sponsored ads

Tips Merawat Batu akik Agar Mengkilap & Berkilau

Posted By : Posted on - 3:03:00 PM with No comments

Bagi anda yang suka mengoleksi batu akik pasti memiliki cara cara unik untuk merawat batu akik ini agar tampak tetap mengkilap dan berkilau. Batu akik yang sekarang ini lagi menjadi trending topik di banyak media online membuat saya ikut ikutan hobi mengkoleksi batu akik ini hehehe alasannya banyak batu akik yang memiliki warna warna yang bagus dan mencolok yang tidak banyak dimiliki oleh batu jenis lain. Ya selain hal itu saya hobi mengkoleksi batu akik juga karena peluang bisnis yang cukup menggiurkan juga.

Ok kembali lagi ke topik perawatan batu akik umumnya memiliki tujuan agar tekstur, warna dan kemilau akik tetap terjaga dengan baik. Banyak cara yang bisa lakukan untuk membuat batu akik ini tetap mengkilap dan berkilau dengan menggunakan bahan bahan yang cukup mudah ditemukan disekitar kita. Setiap orang pasti memiliki caranya sendiri untuk menjaga dan merawat batu akik kesayangan tetap mengkilap dan berklilau. Nah berikut adalah beberapa rekomendasi dari banyak kolektor batu akik untuk perawatan batu akik agar tetap mengkilap dan berkilau:

merawwat batu akik

Merawat Batu akik Agar Mengkilap & Berkilau

Menggunakan serbuk intan
Serbuk intan banyak digunakan oleh para pedagang pedagang batu akik untuk membuat batu akik dagangannya tetap mengkilap dan berkilau. Merawat batu akik umumnya dipoles menggunakan bahan khusus, yakni serbuk inten. Serbuk ini adalah butiran-butiran kecil intan permata yang jenis butirannya bervariatif. Dijelaskan bahwa umumnya para pedagang dan kolektor batu akik menggunakan serbuk intan untuk memoles batu akiknya menggunakan serbuk yang paling lembut biasanya satuannya 0,025 mikron. Dioleskan sampai benar-benar mengkilat dan hasilnya memang terbukti nyata, namun jika dilihat dari harganya, harga bahan pengkilat batu akik sendiri relatif mahal. Ukuran dua gram saja, biasanya dijual seharga Rp100-150 ribu. Namun untuk batu akik kesayangan tidak ada salahnya kan dicoba!

Menggunakan bambu
Ya penggunaan bambuu untuk mengkilapkan batu akik memang sudah banyak dilakukan baik oleh kolektor akik maupun para pedagang. Namun ada beberapa media online yang salah memberikan tutorial bagaimana mengkilapkan batu akik ini. Sebenarnya untuk merawat batu akik untuk menjaga kemilau batu akik ini dilakukan menggunakan bambu yang masih muda dan basah. Caranya ambil kulit bambu bagian dalam yang masih basah untuk menggosok batu akik ini, coba anda buktikan sendiri.

Menggunakan klaras/ daun pisang kering
Daun pisang kering atau klaras banyak juga yang digunakan sebagai media pengkilap batu akik. Caranya adalah dengan langsung menggosoknya ke batu akik anda dan harap diperhatikan klaras atau daun pisang kering baiknya digunakan untuk memoles atau menggosok batu akik yang memiliki warna cukup tua seperti hitam, coklat, merah, hijau dan warna tua lainnya. sedang untuk warna warna muda/ cerah basahi terlebih dahulu daun pisang kering atau klaras alasanyya batu akik dengan warna muda memiliki tekstur yang lebih rentan hingga mudah tergores, dengan membasahi klaras terlebih dahulu akan membuat batu akik dengan warna muda atau cerah akan semakin mengkilap dan berkilau.

Menggunakan kain tebal
Ya penggunaan kain yang cukup tebal seperti bahan kain dari jeans, karpet, beludru dapat anda gunakan untuk mengkilapkan batu akik kesayangan anda. Selain dari kain kain berbahan seperti tersebut anda juga bisa menggunakan bahan kulit bekas.

Aluminium foil
nah bagui anda nih yang suka merokok, anda bisa menggunakan bungkus aluminium foil pada kemasan rokok untuk menghaluskan batu akik anda biar tambah mengkilap dan berkilau.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara