sponsored ads

8 Tips Mengendalikan Amarah (Emosi) Anda

Posted By : Posted on - 2:35:00 PM with 1 comment

Saya yakin anda adalah seorang pemarah hehehhee,...tentu saja karena anda bisa sampai ke halaman ini tentu karena anda ingin mencari solusi untuk belajar mengendalikan emosi atau amarah anda. Memiliki emosi atau amarah menandakan bahwa anda normal dan tidak ada gangguan kejiwaan dan kesehatan, yang menjadi masalah adalah ketika emosi anda melebihi akal pikiran sehat anda atau anda memiliki kondisi emosional yang meledak-ledak. Emosi yang stabil adalah hal wajar dan normal bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa memiliki emosi yang stabil menandakan anda dalam kondisi sehat yang paling penting adalah anda bisa mengelolanya dengan cara yang positif. Kemarahan atau kondisi emosional yang tidak terkontrol dapat mempengaruhi gangguan kesehatan Anda dan tentu saja hubungan sosial Anda dengan orang-orang disekitar Anda.

Nah jika anda adalah tipe orang yang pemarah dengan kondisi emosional yang tidak stabil, anda berada di halaman blog yang tepat karena pada artikel kali ini saya akan sedikit share tentang 8 tips bagaimana belajar mengendalikan amarah atau emosi anda dengan stabil dan lebih positif. berikut tips cara mengendalikan emosi dan amarah yang meledak-ledak atau tidak stabil:

Tips Mengendalikan Amarah (Emosi)

Tips Mengendalikan Amarah (Emosi)

Berpikir sebelum Anda berbicara
Kebanyakan seseorang yang emosional ketika emosinya terpancing akan mengeluarkan kata-kata atau perkataan yang tidak terkontrol. Mereka akan memaki, mengeluarkan kata kotor bahkan berkata "terlalu berani" yang tentu saja dalam kondisi normal hal itu mungkin menjadi penyesalan. Dalam kondisi "panas" atau emosi memuncak sangat mudah untuk mengatakan sesuatu yang nanti akan anda sesali di kemudian hari. Tidak ada keputusan yang baik yang bisa diambil ketika anda dalam kondisi marah. Jadi berpikirlah dahulu sebelum berbicara, saat anda emosi ambil nafas yang panjang lalu keluarka perlahan lahan, coba buka pikiran Anda sebelum berkata dan membiarkan orang lain yang terlibat dalam situasi atau kondisi sama (sama sama emosi) untuk melakukan hal yang serupa dengan anda.

Setelah Anda tenang, ekspresikan kemarahan Anda
Ya emosi yang terpendam tidak baik untuk kesehtan fisik maupun pikiran anda, daripada anda menyimpan rasa dongkol atau rasa dendam dan bisa melupakan kejadian atau membuat emosi anda timbul kembali, tenangkan dan redam emosi anda setelah anda benar benar tenang ungkapkan atau luapkan frustrasi Anda dengan cara yang tegas tapi tidak konfrontatif atau memicu perdebatan atau pertengkaran yang lebih hebat lagi. Anda bisa meluapkan emosi anda dengan tidak menyakiti orang lain dengan cara berteriak sekeras anda (tentunya di kamar atau tempat sepi agar tidak mengganggu orang lain).

Berolahraga secara teratur
Nah anda pasti bertanya "Apa hubungannya mengendalikan emosi dengan aktifitas olahraga"?. Jelas saling berkaitan tentunya, menurut dunia medis aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres, stres merupakan pemicu yang dapat menyebabkan Anda mudah menjadi marah. Dengan berolahraga teratur maka otak anda akan lebih banyak mengeluarkan zat yang bernama endorphin, zat yang menimbulkan perasaan bahagia, senang, nyaman, sejahtera, cinta dan perasaan menyenangkan lainnya. nah jika anda merasa nyaman, senang dan bahagia tentu saja anda tidak akan menjadi pemarah kan? Jika Anda merasa kemarahan Anda meningkat, pergi untuk jalan cepat atau lari, atau menghabiskan waktu melakukan kegiatan fisik yang menyenangkan lainnya.

Istirahat yang cukup
Saat anda kurang tidur atau kurang beristirahat maka anda akan mudah lelah, tidak fokus, malas dan mudah untuk emosi atau marah. Beri diri Anda istirahat yang cukup saat aktifitas anda benar benar bisa memicu stres atau ketegangan. Beberapa saat dengan waktu tenang mungkin bisa membantu Anda merasa lebih siap untuk menangani apa yang di depan tanpa emosi atau perasaan marah.

Cari solusi bukan cari penyebab
Jika anda hanya berfokus pada apa yang membuat Anda marah, hal itu hanya akan membuat anda semakin emosi. cari solusi agar amarah anda mereda dan dapat anda kendalikan dengan baik. Jika anda merasa emosi ketika dijalan selalu macet karena anda pergi kantor kesiangan maka lebih baik anda bangun lebih pagi untuk berangkat ke kantor agar anda tidak terlambat, atau saat anda pulang kantor lihat ruangan rumah kotor dan bisa memicu anda marah sebaiknya anda bersihkan, dengan begitu anda menemukan solusi untuk tidak berdebat dengan orang lain yang justru bisa memicu amarah anda memuncak. Ingatkan dan katakan pada diri Anda bahwa kemarahan tidak akan memperbaiki apapun dan mungkin hanya membuatnya lebih buruk.

Jangan menyimpan dendam
Memaafkan adalah hal yang ampuh untuk meredam amarah anda. Jika Anda membiarkan kemarahan dan perasaan negatif tersimpan didalam pikiran maupun hati anda hal tu justru akan membuat emosi atau amarah akan selalu mengikuti anda. Tapi jika Anda dapat memaafkan seseorang yang membuat anda marah, Anda mungkin bisa belajar dari situasi dan hal itu bisa membuat anda lega. Merupakan hal yang tidak realistis jika anda mengharapkan semua orang untuk berperilaku persis seperti yang Anda inginkan atau harapkan setiap saat.

Tertawa dan buat hal lucu
Bagimana anda bisa marah jika anda tertawa. Gunakan humor atau lelucon yang bisa membuat anda tertawa untuk membantu Anda menghadapi dan mengendalikan emosi atau amarah anda.

Relaksasi
Ketika amarah anda memuncak coba gunakan metode ampuh ini untuk meredakan amarah anda. Metode seperti mengatur nafas, tersenyum, atau mengulangi kata atau frase yang menenangkan dalam hati anda seperti, "Tenang saja atau tetap tenang." Anda mungkin juga bisa mendengarkan musik, menulis dalam sebuah jurnal atau melakukan yoga atau meditasi atau hal apa pun untuk mendorong relaksasi yang mampu meredakan amarah anda.

1 comment:

  1. biasanya kalau ane lagi emosi,, ane suka berwudhu biar hati jadi adem gtu. hehe

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara