Tips & Cara Mengatasi Panas Pada Android

Posted By : Posted on - 9:48:00 PM with No comments

Panas yang terjadi pada android umumnya hanya terjadi pada 2 sumber yaitu baterai dan processor. Baterai bisa panas jika penggunaan aplikasi dengan memori yang cukup besar akan menyerap daya baterai yang lebih tinggi dan output baterai akan lebih besar dan mengakibatkan baterai cepat panas, hal ini juga bisa disebabkan pemakaian aplikasi yang cukup lama atau tanpa henti sebagai contoh saja memutar musik, memainkan game, menonton film dll. Kedua pemakian aplikasi yang membutuhkan ruang memori yang cukup besar padahal memori yang tersisa cukup kecil sehingga prosessor akan cepat panas, begitu juga sinyal tidak stabil itu berarti membutuhkan daya ekstra untuk mencari sinyal dan pada akhirnya prosesor android akan panas.

Nah kali ini saya akan share tentang bagaimana cara mengatasi android yang cepat panas atau overheating. Panas merupakan hal yang alami dan pasti terjadi pada penggunaan sistem operasi baik itu android, windows, bbm, mac os maupun sistem operasi lain namun yang menjadi masalah adalah ketika panas melebihi kewajaran. Berikut adalah beberapa langkah untuk untuk mengatasi panas pada android:

mengatasi panas pada android

Cara Mengatasi Panas Pada Android

Memakai banyak aplikasi secara bersamaan
Yah pemakaian sistem yang besar merupakan faktor yang paling umum menimbulkan panas pada android baik pada prosesor atau baterai ponsel. Sebagai contoh saja anda bermain game, chating dan smsan secara bersamaan tanpa menutup aplikasi lain. Hal ini akan menyebabkan prosesor android bekerja dengan keras sehingga menyebabkan daya baterai besar dan akhirnya akan menimbulkan panas.

Suhu
Dalam kondisi normal pemakian mobile android dapat menyebabkan panas apalagi anda menggunakannya pada tempat yang bersuhu panas. hal itu jelas akan meningkatkan suhu mobile shingga bertambah panas, sebagai contoh saja anda menggunakan android anda di luar ruangan dibawah terik sinar matahari, atau anda diruangan tertutup yang bersuhu panas tentu saja android anda juga akan mengalami peningkatan suhu panas. Android tidak dilengkapi dengan cooler fan sebagaimana pada komputer atau netbook jadi wajar jika terjadi peningkatan panas, namun jangan menggunakan ponsel android anda di tempat tempat yang cukup panas. Android yang yang terlalu sering overhetaing akan mudah rusak seperti contoh saja kerusakan pada prosesor, sirkuit dan pada papan PCB.

Sinyal handphone
Jika sinyal pada tempat anda sedang kembang kempis, tidak stabil dan ponsel kesulitan memperoleh sinyal tentunya komponen di dalamnya akan bekerja lebih keras untuk memperoleh sinyal. Sebaiknya anda tidak memakai handphone android untuk surfing internet atau browsing untuk sementara waktu sampai sinyal benar benar stabil atau mudah didapatkan.

Aplikasi yang bekerja pada background
Walaupun beberapa aplikasi tidak anda gunakan namun tetap saja aplikasi tersebut tetap terhubung dengan menu android dan bekerja dibawah layar. jadi gunakan dan install aplikasi yang benar benar penting atau memang anda butuhkan. Atau jika memang membutuhkan aplikasi yang cukup banyak maka jangan menggunakannya sebagai widget terpasang pada screen utama atau shortcut. Dan selalu memeriksa aplikasi yang sedang berjalan dengan menutup aplikasi yang berjalan pada background menggunakan android task killer.

Periksa kualitas baterai handphone anda
Pastikan anda selalu membeli bateria asli yang disarankan untuk pemakaian pada android. Baterai asli akan tahan terhadap daya output yang overload sehingga baterai tahan terhadap panas dan minim menimbulkan panas. Usia baterai juga menjadi kendala, pastikan untuk mengganti baterai android anda jika kondisinya memang sudah berubah bentuk, cembung, sudah tidak tahan menyimpan daya yang cukup lama dan tidak layak pakai. Kalau baterai pada handphone anda sudah tua, tentunya akan lekas habis dan menimbulkan panas. Untuk itu ganti baterai yang sudah soak tersebut menggunakan baterai original sesuai dengan kapasitas daya baterai bawaan.

Mesin ponsel yang kotor
Mesin ponsel android yang kotor juga bisa menimbulkan panas alasanya mesin yang kotor akan kesulitan untuk release panas pada material akibatnya mesin mudah panas. Biasanya ponsel android akan dibekali dengan lubang kecil-kecil pada kesingnya, ini berguna untuk mengeluarkan suhu panas dari dalam hp android. Untuk mengatasi hal ini anda harus sering membersihkan hp anda dari debu yang melengket. Simpan hp pada tempat yang bersih, jauh dari tempat yang kotor yang berdebu, tas yang berdebu.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara