sponsored ads

Tips Cara Hidup Sehat Secara Umum

Posted By : Posted on - 11:11:00 AM with 8 comments

Tips hidup sehat - Mendapatkan badan selalu sehat dan jarang terkena penyakit merupakan hal terindah yang mungkin bisa kita dapatkan. Dengan tubuh yang selalu prima, sehat dan jarang terkena penyakit kita bisa melakukan aktifitas apa saja yang menyenangkan seperti bekerja, bermain, kuliah, belajar dan menjalani aktifitas sehari hari tanpa ada kendala atau hambatan. Namun seringkali aktifitas kita yang terlalu padat bisa menyebabkan tubuh kita rentan terhadap penyakit karena disaat kita terlalu sibuk bekerja atau beraktifitas kadang kita melupakan pola makan yang tidak sehat dan seimbang, stres, kebiasaan buruk seperti merokok dan minum -minuman keras dan sebagainya.

Sehat merupakan hak setiap orang dan sebenarnya bisa dengan mudah untuk didapatkan. Menjadi sehat dengan cara cara alami tidak perlu mahal, tidak semahal saat kita berobat untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit yang kita derita. Berikut adalah beberapa cara mudah dan alami untuk mendapatkan kesehatan tubuh maupun pikiran secara umum.

tips cara sehat secara umum
Konsumsi buah dan sayur. Img credit: Pixabay.com

Tips Cara Hidup Sehat Secara Umum

Menjaga Kebersihan
Kita semua mengetahui bahwa jenis penyakit baik dari bakeri, virus, kuman maupun lainnya disebabkan oleh kurangnya kebersihan baik dalam makanan, pakaian, lingkungan dan tempat tempat lain. Untuk mendapatkan kesehatan secara umum anda harus menjaga kebersihan baik kebersihan tubuh maupun lingkungan seperti teratur mandi 2 kali sehari, membersihkan lingkungan kerja maupun rumah anda dan sebagainya.

Pola makan sehat dan seimbang
Tenaga yang kita butuhkan untuk beraktifitas setiap hari didapat dari nutrisi yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi sehari hari. Jika salah satu nutrisi tersebut kurang dalam asupan anda maka tubuh anda akan menderita defisiensi nutrisi yang bisa menyebabkan penyakit, selain itu anda akan merasa lemah karena tidak ada produksi energi yang didapat dari makanan. Perbanyak konsumsi buah dan sayur karena pada makanan tersebut terkandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Anda juga bisa melengkapi kebutuhan nutrisi dengan teratur meminum susu dan jika dibutuhkan mengkonsumsi multivitamin. Dengan mengkonsumsi dan pola makan yang sehat dan teratur maka sangat mudah untuk mendapatkan kesehatan secara umum. Hindari makanan yang mengandung pengawet, junk food, gula berlebih dalam makanan anda.

Olahraga yang teratur
Orang bisa dikatakan sehat jika semua organ tubuhnya berjalan secara normal tanpa gangguan dan sistem dalam tubuh berjalan normal. Nah untuk mendapatkannya anda perlu berolahraga untuk menjaga agar semua organ anda berjalan dan sistem tubuh berjalan lancar. Selain itu berolahraga juga mampu membakar kalori atau lemak jahat dalam tubuh dan mengubahnya menjadi tenaga. Olahraga secara teratur minimal 20 menit setiap hari. Olahraga juga merupakan cara membuang racun dan bahan bahan berbahaya dalam tubuh (detoksifikasi) dan membuangnya melalui keringat.

Istirahat yang cukup
Tubuh bukan seperti mesin yang dipacu terus menerus tanpa beristirahat. Tubuh memerlukan cukup waktu untuk mengembalikan tenaga yang kita butuhkan untuk beraktifitas setiap hari. Cukup tidur 8-9 jam perhari merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan kesehatan secara umum. Jika tubuh anda kurang istirahat maka tubuh anda akan terasa lemah, letih, lesu dan malas dan tentunya kurang fokus.

Hindari kebiasaan buruk
kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi minum-minuman keras, begadang, jorok, jajanan tidak sehat dan lain-lain. Kebiasaan kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan tubuh anda mudah terserang penyakit bahkan anda bisa mendapatkan penyakit dari rokok atau minuman keras misalnya. sebut saja rokok, perlu anda ketahui bahwa dalam 1 batang rokok terdapat setidaknya 4000 bahan berbahaya sebut saja nikotin.

Yoga dan meditasi
Nah jika poin poin diatas menyebut cara bagaimana mendapatkan kesehatan tubuh secara umum tekhnik yoga dan meditasi sangat berguna untuk kesehatan pikiran anda. Dengan rutin melakukan yoga dan meditasi minimal 3 kali seminggu pikiran anda akan lebih rileks, tenang, damai, terebas dari stres dan dapat melakukan segalanya dengan pikiran jernih. Dengan melakukan meditasi juga akan bermanfaat agar anda selalu berpikir positif.

Hindari stres
Stres menurut studi yang banyak dilakukan merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit. Stres memicu tubuh untuk sedikit memproduksi suatu zat yang berguna untuk sistem imune atau sistem kekebalan tubuh, dengan demikian jika sistem kekebalan tubuh anda berkurang anda dapat dengan mudah terserang suatu penyakit.

Minum air putih
Seperti yang saya jelaskan pada poin diatas bahwa tubuh akan membuang bahan bahan berbahaya dari dalam tubuh seperti racun dan membuangnya melalui keringat. nah keringat tersebut kita dapatkan dari cairan yang kita konsumsi. dengan meminum banyak air putih maka pembuangan racun tersebut akan lancar selain itu dengan memperbanyak meminum air putih minimal 7-8 gelas perhari atau 1,5 liter perhari tubuh anda akan selalu terhidrasi dengan baik karena seperti kita ketahui bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri dari air.

8 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara