sponsored ads

Cara Pembuatan Makalah Yang Baik & Benar

Posted By : Posted on - 9:16:00 PM with No comments

Membuat Makalah - Bagi anda yang masih bersekolah atau kuliah tentu tak asing dengan laporan tugas ini. Ya makalah bisa disebut dengan karya tulis, laporan tugas merupakan karya akademis yang umumnya diterbitkan dalam suatu jurnal ilmiah dan membahas suatu pokok permasalahan tertentu. Yah tidak hanya mahasiswa atau mahasiswi saja yang dipusingkan dengan tugas makalah ini karena sekarang sekolah tingkat SMU/ SMK pun sudah menggunakan jenis makalah ini walaupun susunannya belum begitu resmi.

Paling susah adalah makalah yang merupakan hasil penelitian maupun laporan tugas resmi, karena memang harus menggunakan bahasa yang benar benar baku, menggunakan kertas standar untuk penyusunan makalah, font, spasi, ukuran font, struktur penulisan dll. Penyusunan sebuah makalah yang baik dan benar seharusnya memang harus diteliti dilapangan secara langsung. Maka tidak mengherankan jika banyak dari mahasiswa/i merasa kesulitan untuk membuat makalah ini apalagi mereka baru saja memasuki jenjang kuliah. Tetapi mau tidak mau tetap harus mendalami dan mempelajari tentang pembuatan makalah ini dengan baik dan benar karena memang hal ini sangat dibutuhkan. Pembuatan makalah secara umum biasanya memiliki elemen halaman seperti berikut ini:

cara membuat makalah yang baik dan benar

1. Cover
2. Judul Makalah
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Bab I Pendahuluan
6. Bab II Isi
7. Bab III Penutup
8. Daftar Pustaka

Menyusun Makalah Yang baik & benar

Nah setelah anda mengetahui elemen elemen paling umum dalam penyusunan makalah tersebut, kita akan membahasnya satu persatu dan akan kita uraikan lagi konten-konten yang ada dalam tiap elemen diatas:

1. Cover
Cover atau halaman depan memiliki pesan singkat yang menjelaskan secara singkat apa yang terkandung didalam makalah tersebut mulai dari:
  • Nama/ Judul Makalah
  • Logo Lembaga/ Institusi
  • Penulis/ penyusun yang mengajukan makalah tersebut
  • Nama Lembaga
  • Tahun Akademik.

2. Judul Makalah
Halaman Judul makalah berisi judul apa yang akan dibawakan dan nama dari penulis makalah. Pada lembar ini, penulisan judul makalah bisa disertai dengan penulis ataupun tanpa penulis makalah.

3. Kata Pengantar
Kata Pengantar merupakan kata-kata pengantar dari penulis berkenaan dengan topik yang dibawakan dalam makalah untuk menyuguhkan karya tulisnya kehadapan pembaca. Susunan kata pengantar ini biasanya berisi:
  • Salam pembuka
  • Mukadimmah/ pembuka
  • Sekilas proses pembuatan makalah
  • Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang dianggap membantu dalam pembuatan makalah tersebut
  • Penutup mukadimmah
  • Salam penutup
  • Dan terakhir, nama penulis/ pemakalah

4. Daftar Isi
Daftar Isi merupakan halaman makalah yang berisi letak setiap Kata pengantar, Daftar isi, Bab, dan daftar pustaka, yakni pada halaman mana ditulis oleh penulis, agar mempermudah pembaca dalam mencari bahan bacaannya. Halaman yang berisi letak halaman yang bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam pencarian materi yang ada dalam makalah tersebut berikut halamannya.

5. Bab I Pendahuluan
Pada elemen ini, kita mulai memasuki bab-bab makalah. Dimana dalam bab ini kita menerangkan konsep, rencana, gagasan, seputar permasalahan dan tujuan yang termuat dalam latar belakang penyususnan makalah. Setelah itu, adanya rumusan masalah, yakni masalah-masalah yang kita temukan pada materi makalah yang kita angkat tersebut.

Bab I Pendahuluan secara umum terdiri dari :

1.1 Latar Belakang
Berisi latar belakang dari penulisan makalah tersebut.
1.2 Rumusan masalah
Berisi masalah-masalah yang kita temukan pada materi makalah yang kita angkat tersebut
1.3 Maksud dan Tujuan
Berisi tentang apa yang menjadi maksud dan tujuan dari penulis menulis makalahnya.
1.4 Metode Penulisan
Metode apa yang digunakan dalam penulisan makalah tersebut.

6. Bab II Isi
Dalam bab ini, kita mulai menguraikan isi/ materi makalah, berisi pembahasan dari setiap masalah dan pokok permasalah yang telah disajikan atau pembahasan secara rinci dari setiap pokok permasalahan. Dimulai dari:
  • Pengertian/ definisi
  • Ulasan materi
  • Adanya alur perbandingan (kalau diperlukan)
  • Penyelesaikan masalah, berikut solusi dan kontribusi kita terhadap permasalahan yang ada pada materi makalah yang kita angkat tersebut.

7. Bab III Penutup
Berisi tentang kesimpulan dari penulis tentang topik yang telah dibawakannya. Di penutup ini juga kita kemukakan sambutan, terima kasih kepada pihak-pihak yang turut membantu dalam penyelesaian makalah tersebut.

III.2 Kritik & Saran
Berisi saran-saran dari penulis. Penulis juga haruslah membuka kesempatan kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran terhadap makalah kita. Hal ini bertujuan supaya dalam pembuatan makalah berikutnya lebih baik lagi.

8. Daftar Pustaka
Berisi daftar dari bahan bacaan / pustaka yang digunakan sebagai acuan dalam penyusunan makalah tersebut. Inilah bagian terakhir (sebelum cover belakang) dalam penyusunan sebuah makalah. Daftar pustaka ini berisi nama-nama literature yang kita jadikan referensi dalam pembuatan makalah tersebut. Literature disini meliputi jurnal ilmiah, buku, majalah, surat kabar, media elektronik, interview juga bias dari website internet. Akan tetapi, keberadaan/ keabsahan website internet untuk dijadikan referensi karya ilmiah masih menjadi pertentangan di kalangan akademisi. Ada kampus yang memperbolehkan, ada juga yang tidak membolehkan.

Nah demikian tadi merupakan susunan-susunan makalah secara umum yang disusun secara baik dan benar. Semoga artikel bermanfaat bagi para pembaca, jika ada masukan, saran maupun tambahan silahkan berkomentar di form komentar yang telah disediakan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara