sponsored ads

Tips Mengetahui Masa Subur Untuk Mendapatkan Kehamilan

Posted By : Posted on - 9:11:00 PM with 1 comment

Mengetahui masa subur pada wanita - Memiliki buah hati dalam sebuah keluarga merupakan kebahagian yang tidak terkira. Namun sayangnya banyak dari keluarga yang mendambakan buah hati mungkin bertahun tahun belum juga mendapatkan buah hati dalam keluarga. Banyak faktor yang menentukan kenapa pasangan suami istri belum mendapatkan calon bayi yang mereka idam-idamkan dan yang paling umum adalah kondisi kesehatan bukan hanya dari pihak wanita namun juga dari pihak pria. Nah dari banyaknya kemungkinan faktor yang menyebabkan kenapa seorang wanita belum mendapatkan kehamilan adalah masalah ovulasi dalam masa subur. Kita bicara tentang hari-hari dalam siklus menstruasi wanita yang memungkinkan wanita bisa mendapatkan kehamilan. Dalam dunia medis kehamilan secara teknis hanya mungkin bisa terjadi selama lima hari sebelum ovulasi sampai hari ovulasi.

Idealnya dalam dunia medis menyebutkan hanya ada 6 hari dalam 1 siklus menstruasi wanita memiliki prosentase tinggi untuk mendapatkan kehamilan. 6 hari tersebut dikenal dengan masa subur dalam siklus wanita. Kenapa 6 hari tersebut merupakan masa masa dimana paling mungkin dan memiliki prosentase tinggi untuk mendapatkan kehamilan? Jawabannya adalah kita semua mengetahui bahwa sperma memiliki umur dalam rahim seorang wanita maksimal dapat bertahan hidup selama 5 hari dalam uterus sedang umur sel telur atau ovum adalah 24 jam atau sehari. Jadi saat yang tepat untuk berhubungan intim bagi pasangan suami istri yang ingin mendapatkan kehamilan dengan prosentase tinggi adalah dalam masa tersebut. Keenam hari adalah 'jendela subur dalam siklus wanita, dan mencerminkan umur sperma (5 hari) dan umur sel telur (24 jam).

tips mengetahui masa subur
Mendapatkan kehamilan. Img credit: pixabay.com

Penelitian menunjukkan bahwa jika seorang wanita berhubungan intim enam hari atau lebih sebelum dia berovulasi, kesempatan dia akan hamil hampir menjadi nol persen. Jika ia berhubungan seks lima hari sebelum dia berovulasi, kemungkinan dia hamil adalah sekitar 10%. Kemungkinan kehamilan akan meningkat terus sampai dua hari sebelum dan termasuk hari ovulasi. Pada akhir 'jendela masa subur', kemungkinan kehamilan menurun dengan cepat dan dengan 12-24 jam setelah ia berovulasi, seorang wanita bisa hamil selama siklus yang tidak lagi.

Bagi para wanita yang tidak mengetahui kapan masa subur mereka atau kapan mereka berovulasi, hubungan seksual dianjurkan setiap 2 sampai 3 hari sekali untuk membantu mengoptimalkan peluang mereka untuk hamil. Kemungkinan benar-benar hamil secara dramatis meningkat jika Anda melakukan hubungan intim dalam tiga hari menjelang dan termasuk ovulasi. Jika seorang wanita melakukan hubungan intim di salah satu dari tiga hari, dia memiliki kesempatan 27-33% untuk hamil. (Diadaptasi dari data dari Wilcox, A.J. et al. NEJM (1995) 333: 1517).

Tips Mengetahui Masa Subur Untuk untuk cepat Hamil
Menurut mitos yang beredar di masyarakat bahwa "Waktu terbaik untuk mencoba berhubungan intim untuk mendapatkan kehamilan adalah hari ke-14 dari siklus menstruasi Anda." Namun pernyataan ini ada benar dan tidaknya karena dipengaruhi oleh siklus menstruasi seorang wanita, pernyataan ini akan benar jika wanita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari, namun akan berbeda jika seorang wanita memiliki siklus lebih dari 28 hari. Satu-satunya waktu yang tepat seorang wanita dapat hamil adalah selama 'jendela masa subur' selama masa siklus menstruasi. Jendela ini akan bervariasi tergantung pada siklus individu, namun waktu hubungan intim dalam 6 hari menjelang dan termasuk ovulasi adalah jendela dengan kesempatan tertinggi untuk terjadinya pembuahan. Dengan demikian merupakan cara cepat untuk hamil.

Apakah ovulasi itu?
Ovulasi adalah masa ketika sel telur yang matang dilepaskan dari ovarium, bergerak ke bawah tuba falopi, dan tersedia dalam tuba falopi untuk dibuahi oleh sel sperma.

Bagaimana anda mengetahui masa ovulasi (masa subur) Anda
Dalam dunia medis anda bisa menghitung masa subur dengan cara tradiaional yaitu jumlah masa siklus mentruasi anda (siklus mentruasi hari yang dihitung dari hari terakhir terakhir kali anda haid sampai hari anda memasuki hari pertama haid pada periode selanjutnya) dibagi 2. Jadi, jika siklus menstruasi rata-rata pada wanita adalah 28 hari, Anda berovulasi sekitar hari ke-14 dan jika siklus anda adalah 30 hari maka anda berovulasi pada hari ke 15 begitu seterusnya. Dan masa subur dihitung 5 hari sebelum dan 1 hari di masa anda berovulasi. Jadi jika anda ingin cepat mendapatkan kehamilan maka lakukanlah hubungan intim pada masa itu. Jika anda memiliki siklus menstruasi 28 hari maka hari paling subur dan memiliki prosentase tinggi untuk mendapatkan kehamilan adalah hari hari ke 8-13 dan prosntase paling tinggi adalah hari ke 14 masa siklus mentruasi anda. Ingat 'jendela masa subur' adalah enam hari menjelang dan termasuk ovulasi.

Bagaimana Anda tahu bahwa Anda sedang berovulasi?
Nah setelah anda mengetahui masa subur anda, anda bisa melakukan hubungan intim dengan pasangan pada masa subur itu dengan harapan anda memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan kehamilan. Namun pertanyaannya adalah bagaimana jika siklus menstrusi anda tidak teratur? Siklus perempuan dapat bervariasi dan tidak selalu teratur seperti jam, sehingga untuk tahu bahwa Anda sedang berovulasi dan hari siklus Anda merupakan masalah tersendiri. Namun anda bisa mengamati kapan anda sedang berovulasi, dengan mengamati tanda-tanda kesuburan Anda sepanjang siklus Anda.

Metode yang paling akurat bekerja ketika ovulasi akan segera terjadi adalah:
  • Mengawasi keluar untuk perubahan lendir. Sekitar waktu ovulasi, Anda mungkin melihat lendir vagina yang jelas, licin, konsistensi putih telur. Ini adalah tanda terbaik saat ovulasi yang sebenarnya terjadi.
  • Gunakan kit ovulasi prediktor. Anda dapat memulai pengujian dengan Anda menggunakan kit ovulasi prediktor beberapa hari sebelum hari perkiraan Anda ovulasi. Kurangi 17 hari dari panjang siklus rata-rata dan memulai pengujian dari hari ini siklus Anda, misalnya jika Anda memiliki siklus 28 hari, Anda akan memulai pengujian dari hari 11. Hasil positif berarti Anda akan berovulasi dalam 24 sampai 36 jam ke depan.
  • Catat suhu basal tubuh Anda (BBT) setiap hari sebelum turun dari tempat tidur. Sebuah khusus basal tubuh termometer suhu akan memastikan pengukuran yang akurat. BBT Anda naik sekitar setengah derajat Celsius setelah ovulasi telah terjadi. Dengan mencatat suhu Anda, sangat mudah untuk melihat bila kenaikan suhu dan ovulasi terjadi.
  • Jika Anda tahu tanggal periode terakhir Anda, panjang siklus Anda dan siklus Anda teratur, ini akan mengidentifikasi 'jendela subur' dan diprediksi tanggal ovulasi dan anda akan mudah mengetahui kapan masa subur untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan dengan harapan untuk mendapatkan kehamilan dengan segera.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara