Cara Mengatasi Leher kaku & Pegal - Pegal

Mengatasi leher kaku - Leher kaku & pegal-pegal biasanya terjadi akibat banyak faktor yaitu posisi tidak bergerak cukup lama seperti menonton tv atau komputer, posisi tidur yang salah, stres, sentakan yang tiba -tiba dll. Jika leher kaku ini dibiarkan bisa menimbulkan masalah lain seperti pusing, emosional, tidak fokus karena urat urat syaraf yang menuju ke area kepala berada di leher.

Beberapa mitos mengatakan bahwa tidur tanpa menggunakan bantal akan mengatasi leher kaku & pegal pegal itu tidak sepenuhnya benar. Penggunaan bantal sebagai penyangga tidur akan lebih baik menopang tulang leher saat anda tertidur dan tentunya membuat tidur anda merasa nyaman.

Kita perlu bantal untuk memberikan istirahat untuk tulang belakang leher kami atau tengkuk. Satu harus melihat ke arah mengisi kesenjangan di jembatan belakang leher. Orang dengan leher panjang seharusnya tidak pernah tidur tanpa bantal karena akan memberikan tekanan yang tidak diinginkan pada kurva leher Anda mengarah ke leher keseleo. Berada di depan komputer atau menonton tv dengan posisi sama juga bisa menyebabkan otot leher anda tegang. Jika anda memang bekerja didepan komputer untuk waktu yang lama minimal anda harus berdiri atau berjalan sebentar minimal 5 menit agar otot leher anda tidak terasa kaku dan pegal -pegal. Berikut beberapa tips mengatasi atau mencegah agar otot leher anda tidak kaku:

mengatasi ketegangan otot leher

Mengatasi Leher kaku & Pegal - Pegal

Memilih bantal yang baik
Tingkat kenyamanan berbeda untuk setiap orangnamun perlu untuk diperhatikan bahwa kondisi bantal yang baik menurut kesehatan akan memiliki standar yang hampir sama. Memilih bantal yang baik seperti bantal yang tidak terlalu empuk tapi juga tidak terlalu keras agar membantu menjaga postur tulang leher anda saat tidur. Menempatkan bantal yang tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah akan menjaga tulang leher terasa nyaman saat anda tidur.

Postur
Menjaga postur dudk anda dengan baik saat anda harus berlama lama untuk duduk seperti bekerja, kuliah ataupun apapun itu. Jika anda berada dalam posisi duduk dengan postur tubuh yang buruk, otot leher Anda akan mengalami kaku, pegal pegal ataupun pusing. tempatkan posisi tv atau komputer sejajar dengan kepala anda sehingga anda tidak terlalu menunduk atau mendongak.

Stres yang berlebihan
Stres mengencangkan otot-otot leher yang menempatkan tekanan pada leher dan menyebabkan rasa sakit. Stres juga dapat memicu sakit kepala dan ketegangan atau rasa kaku yang menyebar ke leher Anda mulai dari dahi. Pastikan anda tidak berpikir keras yang bisa menyebabkan anda stres sehingga menimbulkan leher anda terasa kaku.

Posisi tidur yang baik
Posisi tidur yang buruk ditengarai merupakan penyebab umum rasa kaku dan tegang pada leher. Pemilihan peralatan tidur yang baik akan mencegah anda dari ketegangan otot leher. Usahakan tidur dengan posisi terlentang menurut pakar medis mencegah anda dari kekakuan atau ketegangan pada otot leher.

Olahraga
Tubuh yang aktif bergerak akan mencegah anda dari ketegangan otot leher, namun perlu diperhatikan untuk tidak melakukan gerakan tiba tiba pada leher anda. lakukan pemanasan sebelum anda berolahraga agar otot anda meregang.

Terapi panas
Terapi panas pada leher bagian belakang akan membantu melemaskan otot leher anda. Cara nya bisa menggunakan balsem atau minyak kayu putih. Atau cara sederhana dengan memasukkan air hangat dalam botol atau plastik lalu usapkanlah atau letakkan pada leher bagian belakang. hal ini akan membantu melemaskan otot leher anda yang kaku.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara