sponsored ads

Tips Mengatasi Stretch Mark Menggunakan Lidah Buaya

Posted By : Posted on - 8:17:00 AM with 2 comments

Mengatasi Stretch Marks

Sebelum membahas lebih jauh tentang stretch marks, apa sih definisi dari kata tersebut? Dalam bahasa kedokteran atau medis, stretch marks juga sering disebut dengan striae, yaitu suatu kondisi kulit akibat terbentuknya jaringan ikat atau jaringan parut pada kulit. Jaringan ikat ini terbentuk akibat adanya regangan dari lapisan dermis dalam waktu cepat yang bertahan dalam jangka waktu cukup lama (seperti saat kehamilan) atau saat penurunan berat badan secara tiba tiba sehingga kulit tidak langsung kencang dan meninggalkan jejak jaringan parut pada kulit. 

Tidak hanya umum terjadi pada ibu hamil atau setelah melahirkan, stretch mark inipun bisa saja terjadi pada remaja atau menginjak usia dewasa.

Pada beberapa keadaan stretchmark atau jaringan parut dapat hilang dan sembuh sempurna dengan sendirinya, namun tidak jarang pula meninggalkan bekas yang permanen nah hal itu dipengaruhi oleh elastisitas atau sifat kekenyalan atau kekencangan pada kulit. 

Cara Mengatasi Strecth Marks
Image Source : Healthgrades.com
Jika kulit memiliki elastisitas yang cukup baik maka jaringan parut atau stretch mark pada kulit dapat sembuh dengan sendirinya cepat atau lambat. Nah untuk itulah kenapa anda harus menjaga kesehatan kulit anda. Stretch mark umumnya terjadi dilengan, paha, pantat, perut lebih tepatnya daerah pusar, pinggang atau daerah sekitar dada.

Untuk kulit normal biasanya kulit memiliki sifat elastisitas yang baik, namun apabila kulit teregang dengan cepat dan dalam waktu lama yang melebihi kapasitasnya maka akan terjadi keadaan yang dinamakan stretch marks ini, nah ini biasanya terjadi pada kulit seseorang yang gemuk lalu tiba tiba turun berat secara drastis sehingga keadaan kulit masih melar dan belum kembali normal. 

Bayangkan saja sebuah kantong plastik. Bila kita regangkan melebihi kapasitas kantong plastik itu, maka akan terbentuk suatu lapisan yang lebih tipis dengan warna yang berbeda. Dan jika itu terjadi pada kulit, maka dinamakan juga stretch mark yang menandakan adanya regangan yang berlebihan. 

Sebenarnya ada banyak cara menyamarkan atau menghilangkan stretch marks ini mulai dari penggunaan krim, penggunaan laser dan dengan cara alami. Penggunaan krim kulit terbukti dapat mengatasi hal ini, namun beberapa jenis krim berbahan kimia jika tidak cocok dapat menyebabkan iritasi atau ruam pada kulit. Pengobatan juga bisa menggunakan teknik laser, namun tentu saja pengobatan ini tidaklah murah dan hanya bisa dilakukan oleh profesional.

Beberapa Cara alami Mengatasi Stretch Marks

Olahraga teratur
Olahraga secara rutin dan teratur membantu mempercepat mengatasi stretch marks. Olahraga secara teratur juga mampu mempercepat peregangan kulit penyebab stretch marks dan membantu mengembalikan elastisitas kulit.

Perbanyak Konsumsi Buah, Sayur
Buah dan sayur diketahui memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. dalam kaitannya dengan stretch mark buah dan sayur mengandung vit E yang sangat baik membantu mempercepat elastisitas kulit dan membantu memulihkan peregangan kulit akibat stretch marks.

Perbanyak minum air putih
Air putih kaya akan mineral. Air putih juga membantu menjaga kelembapan kulit. Kulit yang lembab akan mempercepat pemulihan stretch marks secara alami. Konsumsi air putih 7-8 gelas air / 1,5 liter air putih perhari.

Mengatasi Strecth Marks Menggunakan Gel Lidah Buaya

Jika anda mencari cara untuk menyamarkan stretch mark pada lengan, bahu, pinggang dan paha saya menyarankan untuk menggunakan bahan bahan alami yang tentu saja aman digunakan, mudah didapatkan dan tentu saja dengan biaya yang relatif murah. Salah satu obat herbal alami untuk menyamarkan stretch mark adalah gel lidah buaya. 

Lidah buaya atau aloe vera mampu menyamarkan stretch mark baik pada kulit paska melahirkan atau pada ibu ibu hamil bahkan berhasil juga pada kulit remaja. Gel lidah buaya ini memiliki efek menenangkan, memberi kenyamanan pada kulit dan melindungi dari kerusakan di lapisan kulit dan meningkatkan elastisitas pada kulit, gel lidah buaya sangat kaya akan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kulit salah satunya adalah Vit E. 

Berikut langkah-langkah menggunakan gel lidah buaya untuk mengatasi stretch mark pada kulit, baca juga cara menghilangkan stretch mark dengan bahan alami lainnya:

  • Bersihkan daun lidah buaya dan peras gel dari daun tanaman lidah buaya. 
  • Pijat kulit menggunakan gel segar di daerah yang terkena yang terdapat stretch mark dan lakukan hal ini rutin dan teratur untuk hasil yang diinginkan.
  • Anda juga dapat menambahkan gel lidah buaya dengan minyak vitamin E untuk hasil yang efektif. Gel lidah buaya ini juga cocok untuk mengobati ruam atau iritasi kulit, kulit berminyak, sensitif dan kering.

2 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara