5 Tips Efektif Mencegah Tekanan darah Tinggi (Hipertensi)

Mencegah hipertensi - Tekanan darah tinggi atau yang sering disebut dengan hipertensi adalah suatu kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri yang meningkat. Hal yang paling umum menjadi penyebab tekanan darah tinggi ini adalah penyumbatan rongga arteri oleh gumpalan lemak sehingga tekanan darah meningkat. Coba anda bayangkan air yang keluar pada pipa pralon yang idealnya menggunakan pipa berdiameter 4 inch tapi anda menggantinya dengan 2 inch tentu saja tekanan air akan meningkat dan deras keluar. hal itu sama seperti kondisi pada penderita tekanan darah tinggi. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Secara medis tekanan darah diukur melalui 2 cara pengukuran yaitu sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis yang kronis akan meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan terkait termasuk penyakit jantung, stroke dan ginjal. Gaya hidup yang tidak sehat sering ditengarai penyebab umum penyakit ini. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi:

mencegah penyakit hipertensi

Mencegah Tekanan darah Tinggi (Hipertensi)

Menjaga berat badan ideal
Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa tekanan darah biasanya paling umum disebabkan rongga arteri maupun pembuluh darah yang tersumbat oleh gumpalan lemak sehingga jantung harus ekstra keras memompa darah yang akan dialirkan ke seluruh tubuh. Dan penyumbatan oleh lemak ini biasanya dialami orang yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas). Orang yang kelebihan berat badan harus menurunkan berat badan untuk menghindari risiko hipertensi. Menjaga berat badan normal (misalnya, indeks massa tubuh 20–25 kg/m2).

Pola makan sehat & seimbang
Diet Seimbang dan makanan sehat dapat membantu menjaga tekanan darah di bawah kontrol. Banyak buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kalium dalam diet harus diambil. Dan salah satu harus mengikuti diet yang akan membantu untuk mengelola tekanan darah anda pada posisi normal. Mengonsumsi makanan yang kaya buah dan sayuran (misalnya, sedikitnya lima porsi per hari). Mengurangi asupan diet yang mengandung natrium sampai <100 mmol/ hari (<6 g natrium klorida atau <2,4 g natrium per hari). Banyak yang tidak menyadari bahwa makanan ringan dan juga mie instan banyak mengandung garam, demikian juga vetsin yang sebenarnya adalah monosodium glutamate, karena sodium sebenarnya adalah nama lain dari natrium.

Kurangi konsumsi garam dalam diet makanan anda untuk membantu menjaga tekanan darah normal. Semakin tinggi asupan natrium, semakin tinggi risiko tekanan darah. Konsumsi garam dapat mengurangi dengan menghindari makanan junk food (siap saji). Selain itu, dapat dilakukan dengan tidak menambahkan garam ekstra untuk makanan yang anda konsumsi.

Berolahraga secara teratur
Berolahraga secara teratur mampu mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Olahraga fisik memainkan peran penting dalam mengontrol tekanan darah. Bahkan 30 menit latihan tiga kali seminggu cukup baik untuk menghindari hipertensi. Atau akan lebih baik lagi melakukan aktivitas fisik aerobik secara teratur, misalnya jalan cepat (≥30 menit per hari, setiap hari dalam seminggu).

Hindari kebiasaan buruk
Kebiasaan kebiasaan buruk yang mampu meningkatkan tekanan darah seperti merokok, minuman beralkohol, minuman berkarbonasi atau bersoda, begadang, stres mampu meningkatkan tekanan darah anda. Jika anda memang tidak bisa lepas dari minuman alkohol, Batasi konsumsi alkohol tidak lebih dari 3 gelas kecil/hari pada laki-laki dan tidak lebih dari 2 gelas kecil/hari pada perempuan namun akan lebih baik agi jika anda tidak mengonsumsinya. Terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi. Jadi salah satu harus menghindari minum alkohol jika Anda ingin menjaga tekanan darah Anda di bawah kontrol.

Tekanan darah atau hipertensi bisa juga disebabkan oleh stres. Jadi jika anda ingin mencegah tekanan darah anda maka kontrol dan kelola tingkat stres anda dengan baik dan menjalani kehidupan bebas stres untuk menghindari penyakit yang berbahaya ini. Beberapa latihan yang mampu untuk mengurangi stres seperti yoga, motivasi, meditasi, teknik relaksasi yang mendalam atau konseling kesehatan mental harus diambil.

Rajin cek tekanan darah
Pastikan untuk memeriksa tekanan darah secara teratur ke dokter terkait hal itu mampu mendeteksi lebih awal tekanan darah anda. Tekanan darah pada kisaran 120-139 / 80-89 milimeter merkuri (mmHg) akan menempatkan Anda pada peningkatan risiko hipertensi. Maka, orang harus berhati-hati dan benar benar harus merubah gaya hidup yang tidak sehat mereka, jika tekanan darah mereka mencapai kisaran tersebut.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara