Kesulitan Tidur, Berikut 5 Cara Mengatasinya

Posted By : Posted on - 4:16:00 PM with No comments

Cara mengatasi susah tidur - Gejala susah tidur atau insomnia merupakan hal yang wajar dan paling umum terjadi dewasa ini, kesibukan, stres, diet merupakan beberapa faktor yang paling umum menyebabkan hal ini. Seperti anda ketahui kekurangan waktu istirahat dan kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan tubuh anda rentan terhadap serangan penyakit. Dan yang paling umum terjadi adalah jika anda kekurangan waktu untuk beristirahat atau tidur maka tubuh anda akan lemas, letih, tidak fit, malas dan kurang fokus. Kurang tidur telah dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas dan depresi.

Istirahat adalah cara terbaik untuk tubuh untuk mengembalikan tenaga yang terbuang untuk beraktifitas sehingga saat bangun tubuh anda kembali fit dan bugar. Nah jika anda kurang waktu tidur itu akan menyebabkan kualitas tidur anda buruk dan terganggu. Selain hal itu tidur adalah bagian penting dari kehidupan untuk menjaga kesehatan fisik, mental dan emosional yang baik.

cara mengatasi kesulitan tidur

Salah satu penyebab tidur anda tidak berkualitas adalah karena anda kesulitan untuk tidur dimalam hari, sehingga jatah waktu tidur anda berkurang atau tidur anda terganggu sehingga sering terbangun dimalam hari. Berikut adalah beberapa cara mengatasi gejala kesulitan tidur dengan cara yang sederhana, sehingga anda mendapatkan kualitas tidur yang baik:

Cara Mengatasi kesulitan tidur

Pola istirahat teratur
Jika anda teratur tidur jangan mengubah jadwal tidur anda, sehingga tidak mengganggu kebiasaan anda untuk tidur dimalam hari. Jadwal kapan anda harus tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Hal ini akan membantu memperkuat siklus atau pola istrirahat anda lebih teratur. Hal ini akan meningkatkan kualitas tidur malam Anda. Hentikan kegiatan atau kesibukan jika sudah wakutnya anda harus pergi tidur agar tidak mengacaukan pola tidur anda.

Pola makan sehat dan seimbang

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang akan membantu tubuh anda menjaga sistem tubuh untuk berjalan sesuai mekanisme yang seharusnya. Apa yang anda makan memainkan peran penting dalam tidur anda. Ada banyak item makanan yang mengandung zat-zat alami diyakini menginduksi tidur atau membantu agar rasa kantuk anda datang seperti keju, susu, almond, selada, tuna, salmon, jus ceri, dll. pastikan anda tidak terlalu kenyang saat akan pergi tidur atau terlalu lapar saat akan tidur.

Terlalu kenyang membuat anda akan kesulitan untuk memejamkan mata anda dan merasa tidak mengantuk karena usus anda akan terus bekerja untuk mencerna makanan. terlalu lapar juga tidak baik hal ini biasanya menyebabkan anda akan terbangun saat tengah malam karena lapar dan tentunya ini akan mengganggu kualitas tidur anda.

Hindari zat stimulan
Zat stimulan adalah zat yang menyebabkan anda tetap terjaga dan tidak merasakan kantuk. Kafein, nikotin dan asupan alkohol harus dibatasi sebelum waktu tidur karena ini dapat mengganggu tidur di malam hari.

Hindari stres
Stres merupakan penyebab paling umum yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur. Umumnya orang akan memikirkan apa yang menjadi maslah mereka saat akan beranjak tidur, karena disiang hari mereka disibukkan dengan kegiatan atau aktifitas yang mereka lakukan.

Tempat & suasana tidur yang nyaman
Selain hal hal yang saya sebutkan diatas suasana dan lingkungan juga bisa mempengaruhi anda untuk kesulitan tidur dimalam hari. Cahaya yang terlalu terang, lingkungan yang terlalu berisik, tv dan komputer yang trus menyala, hal itu harus anda hindari. Ubah atau redupkan cahaya lampu, matikan tv atau komputer agar tidak mengganggu konsentrasi anda untuk tidur dll.

Selain itu jaga kamar tidur Anda bersih dan rapi agar membantu anda untuk mudah tertidur, pastikan bahwa tempat tidur Anda nyaman. Gunakan peralatan tidur yang nyaman dan bersih. Penelitian telah menunjukkan bahwa kasur dan bantal yang baik dapat berkontribusi untuk tidur yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara