6 Tips Meningkatkan Kinerja Android Yang Lemot

Posted By : Posted on - 8:34:00 PM with No comments

Sistem smartphone berplatform android sekarang ini marak digunakan dan menggser kedudukan smartphone canggih lainnya. Ya dengan fitur beragam dan cukup canggih para pengguna akan dimanjakan dengan layanan yang diberikan oleh smartphone berbasis android. namun apa jadinya jika smartphone kesayangan anda mengalami penurunan kecepatan atau sering kita menyebutnya dengan lemot. Sama halnya dengan sistem operasi yang digunakan di perangkat desktop, komputer maupun sistem operasi lain yang hampir sama, sistem operasi yang dipakai di perangkat mobile juga akan mengalami penurunan kinerja jika digunakan dalam waktu yang lama.

Penurunan kinerja bisa terjadi oleh beberapa faktor yang penyebab, dan berikut adalah beberapa faktor penyebab yang memungkinkan kinerja smartphone android anda menjadi melambat atau lemot:
  • Memori smartphone yang overload atau kekurangan ruang untuk menjalankan sistem (full memori)
  • Umur atau usia smartphone
  • Aplikasi yang terlalu banyak/ banyak aplikasi yang berjalan
  • Aplikasi yang dipasang di SD card yang berkualitas rendah

Nah tentu saja masih banyak faktor lain yang menyebabkan lemot pada android dan hal diatas adalah hal yang paling umum menyebabkan kinerja android anda lemot. Ok untuk mensiasati bagaimana cara agar kinerja android anda kembali meningkat dan tidak lemot lagi kali ini saya akan share tentang bagaimana mengatasi android yang lemot:

cara meningkatkan kinerja android yang lemot

Meningkatkan Kinerja Android Yang Lemot

Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan
Seringkali karena kemudahan yang diberikan pada layanan aplikasi gratis seperti Goole plystore menyebabkan kita terlalu banyak mengunduh aplikasi aplikasi untuk android kita dan kerugian yang kita dapat tentunya android menjadi semakin lemot. Perlu anda ketahui walaupun aplikasi aplikasi tersebut tidak anda jalankan namun aplikasi tersebut akan tetap berjalan dibelakang layar untuk tetap terhubung dengan menu android, ini berarti walaupun tidak digunakan aplikasi tetap akan menyerap memori yang dibutuhkan untuk tetap terhubung walaupun tidak memerlukan memori yang cukup besar, namun bisa anda bayangkan berapa banyak aplikasi yang anda pasang di android anda?

Oleh sebab itu pastikan anda memilih aplikasi yang memang benar benar dibutuhkan atau penting untuk aplikasi android anda, selanjutnya hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan hal ini akan kembali meningkatkan kinerja android anda. Caranya menghapusnya juga cukup mudah dilakukan, masuk ke menu Play Store – My Apps atau melalui setting – App – All dan lakukan penghapusan satu persatu aplikasi yang tidak anda butuhkan.

Kurangi Penggunaan Widget
Sama seperti aplikasi yang terdapat pada komputer penggunaan shortcut atau jalan pintas (menu di layar monitor utama) menyebabkan kinerja komputer menjadi lemot, hal ini disebabkan aplikasi aplikasi tersebut berjalan dan menyerap ruang memori atau Ram. Sama dengan komputer penggunaan widget widget yang anda pasang di screen utama android anda juga akan memangkas kebutuhan memori untuk sistem android. Seperti anda tahu widget tersebut selalu memberikan informasi secara real time, dengan demikian semakin banyak widget yang anda pasang di layar atau screen utama android anda akan berimbas pada lambatnya kinerja ponsel. Selain itu terlalu banyak widget juga membuat baterai dan bandwith cepat habis. Untuk mengatasi android lemot maka sebaiknya kurangi penggunaan widget.

Matikan Animasi
Salah satu indikasi Android mulai lemot adalah perpindahan menu yang melambat. Nah bagi anda yang memasang animasi perpindahan menu maupun animasi lain yang anda pasang terkait dengan menu android sebaiknya hal itu anda urungkan. Seperti kita ketahui seting default untuk perpindahan menu memungkinkan perpindahan menu yang satu ke yang lain akan lebih cepat. Penggunaan animasi perpindahan menu akan menguras memori yang lebih besar sehingga android anda akan melambat atau lemot. Untuk mempercepat agar lebih gesit, matikan animasi perpindahan menu. Caranya pergi ke menu setting – Developer options lalu seting off pada pilihan animasi yaitu window animation scale, Animator duration scale, dan Transition animation scale

Nonaktifkan Live Wallpaper
Live Wallpaper atau wallpaper bergerak atau wallpaper animasi seperti yang telah kita bahas pada poin diatas juga akan membuat kinerja android anda menjadi melambat. Selain membuat kinerja android melambat terbukti juga membuat daya baterai menjadi lebih boros. Nah, untuk efisiensi sebaiknya gunakan wallpaper biasa, caranya masuk ke menu setting- display dan ganti dengan gambar statis.

Gunakan microSD berkecepatan tinggi
Seperti kita ketahui android sekarang yang bermunculan memiliki memori eksternal yang cukup tinggi, memori internal yang relatif besar yaitu 4 atau 8 GB bahkan ada yang lebih besar dari itu. Nmaun namanya manusia diberi ruang yang besar masih saja tidak merasa cukup termasuk saya hehehehe...hal itu saya yakin juga termasuk anda juga memasang memori tambahan atau memori eksternal (SD card) untuk menampung aplikasi yang lebih banyak. namun perlu anda ketahui bahwa SD card yang tidak berkualitas baik dalam hal ini dalam sisi kecepatan hanya akan membuat android anda menjadi lemot. SD card membutuhkan komunikasi untuk membaca dan menulis data di luar ponsel dan jika anda menggunakan SD card yang berkualitas jelek maka pembacaan data akan berlangsung lama itu berarti kinerja android anda akan melambat atau lemot. Oleh sebab itu gunakan microSD yang berkecepatan tinggi, kartu dengan kelas 6 atau 10 mungkin menjadi yang terbaik untuk kinerja Android.

Menggunakan pengelola memori
Bagi anda yang menyukai surfing di internet menggunakan android, anda perlu menginstall aplikasi pengelola memori. Seperti kita ketahui selama kita surfing sistem android akan menyimpan cache (memori data internet) dan hal itu lama kelamaan akan menyimpan banyak data. Jika tidak anda refresh atau bersihkan tentu saja hal itu akan membuat kinerja android anda akan melambat atau lemot. Untuk meningkatkan android dan kinerja maksimal Anda bisa mengombinasikan dengan aplikasi pengelola memori seperti Cache Cleaner atau aplikasi pengelola memori yang banyak disediakan di Google Playstore.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara