sponsored ads

Tips Mengatasi Suara Serak (Parau) Dengan Bahan Alami

Posted By : Posted on - 4:04:00 AM with No comments

Suara serak atau suara parau bisa disebabkan oleh banyak faktor dan yang paling umum terjadi adalah pergantian cuaca atau musim, bisa juga cuaca ekstrim terlalu panas atau dingin yang berubah secara drastis sehingga mengganggu saluran pernafasan sehingga menyebabkan tenggorokan sakit, serak dan kadang disertai flu dan pilek. 

Namun selain cuaca ada beberapa faktor lain yang menyebabkan sakit pada tenggorokan sehingga menyebabkan suara parau atau serak, berikut beberapa faktor penyebab serak hal itu:

Sering berteriak atau sering mengeluarkan volume keras saat berbicara atau karena menyanyi
Mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin
Peradangan karena virus atau bakteri pada laring

Untuk mengatasi suara hilang, serak, sakit bisa dengan cara mengistirahatkan tubuh untuk memulihkan dan mengurangi bicara terlalu keras atau berteriak untuk mrmemulihkannya kembali. Namun, tidak hanya cukup isttirahat saja langsung sembuh. Sebaiknya juga diobati supaya proses penyembuhan semakin cepat, berikut adalah cara mengatasi suara serak atau parau menggunakan bahan alami:

Serak /Parau

Mengatasi Suara Serak (Parau) Dengan Bahan Alami

1. Perasan Jeruk Nipis

Perasan jeruk nipis yang ditambahkan dengan kecap dikenal cukup lama dan banyak digunakan untuk mengatasi suara serak secara efektif sebagai obat alami untuk mengatasi batuk dan mengembalikan suara yang hilang. 

Caranya pun sangat mudah dilakukan, persiapkan lemon atau jeruk nipis dan iris menjadi 2 bagian, lalu peras dan campurkan air perasan tadi dengan kecap secukupnya untuk menghilangkan rasa asam jeruk nipis. Aduk sampai rata dan minum secara rutin setiap 2 kali sehari. Mengobati suara serak bisa juga menggunakan campuran antara madu dan jeruk nipis. 

Caranya sama dengan jeruk nipis campur kecap. Madu disini kita gunakan sebagai pengganti kecap untuk menetralisir rasa asam dari Jeruk nipis. Selain itu madu memang dikenal memiliki banyak khasiat dan salah satunya untuk mengobati suara serak.

2. Perbanyak Minum Air putih

Suara serak atau parau juga bisa disebabkan oleh debu dan juga tenggorokan yang terlalu kering, jadi perbanyak minum air putih untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. Minum banyak air putih minimal 8-9 (1,5 l) perhari, air putih selain berguna membantu proses pemulihan suara serak juga bermanfaat untuk kesehatan secara umum, cairan tubuh yang diperoleh dari air minum membantu membawa tumpukan lemak, material berbahaya, bahan kimia, toksin atau racun dan membawanya keluar dari tubuh melalui keringat dan air seni.

3. Buah Delima

Buah yang memiliki warna merah merona ini dapat dijadikan obat suara hilang. Caranya cukup mengkonsumsi buah delima secara rutin sampai suaranya kembali normal.

4. Berhenti Merokok & konsumsi alkohol

Ya jika anda sedang mengalami gangguan tenggorokan seperti suara serak atau parau perlu diperhatikan jika anda adalah perokok atau peminum alkohol, paling tidak hentikan kebiasaan anda saat kondisi anda sedang serak karena merokok justru akan memperparah kondisi tersebut, akan lebih baik jika anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut untuk kesehatan anda secara umum.

5. Gunakan Masker

Saat musim kemarau, debu mudah beterbangan dimana – mana. Selain itu, pada musim penghujan juga virus yang menyerang sistem imun dengan mudah menular. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan masker saat hendak keluar rumah supaya terhindar dari debu dan virus penyebab gangguan pada laring yang mengakibatkan suara menghilang

5. Daun Sirih

Daun sirih sejak dulu kala memang dikenal memiliki banyak khasiat, misalnya untuk mengobati bisul dan mengobati kutu air. Selain itu orang-orang jaman dahulu juga biasa memanfaatkan daun sirih untuk menghilangkan bau badan. Nah terlepas dari hal itu ternyata daun sirih juga bisa kita manfaatkan untuk mengobati suara serak. 

Hal ini dikarenakan minyak atsiri yang dikandung daun sirih bersifat anti bakteri sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan suara serak, selain itu daun sirih ini tentunya aman digunakan karena bersifat alami.

6. Kencur

Cara lain yang bisa kita coba untuk mengobati suara serak adalah dengan menggunakan kencur. Cara ini banyak juga digunakan oleh para artis penyanyi dangdut. Hal ini dikarenakan minyak atsiri pada kencur memiliki kandungan anti inflamasi sehingga sangat cocok untuk mengobati suara serak. 

Anda cukup mengunyah kencur yang sudah dibersihkan sebelumnya dan hisap cairan pada kencur tersebut yang mengandung minyak atsiri yang membantu mempercepat proses penyembuhan, buang ampasnya dan lihat perbedaanya, tenggorokan anda akan lebih terasa nyaman.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara