sponsored ads

Cara Mengatasi Komedo di Hidung & Wajah

Posted By : Posted on - 11:15:00 AM with No comments

Mengatasi komedo dengan alami - Pernahkah anda dibilang memiliki hidung landak karena komedo di hidung anda, sebutan hidung landak sering sampaikan bagi mereka yang memiliki banyak komedo dihidungnya. Tapi apa sih sebenarnya komedo itu? Menurut situs wikipedia komedo merupakan tumpukan minyak maupun kotoran bisa dari sel kulit mati, debu, minyak maupun sisa sisa kosmetik yang menyumbat pori-pori kulit. Komedo terdiri dari 2 jenis yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead). Sedang penyebab komedo ini adalah sekresi atau penumpukan sel kulit mati atau minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebaceous) pada pori pori kulit hingga membuat pori pori kulit itu tersumbat.

cara alamai mengatasi komedo
Komedo terbuka & tertutup

Jenis-jenis Komedo
Komedo biasanya terdiri dari dua jenis yaitu komedo terbuka (balckhead) dan komedo tertutup (whitehead). Berikut penjelasannya:
  • Komedo terbuka (blackhead) adalah terjadi ketika pori-pori membesar dan terbuka ke permukaan kulit dan ke kelenjar minyak, lalu teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi warna hitam/coklat. Komedo jenis ini adalah komedo yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Nah komedo ini biasanya sering dialami oleh orang yang memiliki pori pori yang besar dan biasanya terdapat pada hidung.
  • Komedo tertutup (whitehead) adalah komedo yang terjadi dari penumpukan sel kulit mati atau minyak dan terperangkap dibawah lapisan kulit makanya disebut dengan komedo tertutup, komedo ini ditandai dengan bintik bintik warna putih atau kuning dibawah permukaan kulit seperti bawah mata, pipi, dagu ataupun dahi.

Mencegah komedo
Nah ada beberapa cara agar wajah anda terbebas dari komedo ini, berikut tips pencegahan komedo:
  1. Jaga agar wajah selalu bersih dengan rajin membersihkannya.
  2. Hindari seringnya menggunakan kosmetik yang mengandung banyak minyak.
  3. Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak seperti gorengan, daging berlemak, junk food dll
  4. Perbanyak minum air putih.

Cara alami mengatasi komedo
Ada banyak cara untuk mengatasi komedo menggunakan bahan bahan alami yang bisa anda kerjakan sendiri dirumah, berikut cara alami mengatasi komedo.

Menggunakan madu
madu memiliki manfaat melembapkan, menyamarkan noda hitam, menghaluskan dan menutrisi kulit. Caranya adalah dengan menghangatkan madu secukupnya lalu oleskan pada wajah yang terdapat komedo dan bilas menggunakan air hangat.

Lemon
Lemon memiliki manfaat mengangkat sel kulit mati, membantu meremajakan kulit, dan mengangkat kelebihan minyak pada kulit wajah. caranya adalah dengan mengambil air perasan dari lemon ini lalu oleskan pada wajah yang ada komedo nya diamkan selama 15 menit lalu basuh menggunakan air dingin.

Gel lidah buaya
Gel lidah buaya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit salah satunya adlah vit E. caranya ambil gel atau lendir yang terdapat pada daging daun lidah buaya lalu oleskan pada komedo dan diamkan sampai kering. Setelah itu bilas menggunakan air dingin. baca juga cara mengatasi jerawat.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara