5 Tips Utama Mencegah Kanker

Posted By : Posted on - 12:31:00 PM with No comments

Mencegah kanker - Fakta bahwa kanker merupakan penyakit yang menakutkan adalah benar adanya, hampir semua kanker berbahaya dan memicu kematian jika tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut. Bahkan penanganan untuk penyakit kanker ini membutuhkan waktu yang lama, biaya yang mahal. Kita semua mengetahui bahwa kanker merupakan salah satu jenis penyakit paling banyak membunuh didunia ini, bahkan jenis jenis kanker pun semakin banyak ditemukkan. Menurut bahasa medis kanker adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan biologis di dekatnya atau bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Nah untuk itulah kenapa kanker dikategorikan sebagai penyakit yang berbahaya. Namun, kenyataannya adalah bahwa sebagian besar kanker dapat dicegah melalui perubahan gaya hidup, deteksi dini dan pengobatan. Mencegah akan lebih baik daripada mengobati adalah pernyataan yang tepat untuk mencegah kanker ini menyerang anda. Mengonsumsi makanan yang sehat & berimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup, menghindari rokok, dll. Ingat, pilihan gaya hidup yang Anda buat sehari-hari, tidak peduli seberapa kecil mereka, dapat membuat perbedaan besar dalam hidup Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah kanker:

mencegah penyakit kanker

Tips Mencegah Kanker

Makan makanan yang sehat
Makanan yang Anda makan memainkan peran penting dalam kesehatan Anda secara umum, dan dalam hal ini untuk mencegah penyakit kanker. Risiko kanker seseorang dapat dikurangi dengan mengonsumsi diet kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Batasi asupan lemak Anda, terutama yang berasal dari sumber hewan. Non-vegetarian harus membatasi konsumsi daging merah. Juga, asupan makanan asin dan makanan olahan dengan garam harus diambil dalam moderasi. Kurangi kadar gula dalam makanan, menghindari makanan siap saji (junk food), mie instan, jajanan yang tidak sehat dll.

Hindari kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk seperti hidup yang tidak higienis baik kebersihan tuubh maupun lingkungan anda. Hindari merokok atau hal apapun tentang tembakau, seperti anda ketahui 1 batang rokok setidaknya mengandung lebih dari 4000 toxic dan bahan kimia berbahaya. Tembakau dalam bentuk apapun adalah berbahaya bagi kesehatan dan meningkatkan risiko terkena kanker. Beberapa contoh kanker yang bisa disebabkan oleh tembakua ini adalah kanker paru paru, kandung kemih, leher rahim dan ginjal, kanker mulut dan pankreas.

Hindari juga minum minuman keras, jika anda memang tidak bisa menghentikan kebiasaan anda untuk minum tetapkan batas minum moderat. Studi menunjukkan bahwa standar aman dua gelas kecil minuman untuk pria dan satu minuman untuk wanita sehari-hari. Namun alangkah baiknya anda memberhentikan kebiasaan buruk ini. namun beberapa penelitian menunjukkan dan mengklaim bahwa minum segelas kecil anggur sehari dapat memberikan kesempatan yang lebih baik untuk menghindari gagal jantung dibandingkan mereka yang tidak minum sama sekali.

Kebiasaan buruk lain adalah stres. stres memicu sistem kekebalan tubuh menurun sehingga saat sel kanker menyerang sistem tubuh anda tidak mampu menangkalnya. stres merupakan hal yang wajar dan bagian hidup kita, namun dengan mengelola tingkat stres kita ke batasan paling rendah akan mampu menurunkan tingkat resiko terkena berbagai penyakit termasuk kanker.

Olahraga secara teratur
Olahraga merupakan cara yang efektif mencegah penyakit apapun itu, termasuk juga dalam pencegahan penyakit kanker ini. Dengan berolahraga teratur minimal 30 menit tiap hari akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dari serangan penyakit dan membuat anda tetap sehat. Orang bisa dikatakan sehat jika tidak ada gangguan yang menyebabkan oragan tubuh berjalan tidak normal, dan sistem dalam tubuh berjalan secara normal.

Berolahraga fisik selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan risiko kanker Anda seperti kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker ginjal. Olahraga juga tidak harus berat seperti jogging, berjalan santai, berenang, senam mampu menurunkan resiko terserang kanker.

Perlindungan dari terik matahari
Sinar matahrai sangat berguna bagi kesehatan tubuh anda namun itu berlaku hanya ketika sinar matahari dari pukul 7-9 saja, selepas itu sinar matahari akan mengandung sinar ultraviolet (UVA / UVB) yang bisa meningkatakan resiko kanker kulit. Jika anda harus banyak beraktifitas di bawah sinar matahari terik seperti pekerja lapangan maka gunakanlah pakaian yang melindungi kulit anda dari sinar matahari langsung, atau menggunakan sunblok yang anti sunscreen dengan SPF 15 akan melindungi kulit anda di bawah sinar matahari.

Perawatan medis yang teratur
Mengetahui secara dini adalah hal yang efektif untuk emncegah kanker ini, periksa kondisi kesehatan anda minimal 2 atau 3 bulan sekali sehingga anda akan mendapatkan penanganan tepat sebelum penyakit menjalar termasuk kanker ini. Mendapatkan perawatan medis yang teratur dapat mengurangi resiko terkena kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa skrining untuk serviks, kolorektal dan kanker payudara dapat membantu mengobati mereka sebelum berubah menjadi kanker stadium lanjut yang mematikan. Juga, vaksin seperti human papillomavirus (HPV) dan Hepatitis B dapat membantu mengurangi risiko kanker.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara