Tips & Cara Jitu Mencegah Ketombe Di Rambut

Posted By : Posted on - 6:30:00 PM with 1 comment

Ketombe merupakan pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Ketombe disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal, yaitu regenerasi sel pada kulit kepala yang terlalu cepat, sehingga menyebabkan bertumpuknya sisa-sisa sel kulit dan mnegelupas, nah sel sel kulit yang terkelupas inilah yang sering terlihat sebagai serpihan serpihan kecil dirambut anda. Ketombe akan normal jika terjadi jika hal itu berlangsung dengan jumlah yang sedikit, hal ini berfungsi untuk mengganti sel kulit mati dikulit kepala untuk membantu meregenerasi sel yang lebih baru di kulit kepala. Akan menjadi hal yang tidak normal dan kronis jika ada orang yang mengalami secara terus menerus dan pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi. Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan shampoo khusus atau pengobatan alami. nah baca juga cara alami mengatasi ketombe.

Ketombe dapat juga merupakan gejala dari seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Nah untuk mengobati rambut berketombe dengan efektif maka ketahui dulu penyebab ketombe dan anda akan mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengatasi rambut berketombe secara tepat sesuai penyebab ketombe tersebut. Pastikan anda jangan terlalu sering menggaruk kulit anda walaupun terasa sangat gatal, hal ini dapat menyebabkan kerusakan kulit, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko infeksi, dan yang paling sering menginfeksi luka pada kulit kepala saat anda berketombe adalah bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus.

tips efektif mencegah ketombe

Walaupun secara normal dan umum ketombe tidak berbahaya (asal bukan karena penyakit atau karena infeksi) namun hal ini tentu saja mampu menurunkan rasa kepercayaan diri bagi penderitanya, nah berikut adalah beberapa tips efektif untuk mencegah ketombe.

Cara Jitu Mencegah Ketombe Di Rambut

1. Perawatan rambut yang tepat bisa mencegah ketombe pada kulit kepala anda seperti dengan mengeramasi rambut anda secara teratur (namun jangan terlalu sering mengeramasi rambut menggunakan shampoo) sebaiknya keramasi rambut menggunakan sampaoo 2 hari sekali. Hal ini untuk menjaga kelembapan rambut anda dan membuat rambut anda tidak kering dan jika rambut dan kulit kepala anda kering hal ini justru akan membuat rambut anda berketombe.

2. Gunakan sampoo yang tepat untuk mengeramasi rambut anda sesuai jenis rambut dan kulit kepala anda. Shampoo yang tepat akan membantu mengembalikan tingkat keasaman kuilt kepala yang baik, memecah minyak, dan mencegah sel-sel kulit mati bertumpuk menjadi serpihan yang terlihat. Berikut ulasannya:

  • Gunakan sampo yang sesuai dengan kondisi rambut. Misalnya yang mengandungzanthoxylum  (mampu  mengangkat ketombe sekaligus mencegah timbul kembali). Pilihan lain adalah sampo yang mengandung selenium sulfida atau ketoconzole, yang berperan sebagai antimikroba, dan membantu menghilangkan ketombe dengan menyerang langsung  organisme pemicu terjadinya ketombe. Namun perlu untuk diingat untuk rambut yang diwarnai, hindari sampo anti-ketombe dengan kandungan sulfur atau selenium sulfida, karena dapat  melunturkan warna rambut.
  • Sampo yang mengandung sulfur juga dapat membantu melepaskan kulit mati sekaligus mengurangi pembentukan lemak kulit dan menekan pembentukan serta pelepasan kulit.
  • Sampoo yang mengandung Zinc- Pyrithion (ZPT), yaitu bersifat anti jamur yang dapat menekan pertumbuhan Pityrosporum ovale (P. Ovale), salah satu jamur penyebab ketombe. Produk perawatan rambut yang mengandung Tea Tree Oil juga dapat digunakan, karena dapat membantu mencegah timbulnya jamur P. Ovale.

Tip penggunaan shampoo
Jika masalah ketombe sudah teratasi, gunakan sampo anti-ketombe hanya sesekali atau saat benar-benar diperlukan.

3. Untuk perawatan sehari-hari, gunakan pelembap rambut tanpa dibilas yang mengandung ekstrak tumbuhan fenugreek.

4. Istirahat cukup.  Hal ini juga baik untuk metabolisme tubuh. dengan demikian dengan metabolisme yang normal maka kulit kepala anda juga akan sehat dan mencegah terjadinya ketombe.

5. Pola makan sehat dan teratur kurangi konsumsi makanan yang berminyak seperti gorengan.

1 comment:

  1. bermanfaat bgt,
    terimakasih ats informasinya,.
    izin share

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara