Cara Mengetahui Backlink Yang Benar - Benar Berkualitas

Mengukur kualitas backlink - Backlink memiliki banyak sebutan  seperti link kembali, inlink, income link, inbound link, link balik ataupun sebutan lain untuk backlink ini merupakan link yang diterima oleh web dari situs web lain setidaknya begitu menurut situs wikipedia. Lalu apa sebenarnya kegunaan dari backlink ini? Didalam situs Google menyebut bahwa backlink merupakan tolok ukur kekuatan sebuah blog atau web yang dirasa penting untuk sebuah mesin pencari. Blog atau web yang memiliki backlink yang berkualitas dari situs web atau blog lain akan mempengaruhi kekuatan indeks artikel pos di mesin pencari. Dengan kata mudahnya blog atau website yang memiliki backlink berkualitas akan lebih memiliki kesempatan atau peluang yang lebih tinggi untuk tampil dihalaman pertama mesin pencari.

Lalu apa pengaruhnya untuk blog Anda?
Yah mungkin pertanyaan semacam itu yang mungkin muncul dipikiran anda. Pengaruh pengindeks an artikel blog anda pada urutan halaman teratas mesin pencari tentunya akan menguntungkan blog atau web anda, dengan kata lain blog anda akan lebih banyak dikunjungi atau ditemukan oleh para pengguna internet karena lazimnya pengunjung akan mencari apa yang mereka cari melalui kata kunci atau keyword yang mereka ketikkan. Itu berarti pengunjung blog anda akan lebih banyak daripada blog lain yang muncul dihalaman rendah di mesin pencarian.

cara mengetahui backlink berkualitas

Cara mengetahui backlink yang berkualitas
Mengetahui backlink yang benar benar berkualitas mungkin hal ini yang belum banyak diketahui oleh para pemilik blog atau web, sehingga mereka menggunakan cara yang salah akhirnya hal itu tetap tidak meningkatkan kekuatan atau popularitas blog yang mereka miliki. Dari banyaknya kriteria untuk backlink yang berkualitas ini saya hanya akan share poin poin yang terpenting saja. Pada intinya adalah bukan seberapa banyak link yang anda miliki namun seberapa kuat link atau kualitas link yang anda miliki.

100 ribu backlink yang anda miliki dengan cara spam atau hanya dari 1 blog atau web yang tidak berkualitas tetap saja akan dianggap jelek oleh Google, namun anda cukup memiliki 100 link yang benar benar berkualitas itu akan lebih baik dan dianggap penting oleh Google jika backlink itu anda dapat dari situs yang berkualitas. Lalu bagaimana anda mengetahui backlink tersebut berkualitas, nah saya akan share poin penting berbedaan link berkualitas dan yang tidak.

Backlink yang berkualitas dan tidak
  • 1 Backlink yang didapat dari web atau blog yang memiliki keterkaitan niche yang sama dengan blog anda akan lebih baik daripada 1000 backlink  spam yang tidak berkaitan sama sekali.
  • Backlink spam dianggap backlink yang tidak berkualitas (spam merupakan penempatan link berulangkali pada sebuah blog lain) biasanya saya sering menemukan di komentar blogwalking, banyak yang berkomentar di berbeda beda halaman blog namun dengan kata yang sama bahkan lebih parah lagi berkomentar tidak sesuai dengan isi dari posting tersebut. Untuk itulah pentingnya berkomentar dengan baik dan benar.
  • Backlink yang didapat dari situs situs otoritas atau memiliki rank yang lebih tinggi, menurut beberapa pakar SEO web otoritas yang memiliki ekstensi seperti .org .gov .co .ac akan lebih baik karena situs tersebut milik instansi yang mana isi post nya tentu berkualitas.
  • backlink yang didapat dari backlink generator atau dari situs direct memiliki pengaruh yang buruk untuk blog anda alaupun anda memiliki banyak backlink dnegan cara tersebut.

Nah mungkin itu dulu yang dapat saya sampaikan sebenarnya masih banyak lagi kriteria backlink yang berkualitas namun saya sudah ngantuk hehehehe, mungkin lain waktu kita sambung lagi, jika ada yang mau menambahkan silahkan berkomentar dikotak form komentar yang telah disediakan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara