Tips Efektif & Optimal Meningkatkan Tinggi Badan

Posted By : Posted on - 11:22:00 AM with 2 comments

Tips meningkatkan tinggi badan - Setiap orang sebenarnya memiliki kesempatan untuk menjadi lebih tinggi walaupun tingkat tinggi badan seseorang berbeda antara individu yang satu dengan yang lain. Tinggi badan merupakan faktor penting yang menentukan kepribadian individu dalam suatu bidang, contohnya saja dalam bidang karir atau pekerjaan. Karir dalam dunia militer, polisi, model, dan beberapa pekerjaan tertentu mensyaratkan tinggi badan yang cukup ideal. Meskipun seseorang yang pendek tidak berarti kehilangan kesempatan dalam suatu bidang, namun fakta menunjukkan bahwa orang-orang tinggi sering menjadi pusat perhatian. Biasanya anak yang memiliki fisik pendek sering mengalami rasa kurang percaya diri.

Kali ini saya akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana tips efektif untuk meningkatkan tinggi badan secara lengkap. Nah sebelum lebih lanjut kita membahas vagaimana cara meningkatkan tinggi badan dengan efektif kita harus mengetahui faktor yang menyebabkan tinggi pendeknya seseorang.

meningkatkan tinggi badan
Meningkatkan tinggi badan. Img credit: Flickr.com

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tinggi badan
Tinggi badan paling umum dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor non genetik. Nah didalam tubuh kita terdapat suatu hormon yang disebut dalam dunia medis sebagai HGH ( Human Growth Hormone) atau dalam bahasa indonesia disebut dengan hormon pertumbuhan. HGH disekresikan dalam tubuh kita oleh kelenjar hipofisis dan diperlukan untuk pertumbuhan tulang panjang dan tulang rawan. Hormon inilah yang sangat mempengaruhi tinggi badan seseorang. Jika anda sudah mengetahui bahwa tinggi badan anda dipengaruhi oleh hormon maka hormon pertumbuhan tersebut dipengaruhi oleh dua faktor lagi yaitu:

a. Faktor genetik
Tinggi badan seseorang sangat dipengaruhi oleh berbagai gen dalam tubuh kita. Salah satu gen ynag sangat mempengaruhi tinggi badan adalah poligenik. Jika anda memiliki kedua orang tua anda bertubuh pendek anda jangan terlalu khawatir, jika kedua orang tua kita pendek, bukan berarti kita tidak akan memiliki tubuh tinggi. Namun yang perlu anda khawatirkan jika semua anggota keluarga anda mulai dari kakek-nenek, kedua orang tua, paman-bibi atau kakak anda semua bertubuh pendek, maka generasi berikutnya yang paling mungkin untuk memiliki tinggi badan yang pendek. Faktor genetik sepenuhnya di luar kendali kita.

Untuk lebih jelasnya anda bisa menggunakan metode konvensional untuk menghitung berapa tinggi maksimal yang mungkin bisa anda hitung. Untuk menghitung seberapa maksimal tinggi badan yang bisa anda dapat anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama ukur tinggi badan kedua orang tua anda dan menambahkan total jumlah kedua tinggi orang tua Anda dalam inci atau sentimeter. Sebagai contoh saja tinggi ayah 170 cm dan ibu adalah 160cm maka jumlah total tinggi mereka adalah 330cm.
  • Jika Anda seorang laki-laki, tambahkan 5 inci atau 13 cm ini (13cm merupakan rumus metode ini). Namun, jika Anda seorang wanita, mengurangi 5 inci atau 13 cm dari total tinggi orang tua Anda '. Jadi jika anda laki laki 330 + 13 = 343cm. Namun jika anda wanita maka 330-13= 317cm.
  • Setelah ketemu total tinggi badan, Sekarang bagi total angka ini dengan 2. Jadi jika anda laki-laki maka tinggi badan anda 343:2=171,5cm dan jika anda wanita maka 317:2= 163,5cm
  • Maka tinggi maksimal yang anda mungkin anda dapat saat tinggi badan anda berhenti tumbuh adalah angka itu sedang jarak kemungkinan bisa tambah 4cm atau kurang 4cm jadi jika anda laki laki maka tinggi maksimal badan anda memiliki range antara 167.5-175.5cm, sedang jika anda wanita maka range tinggi maksimal anda antara 159.5-167.5cm
  • Apa yang Anda dapatkan adalah tinggi badan Anda diperkirakan. Hal ini dapat plus atau minus 4 inci. Ini adalah cara perkiraan untuk memprediksi tinggi badan maksimal badan anda.

b. Faktor non genetik
Faktor non genetik merupakan faktor tinggi badan yang disebabkan oleh genetik. Ada beberapa faktor non-genetik yang mempengaruhi tinggi kita seperti nutrisi yang tidak memadai, kurangnya aktivitas fisik, postur yang salah, dll

Beberapa faktor non-genetik lainnya yang dapat mempengaruhi tinggi meliputi:
  • Merokok selama kehamilan
  • Kondisi kesehatan yang buruk selama masa kanak-kanak dan remaja
  • Berat badan selama kelahiran
  • Kondisi mental selama masa kanak-kanak dan remaja
  • Faktor-faktor non-genetik dapat dikontrol sampai batas dengan mengikuti gaya hidup sehat sejak kecil.
Tips Efektif Meningkatkan Tinggi Badan
Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar 20% atau lebih tinggi tubuh kita tergantung pada lingkungan kita, kegiatan dan konsumsi makanan. Dengan demikian, kita dapat menambah tinggi badan kita dengan cara alami dengan mengikuti aturan-aturan dasar tertentu dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips efektif dan alami meningkatkan tinggi badan secara optimal.

Tidur yang Tepat & teratur
Fakta yang perlu anda diketahui bahwa tubuh kita tumbuh dan meregenerasi jaringan tubuh saat kita beristirahat. Tidur yang tepat dan istirahat yang benar-benar penting untuk pertumbuhan tubuh. Diyakini bahwa Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH) diproduksi secara alami dalam tubuh kita selama kita tidur nyenyak dan teratur. Pertumbuhan anak dan remaja jika ingin meningktkan tinggi badan secara optimal maka setidaknya 8 sampai 11 jam tidur yang tepat setiap malam untuk mencapai ketinggian maksimal. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki lingkungan tidur yang tepat. Harus tenang, kurangi suara mengganggu atau cahaya lampu yang kuat atau terang. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan anda bisa tidur dengan lebih nyenyak.

  • Mandi menggunakan air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur.
  • Anda dapat minum satu cangkir teh chamomile sebelum pergi ke tempat tidur. Teh chamomile dan teh hijau memberikan efek rasa nyaman dan berguna untuk menginduksi tidur.

Kebiasaan tidur yang tepat merupakan jawaban yang benar untuk tumbuh tinggi seseorang secara alami.

Olahraga secara teratur
Salah satu tips terbaik untuk tumbuh tinggi secara alami adalah dengan menjadi sehat secara fisik dan aktif. Olahraga teratur dan olahraga meningkatkan tinggi badan seseorang secara alami. Bila Anda aktif secara fisik, tubuh Anda menuntut nutrisi yang lebih sehat dan akibatnya, peningkatan hasil asupan nutrisi pertumbuhan anda akan lebih optimal. Olahraga seperti berenang, aerobik, tenis, sepak bola, bola basket atau sejumlah latihan peregangan adalah cara yang baik untuk menjaga tubuh kita tumbuh dengan optimal. Olahraga secara teratur meningkatkan prospek pertumbuhan selain juga berguna untuk membersihkan dan detoksifikasi tubuh kita melalui keringat.

Yoga & Meditasi
Yoga & meditasi adalah cara yang bagus dan relatif sangat baik untuk menambah tinggi badan Anda secara alami. Pose yoga tertentu memfasilitasi pelepasan hormon pertumbuhan merangsang dalam tubuh. Peregangan dan menyeimbangkan latihan yang terlibat dalam yoga memperkuat otot dan meningkatkan postur tubuh juga.

Mempertahankan Postur yang benar
Perhatian harus diberikan untuk mempertahankan postur tubuh yang benar dari masa kanak-kanak. Hal-hal sederhana seperti duduk lurus di kursi, menjaga bahu Anda lurus, dagu tinggi, dan pinggul atas kaki Anda saat berjalan atau berdiri benar-benar dapat memiliki efek menguntungkan pada tinggi badan Anda. Jangan membungkuk sambil berjalan. Tulang belakang lurus dan kuat sangat penting dalam meningkatkan tinggi badan Anda. Sejajarkan leher dan kepala tanpa membungkuk. Bantal yang baik dan kasur yang nyaman sangat penting dalam menjaga tulang belakang Anda nyaman dan postur yang baik.

Pola makan sehat & seimbang
Diet yang seimbang sangatlah penting untuk mendapatkan nutrisi yang tepat. Hindari junk food dan makanan siap saji lainnya. Hindari lemak jenuh, minuman bersoda dan makanan yang mengandung gula berlebihan karena dapat menyebabkan dampak negatif pada tinggi badan Anda. Harus dipastikan bahwa Anda mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda, untuk tumbuh tinggi optimal. Vitamin D dan protein membantu dalam memicu hormon pertumbuhan, dan diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat dari gigi dan tulang. Oleh karena itu, makanan yang kaya akan nutrisi seperti keju, kacang-kacangan, tahu, daging tanpa lemak, putih telur harus dimasukkan dalam diet Anda. Asupan zinc atau zat besi juga sangat penting karena kekurangan zat tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat pada anak-anak. Makanan seperti asparagus, coklat, telur, tiram dan kacang kaya akan zat besi.

Kalsium ditemukan dalam produk susu dan sayuran hijau diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. Selain itu, nutrisi lain seperti mineral seperti magnesium dan fosfor, karbohidrat, dan vitamin tidak boleh diabaikan karena mereka juga berkontribusi terhadap pertumbuhan yang tepat dari tubuh. Kebutuhan gizi juga dapat dipenuhi dengan mengambil suplemen dalam jumlah terbatas.

Hindari Kebiasaan buruk penghambat perkembangan tinggi badan
Anda dapat memastikan bahwa tinggi badan Anda tidak bisa dipengaruhi oleh faktor eksternal atau internal. Oleh karena itu, perlu diingat beberapa hal berikut seperti Mengambil obat-obatan dan alkohol di usia muda bisa sangat berbahaya. Mengkonsumsi tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat dan gizi buruk, sehingga mencegah Anda dari mencapai ketinggian penuh. Asupan kafein harus dibatasi, khususnya di kalangan anak-anak karena membuat kesulitan tidur nyenyak dan teratur. Sebagai anak-anak dan remaja membutuhkan baik 8-11 jam tidur suara, kafein dapat membatasi bahwa untuk sebagian besar, sehingga secara tidak langsung berkontribusi terhadap perawakan pendek.

Selain itu, steroid juga telah ditemukan untuk menghambat pertumbuhan tulang pada anak-anak, dapat mempengaruhi tinggi badan mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak asma yang terkena dampak dan remaja yang menggunakan inhaler cenderung tumbuh sampai sekitar inci ½an lebih pendek daripada yang lain. Hal ini karena inhaler tersebut mengeluarkan jumlah yang relatif kecil dari steroid yang disebut budesonide.

Perkuat Sistem kekebalan tubuh
Penyakit anak tertentu juga dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat. Ini dapat dihindari dengan imunisasi rutin dan mengambil banyak vitamin C yang ditemukan dalam buah jeruk seperti jeruk, jeruk dan lemon. Sistem kekebalan tubuh dapat diperoleh dengan makan utuh dan makanan segar, dan menghindari diproses dan terhidrogenasi makanan seperti margarin yang sangat populer. Diet sehat akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Memasukkan banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan makanan yang kaya antioksidan dan asam lemak omega-3 dalam diet Anda untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

2 comments:

  1. cara tuntaskan penyakit jantungFebruary 9, 2015 at 11:10 PM

    artikelnya bagus,,,
    terimakasih atas informasinya
    izin share_

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus.
    terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara