Tips Ampuh Membedakan Keaslian Madu

Posted By : Posted on - 4:14:00 PM with No comments

Tips membedakan keaslian madu - Pernahkah anda merasa tertipu membeli madu yang palsu? Jika iya pasti sedikit banyak sudah mengerti tentang bagaimana membedakan keaslian madu apakah asli atau palsu. Sebenarnya madu palsu itu tidak ada yang ada hanya madu alami yang ditambahkan dengan tambahan lain mungkin seperti tambahan air atau gula sehingga jumlahnya banyak dan menguntungkan bagi pihak yang berkepentingan.

Nah tentu saja anda sebagai konsumen tentunya merasa rugi dong, dengan harga sama sebetulnya anda dapat madu asli tanpa tambahan bahan apapun (alami) namun anda mendapat madu yang "palsu". Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga.

tips membedakan madu asli dan palsu

Selain itu madu yang ditambahkan bahan tambahan umumnya keawetannya berkurang beda dengan madu asli. Kenapa madu bisa asli bisa awet dikarenakan  kadar air dalam madu asli cukup rendah yaitu 0,5. Tentunya madu asli juga mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah daftar kandungan nutrisi dalam madu:

Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
    Energi
    1,272 kJ (304 kcal)
    Karbohidrat
    82.4 g
    Gula
    82.12 g
    Serat pangan
    0.2 g
    Lemak
    0 g
    Protein
    0.3 g
    Air
    17.10 g
    Riboflavin (Vit. B2)
    0.038 mg (3%)
    Niacin (Vit. B3)
    0.121 mg (1%)
    Asam Pantothenat (B5)
    0.068 mg (1%)
    Vitamin B6
    0.024 mg (2%)
    Folat (Vit. B9)
    2 μg (1%)
    Vitamin C
    0.5 mg (1%)
    Kalsium
    6 mg (1%)
    Besi
    0.42 mg (3%)
    Magnesium
    2 mg (1%)
    Fosfor
    4 mg (1%)
    Kalium
    52 mg (1%)
    Natrium
    4 mg (0%)
    Seng
    0.22 mg (2%)

Nah dari sekian banyaknya kandungan nutrisi ini maka tidak salah jika anda harus mengonsumsi madu alami, namun kendalanya adalah bagaimana mendapatkan madu yang benar benar alami tanpa tambahan sedikitpun. Jika anda mau yang asli tentu saja anda harus memelihara tawon sendiri, namun itu juga kendala bagi kebanyakan orang. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan madu ini ya memang harus membeli. Dan dibutuhkan sedikit tips untuk mengetahui madu yang benar benar asli. Berikut adalah tips membedakan keaslian madu.

Tips Ampuh Membedakan Keaslian Madu

Harganya
Harga madu asli tentu memiliki harga yang cukup mahal daripada madu yang palsu. Sebaiknya cek dahulu harga madu asli berapa, jika anda ditawari madu yang harganya jauh lebih murah tentu saja anda ditawari madu palsu, walaupun harga setiap madu dari jenis tawon yang berbeda harganya juga tidak sama namun tidak memiliki jumlah selisih yang jauh.

Uji menggunakan Kertas
Anda bisa menguji keaslian madu menggunakan kertas Hvs atau kertas buku tulis. Caranya balurkan madu pada kertas, kertas yang di balur oleh madu asli tidak akan mudah robek, sedangkan kertas yang di balur madu palsu akan sangat mudah robek karena madu tersebut dipastikan memiliki kadar tinggi air dan tentu saja karena madu telah dicampur dengan air.

Dipanaskan
Cara kedua untuk menguji keaslian madu adalah dengan memanaskannya. Cukup sederhana saja, tuangkan madu dalam sendok lalu anda sulut korek api dibawah sendok tadi. Madu asli akan mengandung banyak busa sedang madu yang palsu akan mengandung sedikit busa.

Masukkan Air
Madu asli yang di teteskan kedalam air tidak akan bercampur justru akan jatuh kedasar air, namun madu palsu justru akan larut bersama air putih tersebut.

Memakai korek Api
Uji keaslian madu juga bisa dilakukan dengan korek api. Celupkan kepala korek api, lalu gesekan. Jika menyala maka madu yang di celupi korek api tadi asli dan jika tida maka madu tadi adalah madu palsu karena mengandung banyak air jadi korek api tidak menyala.

Dibekukan
Cara terakhir yang saya bagikan ini adalah dengan menyimpannya di dalam lemari es. Madu asli tidak akan membeku meskipun di simpan dalam lemari es, sedangkan madu palsu akan menjadi beku seperti layaknya air yang biasa kita simpan dalam lemari es.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara