Tips & Cara Efektif Mengusir / Membunuh Rayap

Pasti sangat menjengkelkan jika dirumah anda terdapat banyak rayap. Rayap dikenal sebagai serangga pengerat kayu dan akan memakan perabotan rumah yang berbahan dasar kayu, bisa saja lemari, kursi, tempat tidur, meja dll. Rayap ini akan memakan kayu dengan bantuan enzim yang ada dimulutnya yang menyebabkan kayu lapuk dan mudah dicerna oleh rayap. Tentu saja dengan adanya rayap dirumah anda menimbulkan kerugian ekonomi karena barang barang atau perabotan dirumah anda mudah rusak dimakan rayap ini. Walaupun di habitat aslinya rayap sangat berguna bagi kelangsungan ekosistem yaitu dengan menghancurkan atau membantu pelapukan kayu sehingga mudah menjadi tanah. Beberapa rayap bisa berubah bentuk menjadi serangga bersayap dan umumnya keluar saat musim penghujan, serangga ini lebih kita kenal dengan sebutan laron atau anai-anai. Laron merupakan indikator atau seringkali menjadi pertanda perubahan musim dari kemarau ke musim penghujan.

Cara Efektif Mengusir / Membunuh Rayap

Sebagaimana dengan kebanyakan jenis serangga rayap merupakan hewan sosial atau hidup secara berkelompok. Menurut situs wikipedia serangga rayap masih berkeluarga dengan semut sehingga tak heran perilakunya hampir sama, dan dalam bahasa inggris selain disebut dengan termite juga sering disebut sebagai "white ants" / semut putih. Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Sehingga banyak cara dilakukan untuk mengusir rayap atau membunuh rayap yang ada didalam rumah, nah berikut adalah beberapa cara efektif mengusir atau membunuh rayap didalam rumah yang sering memakan perabotan atau barang barang yang terbuat dari kayu:

Cara Efektif Mengusir / Membunuh Rayap

Air sabun / detergen
Hampir semua serangga tidak menyukai air sabun/ detergent, nah air detergen/ sabun bisa anda gunakan untuk mengusir rayap dari rumah anda. caranya sangat mudah aduk sabun / detergen dalam sedikit air lalu semprotkan cairan ini disarang rayap atau tempat tempat yang sering dilalui rayap. Dengan demikian rayap akan mati atau pindah ke tempat lain untuk mencari makan.

Garam dapur
Garam dapur yang biasa anda gunakan sebagai bumbu memasak juga bisa digunakan sebagai bahan ampuh untuk mengusir rayap dirumah anda. caranya adalah dengan mengaduk garam dalam air dan gunakan cairan ini untuk menyemprot sarang rayap atau tempat-tempat yang sering dilalui oleh rayap.

Minyak tanah /kerosen
Minyak tanah juga sangat ampuh mengusir rayap dari rumah anda, tinggal oleskan atau semprotkan pada sarang rayap maka rayap akan pergi menjauh dari rumah anda.

Air tembakau
Air rembakau mengandung toksin /racun yaitu nikotin. Racun ini cukup ampuh untuk membunuh rayap atau termite. Cara membuatnya siapkan segenggam tembakau lalu aduk didalam air dan biarkan semalam sehingga racun didalam tembakau bisa tercampur dengan air, hal ini bisa dilihat warna air menjadi kecoklat-coklatan. Gunakan air ini untuk menyemprot sarang rayap atau langsung menyemprotkan ke tubuh rayap yang anda temui, maka rayap akan mati karena kandungan toksin didalam cairan tembakau tersebut.

Air beras
Saat anda mencuci beras untuk dimasak pasti ada cairan putih bekas cucian beras, nah cairan bekas cucian beras ini bisa anda gunakan untuk mengusir rayap, tinggal anda semprotkan saja pada sarang rayap maka rayap akan menjauh dari rumah anda.

1 comment:

  1. wah infonya bagus gan. pintu kamar saya sekarang mulai di makan rayap nih... perlu dicoba ini. thanks gan...

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara