5 Tips Efektif Mengatasi Komedo Di Wajah

Mengatasi komedo - Komedo merupakan tumpukan kotoran atau minyak berlebih yang menyumbat pori pori kulit. Umumnya penderita komedo ini terjadi pada usia remaja dan orang dewasa, walaupun tidak berbahaya namun komedo mampu mengurangi rasa kepercayaan diri. Komedo ini terdiri dari dua jenis komedo yaitu komedo terbuka atau biasa disebut komedo hitam (blackheads) merupakan jenis komedo atau bintik hitam yang muncul pada pori-pori wajah yang tidak terlapisi oleh epitel kulit yang terjadi karena penyumbatan pori pori kulit oleh minyak, sel kulit mati maupun kotoran dan umumnya berwarna gelap maka disebut sebagai komedo hitam. Komedo ini bisanya menyerang pada seseorang yang memiliki pori pori kulit yang besar dan umumnya terjadi didaerah hidung.

Komedo tertutup atau sering disebut komedo putih (whiteheads) merupakan jenis komedo atau bintik putih yang menonjol dari dalam kulit wajah (komedonya di bawah epitel kulit), sehingga komedo ini berada dibawah jaringan kulit dan menonjol berwarna putih maka disebut dengan komedo tertutup (karena lokasinya dibawah kulit) atau komedo putih (karena umumnya komedo ini berupa tonjolan berwarna putih dan biasanya terjadi diarea bawah bibir, bawah kelopak mata, pipi maupun dahi.

Komedo ini dapat dihilangkan dengan mengunjungi dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit mauun kecantikan untuk mendapatkan perawatan yang cepat, namun tentu saja anda harus bersiap membutuhkan dana yang relatif banyak. Namun tenang saja sebenarnya ada cara alami yang juga efektif untuk menyingkirkan komedo ini dengan bahan bahan alami yang aman untuk kulit anda. Berikut beberapa cara pengobatan alami yang bisa anda lakukan dirumah (pilih salah satu saja):

mengatasi komedo di wajah

Mengatasi Komedo Di Wajah

Menggunakan uap air panas
Uap air panas berguna untuk membuka pori pori kulit dan berguna untuk mengencerkan tumpukan lemak pada pori pori kulit sehingga mudah keluar. Caranya sangat mudah dan bisa anda lakukan sendiri dirumah. Caranya rebus air hingga mendidih, setelah mendidih tuangkan dalam baskom atau wadah lain yang agak besar. Tempatkan wajah anda diatas baskom yang mengandung uapa air tadi namun perlu untuk diingat agar jangan terlalu dekat bisa bisa wajah anda melepuh karena uap panas ini. Tekan atau pinch komedo pada wajah agar keluar dan wajah anda bersih dari tumpukan minyak atau sel kulit mati penyebab komedo selama 5-10 menit. Saat anda merasa wajah anda sudah bersih dari komedo bersihkan wajah anda mnggunakan lap halus atau handuk yang bersih.

Gel lidah buaya
Lidah buaya atau aloevera mengandung bahan bahan alami atau nutrisi yang bagus untuk kulit sebut saja Vit E. Kandungan dalam gel lidah buaya juga cukup efektif untuk membersihkan kulit wajah agar terbebas dari komedo. Lidah buaya ini banyak ditemukkan dsekitar rumah anda, jika anda tidak punya minta saja kepada tetangga atau teman anda yang memiliki tanaman ini. Pastikan wajah anda dalam keadan bersih sebelum menggunakan gel lidah buaya ini. usapkan gel pada area wajah yang terdapat komedo dan diamkan sampai gel mengering, lalu bersihkan dengan air bersih.

Jaga agar wajah tetap bersih
Komedo terjadi ketika pori-pori Anda tersumbat dengan kotoran dan minyak maupun sel kulit mati. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kebersihan secara menyeluruh untuk wajah Anda. Memastikan wajah selalu bersih akan menurunkan resiko untuk timbulnya komedo pada wajah.

Putih telur
Putih telur memang sangat ampuh untuk menjaga kecantikan wajah dengan memberikan nutrisi penting untuk kulit, melembapkan serta menghaluskan kulit wajah. Selain bisa menghilangkan jerawat beserta bekasnya, ternyata putih telur juga ampuh menghilangkan komedo. Caranya sangat mudah bersihkan dahulu wajah anda dari kotoran atau minyak pada wajah, ambil satu buah telur lalu pisahkan putih dan kuning telur. Gunakan putih telur untuk masker wajah dan pijat pijat kulit wajah anda selama 5-10 menit. setelah itu diamkan beberapa saat lalu bilas menggunakan air dingin. Air dingin berguna untuk menutup pori pori kulit.

Lemon
Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, antioksidan dan antibakteri yang baik. Selain itu lemon juga mampu mencerahkan warna kulit, meregenerasi sel kulit mati. Anda dapat mengelupas kulit mati dan membersihkan komedo dengan bantuan lemon. Cara memakainya cukup mudah potong 1 buah lemon menjadi 2 potong lalu gosokkan potongan potongan lemon ini pada wajah anda secara perlahan sampai komedo anda hilang.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara