi) akan membuat anda tidak merasa bahagia. berpikir positif akan membantu anda berperilaku baik, jujur dan lebih bijaksana.

Cintai diri anda
Tidak perlu minder dengan kondisi anda, penampilan anda atau kekurangan anda. Fisik anda tidak menentukan apa yang bisa anda raih untuk sukses, tetapi niat dan kemauan anda. Setiap orang bisa sukses dalam bidang apapun dan hal itu tidak terbatas pada apa warna kulitnya, apa dia cantik atau tidak, dia ganteng atau tidak, dia kaya atau tidak dll. Dengan mencintai diri anda sendiri anda akan menemukan kebahagiaan yang anda cari.

Belajar memaafkan
Memiliki sifat pemaaf dan menyingkirkan dendam bisa membuat hidup anda lebih bahagia. Jika anda bisa melakukan hal itu maka orang orang disekitar anda akan merasa nyaman didekat anda, dan ketika banyak orang ingin selalu didekat anda tentunya anda akan semakin bahagia.

Membantu orang lain
Coba anda bayangkan ketika anda bisa membantu atau memberi solusi pemecahan masalah kepada orang lain, apa yang anda dapatkan? Kepuasaan dan bahagia....Ya ketika anda bisa membantu orang lain dan membuat mereka merasa terbantu dan bahagia maka anda juga akan mendapatkan kebahagiaan. Membantu tidak hanya berfokus pada materi atau hal besar...membantu menyebrangkan orang buta dijalan, membantu teman anda yang kesulitan, membantu orang tua anda membersihkan rumah, membantu orang lain dengan tutorial dan lain sebagianya. Ketika anda melihat senyuman mereka anda akan menemukan kepuasaan dan kebahagiaan tersendiri di hati anda.

Sadari hidup tidak selalu seperti apa yang anda harapkan
Salah satu yang menjadikan kekecewaan adalah ketika apa yang kita inginkan atau kita harapkan tidak tercapai. Sadri bahwa semua hal tidak harus mengikuti apa yang anda pikirkan, semua yang kita inginkan belum kita dapatkan dll akan membantu anda hidup lebih bahagia, anda boleh merencanakan segala sesuatu hal namun hasilnya bukan ditangan anda. Anda hanya bisa berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan peluang keberhasilan namun sekali lagi semua keputusan, hasil dan takdir bukan ditangan anda, jadi sadari hal itu.

meditasi
Meditasi atau perenungan dan mendekatkan diri pada Tuhan adalah langkah terbaik menemukan kebahagiaan sejati. Dengan meditasi membantu anda melepaskan pikiran jelek dan membuat hati anda lebih tenang (efek relaksasi) jadi berlatihlah meditasi, merenung akan memberikan ketentraman hati dan Mendekatkan diri kepada Tuhan akan membuat anda bahagia secara lahir dan batin.

1 comment:

  1. betul gan , bahagia ga harus mewah... banyak hal kecil yang bisa buat kita bahagia , hanya saja kitalah yang sering menganggap kebahagian itu sulit

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara