Tips Mengurangi Pegal & Sakit Punggung Saat Kehamilan

Sakit punggung atau badan terasa pegal pegal saat anda mengandung merupakan hal yang wajar terjadi, nah kali ini saya akan share mengenai mengurangi rasa sakit punggung saat kehamilan. Kenapa anda merasakan punggung anda merasa sakit atau pegal pegal? Hal itu bisa terjadi karena hal yang wajar, saat anda hamil berat badan anda akan naik selain karena calon bayi yang semakin membesar juga karena pertambahan berat badan yang biasa dialami oleh ibu hamil. Nah saat ini terjadi tubuh anda akan menopang hampir 2 kali berat badan normal sebelum terjadi kehamilan, dan kita tahu penopang berat badan anda adalah tulang belakang dan tulang kaki, maka tidak mengherankan jika saat anda hamil tulang belakang maupun kaki anda akan merasakan sakit dan pegal-pegal.

Semakin besar ukuran berat calon buah hati anda semakin besar daya topang tulang ligamen dipanggul anda berikut juga dengan tulang belakang dan tulang kaki anda. Nah berikut adalah cara sederhana mengurangi rasa pegal dan sakit punggung saat kehamilan seperti dikutip dari mayoclinic.org:

mengatasi sakit punggung saat kehamilan

Mengurangi Pegal & Sakit Punggung Saat Hamil

Menjaga postur yang baik
Selama bayi anda tumbuh dalam kandungan, pusat gravitasi akan mendorong atau menggeser kedepan itu berarti tulang punggung atau tulang belakang anda akan menahan berat badan yang condong kedepan dan hal inilah yang menyebabkan rasa pegal maupun sakit di punggung anda. nah untuk mengurangi rasa sakit ini jaga postur tubuh anda tetap seimbang. Seringlah beristirahat dan jangan dipaksakan untuk berdiri terlalu lama.

Kenakan pakaian yang tepat
Jika anda memakai sepatu sebaiknya jangan memakai sepatu ber hak tinggi, hal ini akan membantu kaki anda bersandar merata sehingga tulang punggung tidak terlalu berat menopang berat badan anda. Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat sehingga mengganggu peredaran darah anda terganggu yang bisa menyebabkan kesemutan atau pegal pegal.

Jangan mengangkat beban berat
Saat usai kandungan anda semakin besar usahakan jangan mengangkat beban berat yang bisa mencederai punggung anda, mintalah bantuan orang disekitar anda sekiranya anda merasa gak bisa membawa barang dengan beban berat. Nah jika anda terpaksa memang harus mengangkat beban yang tidak terlalu berat jongkok ke bawah dan angkat dengan kaki Anda. Jangan membungkuk di pinggang atau mengangkat dengan punggung.

Jaga posisi tidur nyaman
Tidurlah dengan posisi senyaman mungkin, dan disarankan tidur miring hindari menekuk satu atau kedua lutut. Gunakan bantal nyaman di antara lutut, di bawah perut (samping) dan di belakang Anda.

Coba terapi panas, dingin atau pijat
Gunakan bantal pemanas untuk menerapkan panas ke punggung anda hal ini akan membuat tulang punggung anda merasa nyaman dan membuka aliran darah lebih lancar, atau cobalah kompres menggunakan air es. Atau bisa juga meminta pasangan anda untuk memijat punggung anda secara halus, tidak boleh memijat area depan atau area perut.

Aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda
Aktivitas fisik secara teratur dapat menjaga dan melatih punggung anda menjadi lebih kuat kuat dan mungkin benar-benar meredakan sakit punggung selama kehamilan, tetapi usahakan jangan samapi terlalu capek. Anda juga boleh berolahraga ringan seperti jalan kaki. Akan lebih baik lagi jika anda konsultasikan ke dokter anda terlebih dahulu untuk mendapatkan penjelasan terperinci tentang olahraga yang baik dan nyaman untuk anda dan kandungan anda.


Anda mungkin juga meregangkan punggung bawah Anda. Beristirahat di tangan Anda dan lutut dengan kepala sejajar dengan punggung. Tarik perut Anda, pembulatan punggung sedikit. Tahan selama beberapa detik, kemudian bersantai perut dan kembali - menjaga punggung Anda sedatar mungkin. Secara bertahap bekerja sampai 10 pengulangan. Tanyakan dokter Anda tentang latihan peregangan lain juga.

Pertimbangkan terapi komplementer
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupunktur dapat membantu meringankan sakit punggung selama kehamilan. Pengobatan chiropractic tampaknya memberikan kenyamanan bagi beberapa wanita juga. Jika Anda sedang mempertimbangkan terapi komplementer, mendiskusikan pilihan dengan dokter Anda.

Rajin dan teratur berkonsultasi dengan dokter atau layanan medis terkait
Jika Anda memiliki sakit punggung yang parah selama kehamilan atau nyeri punggung yang berlangsung lebih dari dua minggu, konsultasikan dengan dokter Anda. Ia mungkin merekomendasikan obat seperti acetaminophen (Tylenol, others) atau perawatan lainnya.

Perlu diingat bahwa nyeri punggung selama kehamilan mungkin menjadi tanda persalinan prematur. Juga, sakit punggung selama kehamilan yang disertai dengan perdarahan vagina, demam atau terasa sakit atau panas saat buang air kecil bisa menjadi tanda dari masalah mendasar yang perlu perhatian segera. Jika Anda khawatir tentang sakit punggung Anda, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda segera.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara