sponsored ads

6 Cara Tepat Untuk Tubuh Sehat & Selalu Bugar

Posted By : Posted on - 8:18:00 PM with No comments

Menjadi sehat dan bugar setiap hari merupakan hal yang tidak sulit, yang sulit adalah cara bagaimana cara membuat tubuh anda sehat dan bugar. Rutinitas yang padat serta kesibukan seseorang biasanya mengabaikan pola hidup sehat dan mengurangi aktifitas untuk berolahraga. Padahal jika anda menyadari bahwa dengan hidup yang sehat dan tubuh yang bugar tentu saja hal itu akan mendukung segala hal untuk melakukan aktifitas anda tanpa hambatan. bayangkan jika anda sakit tentu saja semua aktifitas anda akan menjadi terhambat karena anda tidak bisa mengerjakannya. Disamping itu anda juga akan mengeluarkan cukup banyak biaya untuk mengobati sakit anda tersebut, padahal anda bisa mencegahnya secara gratis.

Kali ini saya akan share bagaimana mendapatkan kesehatan tubuh anda secara umum dan meningkatkan kebugaran anda. Secara medis orang bisa dikatakan sehat jika sistem metabolisme, sistem peredaran tubuh dan semua organ tubuh anda bisa berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada gangguan atau masalah. nah berikut adalah beberapa tips dan cara mendapatkan tubuh sehat dan bugar secara umum:

Cara Tepat Untuk Tubuh Sehat & Selalu Bugar

Tips Tepat Untuk Tubuh Sehat & Selalu Bugar

Pola Makan sehat, seimbang dan teratur
Makanan merupakan salah satu pengaruh besar terhadap kesehatan anda secara umum, apa yang anda makan merupakan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan menyediakan energi atau tenaga yang anda butuhkan untuk beraktifitas sehari-hari. jadi pastikan anda mengonsumsi makanan yang bergizi, sehat dan seimbang untuk mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuh anda, perbanyak buah dan sayuran segar serta diimbangi degan susu sebagai pelengkap vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Pastikan anda teratur untuk mengonsumsi makanan anda dan hindari makanan yang tidak sehat seperti makanan siap saji (junk food), mie instan, makanan mengandung bahan pengawet, mengandung banyak pemanis atau gula, minuman berkarbonasi dan soda juga makanan dan minuman tidak sehat lainnya.

Menghindari Kebiasaan Buruk
Menghindari kebiasaan buruk akan menjauhkan anda dari penyakit dan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda untuk mencegah radikal bebas, penyakit yang menyerang tubuh anda. Beberapa kebiasaan buruk yang harus anda hindari adalah merokok, minum minuman keras, begadang, pola hidup yang jorok atau tidak bersih, stres dan kebiasaan buruk lainnya.

Perbanyak Minum air putih
Seperti kita ketahui bahwa air putih memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita seperti membawa tumpukan lemak, material berbahaya, bahan kimia, toksin, racun dari dalam tubuh kita dan akan mengeluarkannya melalui keringat dan air seni. Jadi cukupi cairan ditubuh anda dengan perbanyak minum air putih minimal 8-9 gelas (1,5 liter) air putih/ perhari. Tubuh kita terdiri dari hampir 75% merupakan cairan, jika anda kekurangan cairan maka tubuh anda akan lemas, loyo, tidak bertenaga, malas, kehilangan fokus dan berpotensi untuk mendatangkan penyakit. Nahh jadi sangat penting kan manfaat air putih sebagai cairan ditubuh kita, Untuk itu penuhi kebutuhan cairan yang diperlukan dalam tubuh anda , dengan meminum banyak air putih juga akan membantu memperlancar sistem dalam tubuh kita.

Olahraga Secara Teratur
Olahraga secara teratur akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh itu berarti juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, dengan begitu tubuh kita akan memiliki daya tahan tubuh yang memadai untuk menahan serangan penyakit. Olahraga juga merupakan pencegah dari segala macam jenis penyakit yang menyerang tubuh kita, membakar tumpukan lemak jahat atau kalori dan mengubahnya menjadi tenaga yang dibutuhkan dan meningkatkan produksi zat endorphin zat yang bertanggung jawabterhadap rasa nyaman dan kebahagiaan. Maka dengan berolahraga secara teratur maka metabolisme anda meningkat, sistem kekebalan tubuh baik, mencegah obesitas dan membuat anda lebih bahagia dan terhindar dari stres yang merupakan faktor utama penyebab penyakit.

Olahraga tidaklah harus beras yang terpenting adalah membuat tubuh anda selalu bergerak dan bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan seperti bersepeda, berjalan kaki, joging, berenang dll. Usahakan anda selalu teratur berolahraga minimal 30 menit setiap hari untuk tubuh yang sehat dan selalu bugar.

Cukup Istirahat
Tubuh bukan seperti mesin yang bisa dipacu tenaganya, tubuh memerlukan istirahat untuk mengembalikan tenaga yang dikeluarkan untuk beraktifitas. Dengan istirahat yang cukup maka tenaga anda akan pulih dan normal. Tubuh membutuhkan relaksasi yang berguna untuk mengembalikan tenaga yang hilang untuk beraktifitas, melakukan penyembuhan yang cepat saat anda sakit, dan semua itu didapatkan ketika anda tidur atau beristirahat. pastikan anda mendapatkan cukup istirahat 8-9 jam setiap hari.

Hindari Stres
Seperti yang telah dibahas pada poin diatas bahwa stres merupakan penyebab utama timbulnya penyakit alasannya adalah ketika anda sedang dalam kondisi pikiran tertekan, depressi atau stres maka tubuh anda akan mengalami penurunan sistem kekebalan atau sistem daya tahan tubuh anda dan hal itu akan menyebabkan tubuh anda rentan terhadap serangan penyakit. Stres atau tekanan pikiran akan menimbulkan pola makan yang tidak sehat sehingga sistem dalam tubuh anda akan terganggu dan akan timbul penyakit dalam tubuh anda, hindari stress, berpikiran rileks dan santai adalah salah satu cara mendapatkan tubuh yang selalu fit dan sehat. dalam hidup memang tidak dapat dipisahkan dari stres atau masalah yang ada dalam hidup anda, namun jika anda mampu memanage tingkat stres anda dalam level seminimal mungkin maka hal itu akan sangat baik untuk tubuh dan pikiran anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara