sponsored ads

Tips & Cara Belajar Dengan Efektif

Posted By : Posted on - 4:30:00 PM with No comments

Tips belajar dengan efektif - Secara umum belajar bukan hanya dalam bidang pendidikan formal saja, secara menyeluruh belajar merupakan hal vital. Hidup adalah pembelajaran, dan bagi mereka yang mau berhasil dan sukses dalam bidang apapun dalam hidup maka jangan pernah untuk berhenti untuk belajar dalam bidang apapun itu. Seperti yang telah kita sadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna didunia ini, nah jika kita sadar bahwa kita sebagai manusia yang tidak sempurna maka selayaknya bagi kita untuk terus belajar dalam hidup ini.

Kali ini saya akan share tentang tip belajar dengan efektif tidak terkecuali untuk mempelajari sebuah mata pelajaran, mata kuliah maupun pelajaran non formal dengan cara yang efektif, mudah dipahami dan terserap dalam otak anda sehingga anda mampu mengetahui segala hal dengan cepat dan tanggap.

tips belajar efektif
Belajar. Img credit: Pixabay.com

Tips & Cara Efektif Belajar

Kondisi pikiran 
Banyak yang belajar jika suasana sedang mood sehingga mereka sangat bersemangat namun jika tidak sedang mood maka mereka enggan belajar. Maka biasakan tanamkan dalam diri anda bahwa belajar adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan anda sehingga kondisi apapun itu anda tetap bersemangat untuk tetap belajar.

Belajar kapan & dimana saja
Belajar tidak harus didalam kamar, harus malam atau harus ini atau harus dimana hal itu hanya akan menyebabkan kebosanan. Untuk itu belajarlah dimanapun anda menginginkannya, bisa diluar ruangan, ruang tamu ataupun dimana saja anda menginginkannya maka hal itu akan meningkatkan mood anda untuk belajar. hanya sebagai saran saja menurut beberapa penlitian bahwa belajar saat kita bangun tidur lebih efektif terserap pikiran karena kita belum beraktifitas dan memikirkan apapun sehingga otak kita masih fresh dan mudah menangkap pelajaran.

Hilangkan kebiasaan belajar hanya saat akan ujian
Kita secara umum sudah ter doktrin bahwa kita harus belajar sungguh sungguh karena besok akan ujian, nah doktrin inilah yang menyebabkan belajar hanya saat saat tertentu saja, hal ini tentu saja tidak efektif karena pelajaran yang kita pelajari saat akan ujian hanya bersifat temporary saja dalam otak kita, sehingga kita hanya ingat pelajaran itu saat ujian itu berlangsung namun sehabis itu kita akan lupa lagi pelajaran yang telah kita pelajari. Jika kita belajar setiap hari maka ingatan itu akan lebih kuat.

Continue
Pelajaran akan lebih efektif jika kita belajar 20 menit perhari namun dilakukan secara continue dan terus menerus setiap hari daripada kita harus belajar 2 jam atau sehari penuh.

Buat suasana lingkungan belajar nyaman
Jika hal hal yang kita lakukan dalam lingkungan nyaman tentu saja yang kita lakukan akan efektif. Hal itu bisa juga anda terapkan saat anda belajar seperti dengan menggunakan wewangian dilingkungan belajar anda, jauh dari kebisingan atau suara berisik, diiringi musik slow dll. Hal itu selain membuat anda merasa nyaman tentu saja juga akan meningkatkan motivasi anda untuk belajar.

Berdikusi
Berdiskusi atau belajar kelompok merupakan hal yang sangat efektif dalam belajar, karena dengan berdiskusi kita bisa saling bertukar pikiran, menyelesaikan soal yang dianggap sulit, memecahkan persoalan bersama sama dan tentunya berlatih bertanya jawab suatu pelajaran sehingga anda mudah memahami pelajaran tersebut.

Bukan hanya menghafal
nah ini dia yang sering dilakukan saat belajar yaitu hanya untuk menghafal, mungkin anda bisa menjawab soal pelajaran tentang suatu soal seputar hal yang anda pelajari saja tetapi bagaimana jika anda diberi pertanyaan yang terkait namun sedikit mengalami perubahan pertanyaan, tentu saja anda akan bingung menjawabnya karena yang anda hafal bukan soal seperti itu. Belajar yang efektif bukan hanya menghafal saja namun terlebih untuk metode penalaran yang lebih luas, sehingga anda bisa memahami suatu hal. Ingat bahwa semua pelajaran tidak seperti matematika yang memiliki jawaban pasti sebagai contoh saja "berapa jawaban dari soal 1+1" tentu saja anda dengan mudah akan menjawabnya dengan jawaban 2 namun banyak pelajaran yang membutuhkan jawaban lebih luas sebagai contoh " kenapa 1+1=2" bagaimana anda akan menjawabnya? tidak mungkin kan anda akan menjawabnya "2".

Jangan malu untuk bertanya
Jika ada hal yang tidak anda ketahui maka tanyakanlah dengan segera, dengan begitu anda akan mendapatkan jawaban dari hal yang tidak anda ketahui.

Mungkin itu dulu yang dapat saya sampaikan, jika ada yang mau menambahkan silahkan berkomentar di form komentar yang telah disediakan. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara